10 Fakta Tentang Honda Fit/Jazz 2020

CAPTION: CEO Honda Takahiro Hachigo saat mengenalkan Honda Jazz 2020.
CAPTION: CEO Honda Takahiro Hachigo saat mengenalkan Honda Jazz 2020.

All New Honda Jazz—Honda Fit di pasar Jepang—menjadi bintang utama Tokyo Motor Show 2019. Tampangnya baru, platformnya baru, fiturnya baru, hingga mesinnya juga baru. Semua yang ada di Jazz benar-benar segar. Nah, berikut adalah 10 fakta tentang Honda Jazz 2020.

  1. Dari Sporty jadi Kawaii

Honda Fit 2020412Honda Jazz dikenal sebagai mobil yang sporty. Di Indonesia, Jazz digunakan sebagai ajang balap Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Juga, memiliki kompetisi modifikasi sendiri Honda Jazz Tuning Contest.  All New Honda Jazz tidak lagi mengusung desain sporty. Tapi lebih futuristik. Tidak banyak garis tegas pada bemper, pilar A, bodi, hingga lampu. Tampangnya bisa disebut Kawaii dalam bahasa Jepang yang artinya imut-imut.

Honda Fit 2020410

  1. Terinspirasi Shiba Inu

Hal pertama yang menarik perhatian di Honda Jazz 2020 adalah grill yang ramping. Kap mesin menonjol hingga ke bagian depan, membentuk ”hidung” dengan logo Honda di tengah. Menurut LPL Chief Engineer Product Planning Division Honda R&D Takeki Tanaka, tampilan Jazz baru ini mirip anjing Shiba Inu yang asli Jepang dan sangat populer sebagai binatang peliharaan.

DCIM100GOPROG0090727.JPG

  1. Ada 5 Pilihan

All New Honda Jazz mulai dijual di Jepang pada awal 2020 nanti dalam 5 varian. Yakni, Basic, Home, Ness, Crosstar, dan Luxe. Masing-masing memiliki peruntukan konsumen berbeda. Ada versi standar yang ekonomis, ada yang dioptimalkan untuk kenyamanan, kemewahan, juga bertampang crossover.

”Dulu kami membagi varian Honda Fit berdasarkan jenis mesin dan hierarki tertentu. Sekarang, kami pisahkan berdasarkan karakter konsumen. Konsumen Honda Jazz ini luas sekali. Mulai dari muda hingga tua. Pria dan wanita. Kami ingin menyasar semuanya,” ungkap Tanaka.
DCIM100GOPROG0281050.JPG

  1. Jadi Partner Konsumen Wanita

Hilangnya kesan sporty di Honda Jazz, ternyata disengaja. Menurut Tanaka, berbeda dengan Indonesia, di Jepang sendiri Jazz tidak terlalu identik dengan imej mobil sporty. Karenanya, sekarang mereka mencoba menyasar pasar baru. Tepatnya, pasar kaum hawa. Menurutnya, Jazz baru dirancang sebagai ”partner” penggunanya dalam kegiatan sehari-hari. Karena itu desainnya harus lebih friendly. Lebih manis, lebih lucu, juga lebih akrab.

DCIM100GOPROG0261023.JPG

  1. Visibilitas Luas

Begitu duduk bangku kemudi, yang terasa adalah visibilitas yang luas. Ini terjadi karena sejumlah hal. Antara lain pilar A yang lebih ramping, juga dek dashboard terasa lebih landai. Saya yakin mobil ini sangat nyaman dikendarai.

Honda Fit 2020460

  1. Punya Jok Terbaik di Kelas Hatchback?
    All-new Jazz jadi model Honda pertama yang dibenamkan generasi baru kursi yang selain empuk dan nyaman, juga mewah. Saat mencoba duduk di joknya memang terasa empuk dan lembut. Di bangku belakang, bantaralannya juga lebih tebal. Ada tiga head rest, bahkan arm rest. Klaim Honda, jok baru ini akan membuat pengemudi dan penumpang tidak mudah lelah dan pegal saat berkendara jarak jauh.

 

  1. Sudah Punya Honda Sensing

Inilah Jazz teraman yang pernah dirancang Honda. Karena sudah dilengkapi teknologi Honda Sensing. Yang mengkombinasikan kamera depan dan delapan sensor sonar di depan dan belakang. Sistem ini akan menjadi standar di semua Honda Jazz.

  1. Canggih, Premium, dan Futuristik

Honda Fit 2020468Honda Fit 2020444Honda Fit 2020424          Kesan futuristik, modern, dan premium langsung terasa begitu memasuki kabin All New Honda Jazz. Ada layar 7 inci, dashboard yang seolah dua lapis. Kombinasi material plastik dan soft touch di dashboard. Tuas kemudi yang sangat elegan, juga tombol voice command di dekat lampu.

Honda Fit 2020435Honda Fit 2020422

  1. Kompartemen Banyak dan Luas

Di bagian interior, filosofi Jazz yang memiliki kabin yang luas tidak hanya dipertahankan. Namun juga di maksimalkan. Ini terlihat dari konsol tersembunyi di dashboard, konsol box untuk menyimpan minuman, ruang yang lapang diantara dua jok depan untuk menaruh tas. Sebab, Jazz baru kini menggunakan electronic parking brake. ”Kami sesuaikan dengan gaya hidup pengemudi. Di mobil mereka membawa ponsel, minuman, dan tas. Sekarang semua barang-barang itu bisa di raih dengan mudah,” ujar Tanaka.

 

  1. 2 Motor Hybrid

Keunikan Honda Jazz baru adalah penggunaan sistem 2 motor hybrid. Dengan sistem ini maka motor elektrik lebih berperan dibandingkan mesin bensin. Dampaknya, Jazz baru akan lebih irit, dengan klaim mampu menempuh 1.000 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Meski demikian, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy sendiri belum memastikan kapan Honda Jazz baru akan dibawa ke Indonesia. “Kami akan pelajari dulu,” ungkapnya.


Tinggalkan komentar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.