FPV Video ini di ambil menggunakan FPV drone dan GoPro Hero 7. Visualnya menjadi sangat dramatis, karena memang sangat sulit mengikuti mobil drift dengan kecepatan tinggi dalam jarak yang begitu dekat. Satu-satunya cara, ya lewat FPV drone ini. Yang dikendalikan oleh pilot yang sangat ahli. Nama channel YouTubenya, Johnny FPV.

Cara ini pun sebenarnya relatif baru. Karena sebelumnya First-person view (FPV) drone hanya dipakai untuk dua fungsi: balapan dan freestyle.

FPV drone dirancang untuk melaju dalam kecepatan tinggi. Sambil menggendong action camera seperti GoPro. Dikendalikannya menggunakan remote dan FPV Goggle, supaya akurat. Ukurannya kecil dan ringan. Frame-nya dari serat karbon yang kokoh. Ada baling-baling, dan motor. Baterainya pun khusus, punya ukuran mAh dan thrust (tenaga) yang masif. Seperti memasang mesin dan baterai Tesla di Honda Scoopy. Saat digeber, terbangnya hanya 3 menit.

Johnny
Drone yang digunakan Johnny FPV

Mulanya pilot FPV drone ini belajar freestyle dulu. Belajar belok tajam, putar balik, juga melewati rintangan seperti pohon dan bangunan. Sebagian meneruskan karir sebagai pembalap drone racer. Sekarang sudah jadi profesi. Karena sejak 2016 Drone Racing League sudah jadi olah raga resmi. Diikuti kontestan dari berbagai negara, disponsori perusahaan sebesar Allianz. Dibuatkan track khusus di Dubai untuk bertanding.

FPV drone ini benar-benar baru. Lima tahun lalu, semua orang dari seluruh dunia sama-sama dari nol. Lalu berkembang jadi olah raga resmi yang tayang di TV. Bahkan dronenya pun terus dikembangkan. Ukurannya jadi semakin kecil, semakin lincah. Dari cuma freestyle dan balapan, sekarang dicoba untuk merekam mobil drift yang melaju kencang. Kedepannya apa lagi?

Iklan