5G, XR, dan AI

Di trailer Avengers terbaru, Tony Stark yang sudah hampir putus asamerekam pesan terakhirnya sang kekasih pepper potts lewat helm Iron Man. Helmitu memang canggih. Ketika dipakai, ada banyak sekali informasi yang ditampilkandi heads up display (HUD)-nya. Sambil terbang, Tony akan membaca informasi-informasiitu untuk menentukan strategi yang dipakai untuk melawan musuh.

Di serial Dragon Ball, anak buah Frieza—salah satunya Bejita—datang ke bumi menggunakan scouter. Yakni perangkat wearable yang digunakan untuk mengukur kekuatan (konsentrasi ki) dari lawan dalam bentuk angka.

Nah, HUD ala Iron Man atau scouter di Dragon Ball itu bukan lagi khayalan.Bisa jadi tahun depan sudah ada yang membuatnya. Ini berkat teknologi seperti Snapdragon855 yang punya kemampuan komputasi sangat besar di dalam chip yang sangat kecil,jaringan 5G yang latensinya kecil, serta teknologi baru yang namanya CrossReality (XR).  

Seperti yang terlihat di video, tampak seseorang sedang bermain ski.Tapi, pada saat bersamaan, dia mendapatkan informasi secara real time kemana arahdia bergerak lewat koneksi 5G, juga berbagai informasi lainnya yang inginditampilkan di kacamatanya.  

Disinilah jaringan 5G, XR, serta AI bekerja secara simultan. “Ini adalah contoh kasus penggunaan 5G. This is the beginning of the next decade of entertainmen. Karena kedepannya akan terus diperbaiki,” kata Director Product Management Qualcomm Hiren Bhinde.

Kalo punya kacamata kaya gitu, use case yang paling keren buat apa ya? Pembalap? Atlet?

#snapdragonsummit #snapdragonsummitid


Tinggalkan komentar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.