Dengan mayoritas penduduk usia produktif, wajar kalau pertumbuhan internetdi Indonesia cepat sekali. Padahal hambatannya besar: lokasi Indonesia yang punya 17 ribu pulau. Yang membuat sopir taksi saya di Hawaii terkejut. “Semua pulau itu ada penghuninya?,” tanyanya. Ya nggak gitu juga Ferguso. Tapi ribuan pulau itu membuat operator jadi susah payah (dan mahal) untuk membangun BTS agar semua masyarakat bisa mendapat akses internet.

Tapi, dengan begitu pun menurut Google saat ini Indonesia sudah memiliki “internet economy” terbesar dan tercepat pertumbuhannya (no 1) di Asia Tenggara.Nilainya: USD27 miliar.

Lalu, kenapa bukan lagi Mobile First? Karena hampir semua penggunainternet terhubung lewat ponsel mereka. Kota-kota kecil sekarang lebih terhubung dari sebelumnya.

Sekarang, 94 persen netizen Indonesia terhubung lewat internet (data Google). Jauh dari 40 persen pada 2013. Salah satu pemicunya karena ponsel-ponsel pintar yang kian terjangkau harganya. Dan setelah terhubung ke internet lewat smartphone, yang dilakukan netizen selain mencari informasi, bersosial media,dan mengakses konten XXX, adalah berbelanja.

Nah, kalau buka Bukalapak hari ini, ada wajah Dian Sastro dimana-mana. Itu aja.

Iklan