Newspaper Box, Saksi Sejarah Media Cetak di Amerika

Saya di depan hotel Hilton Union Square di San Francisco.

Mungkin tak lama lagi ini akan jadi saksi sejarah media cetak di Amerika: newspaper box. Atau newspaper vending machine. Dulu para commuter serta orang yang pagi-pagi mengajak anjingnya berjalan masih membeli koran. Sekarang tenggelam di layar ponsel sepertinya jauh lebih asyik. Seperti newspaper box di sebelah hotel saya ini. Kondisinya masih terawat. Letaknya juga strategis di pusat kota. Tapi, kotak-kotak itu kosong. Atau malah berisi sampah.

Newspaper box menjadi bagian dari sejarah Amerika dalam mengonsumsi berita. Sudah ada sejak 1947. Tapi sekarang, perusahaan yang membuat box-box ini sudah pada tutup. Tempo Display, yang dulunya memproduksi 300-400 box seminggu tutup di 2007.

New York Times, saat ini hanya punya 30-an box di seluruh Amerika. Selama 5 tahun terakhir mereka juga tidak lagi menambah box baru. Distribusi koran dilakukan di tempat-tempat seperti convenience store, pasar, apotik, dan coffee shop.

Koran lain seperti Wall Street Journal, The Globe, dan Mail malah tidak lagi menggunakan box seperti ini. Karena memang dinilai sudah tidak menguntungkan. Biaya lisensi, distribusi, dan perawatan terus meningkat. Sementara minat membaca koran terus menurun. Sehingga bisa mencapai BEP saja sudah sangat hebat.

#samsungunpacked2019


Tinggalkan komentar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.