Awalnya beneran buta sama sekali dengan aplikasi video conference. Pertama kali nyoba justru ngobrol becandaan rame-rame pake Zoom sama anak-anak jurnalis oto.

Kemudian ngeliatin banyak press conference virtual mulai XL Axiata, BMW, Facebook, Huawei, Samsung, sampai Suzuki.

20200414_132802-01

Platformnya pun macam-macam. Ada yang menggunakan YouTube Live. Ada yang memilih Facebook. Ada yang memfavoritkan Google Hangout Meetings. Ada yang memakai Zoom.

Ada yang virtual launch di YouTube dan dilanjut sesi QnA di Zoom. Ada yang semuanya dilakukan di Zoom. Ada yang memakai Zoom Meeting. Ada juga yang menggunakan Zoom Webinar. Banyak sekali opsinya.

Entah darimana datangnya, tiba-tiba di challenge untuk bisa nge-host virtual press conference dari Keystone Advisory Ind untuk klien mereka, perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia Prudential Indonesia.

Akhirnya belajar lagi sana-sini, sekaligus benchmarking dengan perusahaan lain yang bikin acara serupa untuk nyari platform paling cocok. Bareng tim Keystone, trial-nya dilakukan berkali-kali—termasuk weekend—sampai akhirnya diputuskan Zoom Webinar yang terbaik.

20200414_133610-01

Walaupun karakter Zoom Webinar cenderung satu arah, tapi paling cocok dan user friendly (bagi panelist dan attendees) dengan materi presentasi dari BOD Prudential Indonesia yang serius dan banyak paparan angka/data. Apalagi tim Prudential Indonesia sendiri sangat detil, setiap momen bahkan pergantian slide presentasi disoroti. Harus benar-benar perfect.

Alhamdulilah, acara berlangsung tanpa kendala berarti. Bahkan di akhir acara tim Prudential request untuk foto bareng. Ini dilakukan dengan cara memindahkan semua jurnalis dari posisi attendee ke panelist. Lalu mereka diminta menyalakan video. Dan klik, screen shot, jadilah ”Zoom-fie”.

Screenshot 2020-04-14 14.55.39-01
Jens Reisch, Presiden Director Prudential Indonesia

Tengkyu Keystone dan Prudential Indonesia untuk kesempatannya.

Dan tentu saja Logitech G Pro Headset yang berguna nggak cuma buat main gim online, tapi juga saat butuh banyak video conference di momen #workfromhome dan #dirumahaja seperti sekarang.

 

20200414153729_IMG_2334-01