Tips Mencari Mobil Bekas yang Berkualitas

Mobil bekas diminati karena selain harganya terjangkau, pilihan banyak, dan jika beruntung bisa mendapatkan kondisi yang prima.

Ada banyak sekali situs jual beli mobil bekas di internet. Bagi sebagian orang, berburu mobkas langsung memang menyenangkan. Apalagi jika mobkas yang kita dapat tergolong memiliki kualitas yang masih bagus dengan harga yang murah. Tapi, tidak sedikit yang terjebak oleh ketidaksesuaian produk mobkas yang telah dibeli. Memang  Nah, beberapa kiat untuk memilih mobil bekas yang berkualitas:

  1. Pahami Kebutuhanmu

Untuk apa kamu punya mobil? Jika butuh mobilitas tinggi, irit, nyaman buat sehari-hari, dan lincah bisa pertimbangkan hatchback, city car, atau LCGC. Jika kamu sering keluar kota, acap bepergian bersama keluarga besar atau teman, pertimbangkan MPV.

  • Tentukan Merek dan Tipenya

Dengan memahami brand yang dipilih, maka kamu juga bisa paham soal harga pasaran mobil, dukungan spare part, hingga ketersediaan dealer. Setelah menentukan tipe apa, silahkan melakukan komparasi harga melalui beberapa situs mobil bekas yang ada.

  • Paham Teknis

            Jika memang membelinya melalui penjual perorangan dari situs mobkas, ada baiknya paham mengenal seluk beluk teknis mobil yang akan dibeli. Gunanya agar tidak terjebak membeli kucing di dalam karung. Silahkan ajak teman atau saudara yang mengerti teknis mobil atau malah teknisi mobil.

  • Ke Showroom

Jika membelinya langsung ke showroom mobkas, sebaiknya lakukan double check kondisi mobil dengan promo yang dilihat dari iklan yang terpajang di situs. Walau umumnya showroom mobkas sudah menseleksi kualitas mobkas yang mau dijualnya, namun tidak ada salahnya dong melakukan pengecekan ulang.

  • Pengecekan Menyeluruh

Saat survey sebaiknya kamu melakukan pengecekan secara menyeluruh. Bisa dimulai dari eksterior. Pastikan tidak terlihat adanya bekas rekondisi body yang mungkin saja dikarenakan mobil pernah tabrakan, atau mobil pernah juga mengalami kejadian terendam banjir. Cara mudahnya kamu putari keseluruhan mobil dan perhatikan dengan seksama.

  • Teliti Interior

Secara kasat mata bagian interior bisa saja terlihat dalam kondisi bagus, tapi bukan tidak mungkin loh ada sesuatu yang coba ditutupi. Langkah pertama kamu bisa membuka karpet dasar dan perhatikan listing karet jendela dan pintu mobil. Jika saja terlihat ada karat ataupun listing yang getas, bisa jadi bagian interior sudah tidak kedap atau bahkan pernah terendam banjir.

  • Cek Fitur

Pastikan semua fitur masih berfungsi dengan baik, yang tentunya dapat menunjang keamanan dan keselamatan berkendara. Nah jika sudah confirm semua aman dan berfungsi, langsung cek bagian mesin. Cara mudahnya sih jika diijinkan kamu bisa melakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat. Atau deteksi mudahnya bisa dilihat dari ruang mesin yang tampak kering dan tidak ada rembesan oli.

Keuntungan Membeli Mobil di Dealer Resmi

Agen Pemegang Merek menyediakan jasa jual beli mobil bekas yang telah mengalami berbagai macam pengecekan.

Ternyata nggak mudah untuk mencari mobil bekas berkualitas. Sebab, banyak sekali hal detail yang harus diperhatikan. Namun, berbeda jika membeli mobkas dari gerai mobkas yang merupakan bagian dari delaer resmi alias APM nya.

”Setidaknya ada beberapa uji kelayakan yang telah dilakukan agar konsumen bebas cemas saat membeli mobkas yang diidamkannya,” tegas Taufiqi Hendrawan dari Showroom AutoValue.

“Kami paham saat ini belum tentu semua orang mengerti banyak hal seputar teknis mobil. Makanya kami coba mempermudahnya agar pemilihan mobkas tetap memberikan rasa aman. Setidaknya di AutoValue, kami menerapkan cek 135 titik, mulai dari eksterior, interior hingga mesin,” ujarnya.

Menurutnya langkah yang dilakukan oleh AutoValue merupakan cara cepat mempermudah konsumen mendapatkan produk terbaiknya. Belum lagi beberapa mobil bekas yang dijual di AutoValue telah bergaransi.  

“Untuk Certified Used Car, konsumen akan mendapatkan servis penggantian atau perbaikan jika didapati mesin atau transmisi, mengalami masalah selama 1 tahun atau 20.000 km. Jika didapati ada masalah, konsumen dapat melakukan klaim di dealer Suzuki manapun,” tambah Taufiqi lagi.

Selain menjual mobkas Suzuki, AutoValue juga menjual produk mobkas lainnya, yang tentunya juga memiliki standar kualitas yang sama. Nah jika kamu berencana membeli mobil bekas bebas cemas, AutoValue bisa menjadi salah satu rujukannya. Untuk langkah awal, kamu bisa cek di www.autovalue.co.id. Selamat berburu mobkas ya!


Tinggalkan komentar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.