Cakdan's Personal Tech Blog

Blog tentang teknologi terkini, disampaikan dalam bahasa yang mudah dipahami.

TENTANG SAYA

Danang Arradian

Halo,

Selamat datang di blog saya. Nama saya Danang Arradian, biasa dipanggil Cakdan. Saat ini saya bekerja sebagai jurnalis di salah satu media terbesar di Indonesia dan rutin menulis di blog ini.

The Beginning

forum-lingkar-pena-flp-46-7281

Menulis adalah bekerja untuk keabadian” kata Pramoedya Ananta Toer. Alhamdulilah, pekerjaan sekaligus hobi saya adalah menulis. Beruntungnya lagi saya bisa menulis tentang hal-hal yang saya sukai.

Tapi, saya memang suka banyak hal. Pada 1996-1997, saya tergila-gila dengan musik skoinkcore (ska, oi, punk, & hardcore). Tapi, saat itu belum ada internet. Jadi kami di Surabaya banyak mendapat informasi terkait perkembangan scene underground dari “zine” buatan Bandung dan Jakarta.

Contoh zine atau fanzine yang dibuat secara do it yourself saat itu.
Contoh zine atau fanzine yang dibuat secara do it yourself saat itu.

Tiga Belas zine buatan Arian Arifin (sekarang vokalis Seringai) yang terbit pada 1998 adalah salah satu zine terbaik. Majalah hitam putih fotokopian itu yang berisi opini, wawancara, artikel, rilisan lokal, serta reportase gigs itu benar-benar menarik perhatian saya.

Itulah majalah yang membuat saya ingin menjadi seseorang yang bisa menyampaikan sebuah informasi ke orang lain. Informasi yang ketika dibaca membuat andrenalin terpompa dan memicu butterfly di perut.

Setahun berkuliah saya diterima magang menjadi penulis di halaman anak muda DeTeksi Jawa Pos pada 2001. Disanalah saya belajar dasar-dasar ilmu jurnalistik dan bagaimana menulis yang baik. Langsung dimentori oleh Azrul Ananda, anak Dahlan Iskan yang kini menjadi pimpinan Jawa Pos. Di DetEksi Jawa Pos saya menulis berbagai hal. Tapi, fokus utamanya tetap pada musik, bidang yang sangat saya cintai.

surftime-magazine-vol-15-3

Selain musik, saya juga suka sekali dengan olah raga ekstrim seperti skateboard dan surfing, walau tidak bisa memainkannya. Hahaha. Pada 2003 saya menulis reportase terkait scene/komunitas skateboard Surabaya di majalah Surftime, Bali.

Bersama beberapa teman kami juga membuat majalah regional urban/indie/lifestyle bernama Cityline pada 2004.

Professional Career

Pada 2005 saya akhinya bergabung ke koran Seputar Indonesia, Jakarta, dan diminta mengasuh rubrik baru: film dan traveling. Saya sempat menulis di situs ulasan film yang pada 2006 sangat populer: layarperak.com.

Pada tahun yang sama, saya dan beberapa teman sempat membuat majalah film bulanan Vreaks, berusaha menyaingin M2 (Movie Monthly) serta Cinemags. Sayang, hanya bertahan 1 edisi.

Selama 2008-2011, saya menulis di beberapa media. Misalnya menjadi project director untuk majalah lifestyle Triple-8 (2008) yang (sayangnya) tidak pernah terbit, kontributor di majalah Appetite Journey (2009), Batavia Air Inflight Magazine (2010), hingga Ceritamu.com (2011).

Sebagai blogger, saya diundang ke pembukaan Universal Studios Singapore, di Singapura pada 2011.

The Awards

           Danang Arradian Pada 2008 saya dipercaya memegang rubrik teknologi dan otomotif. Dua hal yang terbilang baru, tapi benar-benar menyita perhatian saya. Butuh setidaknya dua tahun untuk menyesuaikan diri dengan rubrik baru ini.

Pada 2011, saya sudah lumayan percaya diri. Sejumlah penghargaan karya tulis jurnalistik berhasil saya menangkan.

Di bidang teknologi, antara lain First Winner Samsung Galaxy Tab writing competition, 1st Winner Microsoft Cloud Computing Final Writing Competiton, Winner, Panasonic Zoom-In Beauty Contest writing competition, 2nd Winner, Ti-Phone Writing Competiton, Winner Write Up & Photo Competition 2011 Samsung Series9, in newspaper category, 3rd Winner HT Mobile Writing Competition, 1st Winner Pocari Sweat Explorion Writing Competition, dan 1st Winner Animal Kaiser Writing Competition.

Sementara di bidang otomotif, ada dua penghargaan yang saya menangkan tahun itu. Pertama Chevy Writing Awards 2011 Winner, technology category. Dan kedua News of the Year dan Best Print Write Ups, Warta Citra Adiwahana 2011 PT Honda Prospect Motor (HPM).

Selama 2012 hingga 2014 saya tidak mencatat secara detil berapa penghargaan karya tulis jurnalisme yang saya menangkan. Tapi rata-rata dalam setahun itu secara total saya memenangkan 10 penghargaan jurnalistik. Termasuk diantaranya News of the Year penghargaan Warta Citra Adiwahana PT Honda Prospect Motor pada 2012, 2014, dan 2015. Pada 2016, saya memenangi 2 penghargaan Warta Citra Adiwahana, walau tidak membawa pulang News of The Year.

DSC_4098DSC_4239

 

CCSeHS7UAAE7p5M

Selain menulis teknologi dan otomotif, pada 2013 saya juga dipercaya melahirkan halaman anak muda di koran Seputar Indonesia dengan nama Gen Sindo.

Dalam waktu setahun, tepatnya 2014, Gen Sindo sudah mendulang prestasi. Yakni memenangi Gold Winner dan Silver Winner, penghargaan Indonesia Young Readers Awards (IYRA) yang dikeluarkan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS). Pada 2015 halaman Gen Sindo kembali mendapat Gold Winner di penghargaan yang sama.

The Standout

Dengan sepak terjang cukup lama di dunia jurnalistik, saya juga mengaplikasikan pengalaman dan keilmuan yang saya miliki ke berbagai bidang lainnya.

Pada September 2008 saya diminta menjadi salah satu juri di ajang MTV Indonesia Award (MIA) 2008 bersama perwakilan media dari Rolling Stone, Hai, Global TV, serta VJ MTV dan sutradara.

535010_183578718499602_1709663397_n Saya juga dipercaya menjadi juri kompetisi modifikasi Jazz Tuning Contest pada 2012, 2013, serta 2015 bersama beberapa jurnalis lainnya di bidang otomotif.

snapseed-05Yang terbaru, saya menjadi salah satu juri Live Modz Show Off 2015 yang digelar rumah modifikasi Signal Group di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Media Sharing Session 18 Sept 2013 di 3M-1Selain itu saya juga memberikan pelatihan mengenai tren dan cara kerja media ke eksekutif di berbagai perusahaan multinasional seperti PT 3M Indonesia, PT Trakindo Utama Indonesia, PT GlaxoSmithKline (GSK) Indonesia, dan masih banyak lagi.

IMG-20150513-WA0005-01
Elecronics City Awards 2015 yang dihadiri para CEO/Presdir perusahaan elektronik di Indonesia.

382747_10200569547573510_2060130128_n20150822_183216-01Selama 2014-2015 saya juga aktif memberikan pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa di kampus, serta menjadi moderator di acara penghargaan seperti Electronic City Awards 2015 dan berbagai acara diskusi lainnya.

Selama Oktober 2015 hingga Maret 2016 saya menjadi co-host di acara Tech Talk yang tayang di MNC News, channel 84 Indovision. Di acara tersebut ada berbagai hal yang dikupas, mulai sosial media, handset, komputer, hingga robot dan drone. Sebuah acara bincang-bincang santai tentang teknologi. Dari mulanya menduduki ranking nomer 18 di MNC News, Tech Talk meroket menjadi nomer 2.

 

Saat ini setiap minggunya saya menulis kolom 1 halaman di Koran Sindo tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi. Tepatnya di halaman Tekno & Gadget yang terbit setiap hari Selasa.

Selebihnya, saya juga membuat video blog (VLOG ) rutin setiap pekan. Seperti yang ada di bawah ini:

 

Di waktu senggang, saya tidak punya hobi khusus. Pada dasarnya saya suka banyak hal, selama seru dan menantang.

Cakdan - Danang ArradianBiasanya saya banyak menghabiskan waktu dengan traveling bareng keluarga, dan aktivitas lain yang masih berhubungan dengan jalan-jalan (silahkan cek Instagram @cakdan).

danang arradianKarena seringnya jalan-jalan saya ke tempat-tempat yang nggak umum, saya juga pernah diminta jadi narasumber di Jak TV terkait tema “Jalan-Jalan dengan Keluarga”. Huehehehe.

Tapi, hal lain yang sedang menarik perhatian saya sekarang adalah ini: dunia aerial dan drone. Baik wahananya, juga hasil videonya. Utamanya untuk FPV/drone racing yang rencananya akan digelar kompetisinya untuk kali pertama pada Oktober 2015 mendatang.

Cakdan - Danang Arradian (1)

Untuk mengontak, silahkan langsung email ke: xevildanx@gmail.com, abaikan meme dibawah😄.

y-u-no-place-your-ad-herebloggerDownload

41 thoughts on “TENTANG SAYA

  1. Hi,
    I’ve read your blog and it’s so funtastic,you have so many experiences that i only can imagine, frankly speaking i always want 2 be a journalist. I first knew your name from Sindo, and i was very suprised knowing that you have a blog 2. I love your writing especialy about movie review. So god luck 2 u!

    Suka

  2. yo-ita-lty : JIEEE DANANG… jauh jauh ke mesir, pukat harimaunya ngejaring cowok juga…
    hahahehehe..

    ohya, ikutan ke kawinan oji kagak? kite udah pesen dua mobil. berangkat dari kantor jam 18.30 yee….

    Suka

  3. ulasan mazda 3 nya bagus.
    saya dapet info dari tmen sy yg orang jepang, katanya mazda mobil yg bagus – orang jepang lebih suka melototin isi mesin daripada nilai jual. kalo ada mobil lain yg mesinnya ok direview ya bung.
    Bravo!

    Suka

  4. halo
    salam kenal..

    tidak sengaja mampir di blog Anda
    tadinya ingin langsung keluar lg
    tapi begitu sejenak lihat photo2 yang ditampilkan,
    saya merasa photo2 tsb sgt friendly sekali
    dan setelah mbc tulisan2nya, ternyata ringan dalam membacanya
    (tidak membuat pusing)
    benar2 menarik
    penuh wawasan
    analisa dan pendapat yang jujur, sgt mengkritik, tp santun dlm penyampaian

    sukses selalu untuk Anda

    Suka

  5. Akibat ‘melenceng’ dari pencarian gambar ‘balai sarbini’ via google, tibalah di http://danevil.blogspot.com/2005_02_20_archive.html krn ada keywords “… gak boleh masuk balai sarbini.” hehe!

    Tertarik dgn foto wanita cantik yg terpampang (plak!) akhirnya baca2 sekilas.. akibatnya.. wah menarik jg nih blognya! apalagi.. sprtnya gw kenal fotographer yg namanya Raka! dan kalo bnr.. sempit bgt nih dunia!😀

    Eniweiii.. nice blog bro.. enjoy bgt gw bacanya disela kerjaan yg menggunung! hohoho

    *kalo msh kost di binus, kpn2 kita ngobrol2 lah sesama penghuni kost binus! :p

    Suka

  6. mas danang redaktur kan? boleh minta masukan ga tentang bagaimana menjadi “redaktur yang baik” ? misalnya mengenai mengedit tulisan (jujur, kadang2 saya ampe pusing dan tarik2 kepala menghadapi tulisan yang’ajaib’) dan bagaimana menangani teman-teman reporter.. atau ada bukunya ga ya?

    aneh ya, dulu di setiap diklat jurnalistik yang saya ikuti, hanya diajarkan cara menjadi wartawan, mengenai redaktur sedikit sekali. emang siy bisa belajar lewat pengalaman. tapi saya orangnya ‘buku freak’ nih..

    makasih atas jawabannya, kayaknya siy anda orang baik (halah…=)

    Suka

  7. Works well! It is not obvious, touhgh. Will new users know to click on the yellow bubble or time stamp?Within the thread itself, perhaps you can put the same yellow bubble next to the title of the thread to keep things consistent? Maybe a yellow bubble with a down arrow?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: