1._Main_Image_-_Pras_Nazri_-_Shutterstock
Tentu saja, dengan semua yang dimiliki Cortez, tidak ada alasan untuk mengoptimalkan penggunaan mobil untuk ini: bertualang bersama keluarga. (Pras Nazri/Shutterstock)

Tentu saja, dengan semua yang dimiliki Cortez, tidak ada alasan untuk mengoptimalkan penggunaan mobil untuk ini: bertualang bersama keluarga.

Meski termasuk jajaran produk baru, namun kehadiran Wuling Cortez bak sebuah magnet: banyak mencuri perhatian para pecinta otomotif Tanah Air. Ini wajar. Varian termahal Wuling Cortez 1.8 L Lux + i-AMT dibanderol ”hanya” Rp264 juta. Tapi, fitur dan fasilitasnya sangat komplet.

Begitu kompletnya, sampai-sampai mobil yang dirakit di pabrik Wuling di Cikarang itu langsung dibandingkan dengan Toyota All New Kijang Innova yang harga termurahnya mulai Rp300 juta dan termahal Rp450 jutaan.

2._Main_Image_2_-_Wuling_Cortez_-_Wuling_Motor
Foto: Wuling Motors

Sebagai sebuah MPV keluarga, Cortez menjawab apa yang dibutuhkan konsumen Indonesia. Harga terjangkau jika dibandingkan kompetitornya, format 7-seater yang menjamin semua penumpang duduk dengan nyaman, bangku captain seat di baris kedua, suspensi empuk, kabin yang sunyi, juga berbagai fitur mewah seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), sun roof, pengaturan jok elektrik, sistem navigasi dan entertainment berlayar besar, lampu depan LED yang dapat diatur ketinggiannya, serta sistem keamanan lengkap.

Tentu saja, dengan semua yang dimiliki Cortez, tidak ada alasan untuk mengoptimalkan penggunaan mobil untuk ini: bertualang bersama keluarga. Dengan segudang kenyamanan dan fitur yang diberikan Cortez, tetap masih ada ruang untuk membuatnya lebih asyik menjelajahi pelosok wisata Indonesia.

  1. Kompartemen tambahan
3._Subheader_1_-_Roof_rack_dan_roof_boks_-__Shutterstock
Roof rack dan roof boks (Shutterstock)

Selain bikin Cortez tampil lebih sporty, roof rack punya peran penting sebagai dudukan boks eksternal untuk kompartemen tambahan. Ya, Cortez memang punya kabin besar. Tapi, tidak ada salahnya punya ruang simpan tambahan untuk menambah kenyamanan di perjalanan jauh.

Secara estetika pun, aplikasi roof rack berikut boksnya sesuai dengan genre Cortez yang lahir sebagai kendaraan keluarga berbodi bongsor. Terlebih bila kamu sering menjadikan Cortez sebagai teman untuk menempuh perjalanan jauh.

Namun, dalam proses penerapannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, soal pemilihan material roof rack. Merek seperti Thule atau Hapro memiliki kualitas sangat baik. Tapi, ditebus dengan harga lumayan. Untuk boks Haprod bisa di dapat di kisaran harga Rp5 juta – Rp7 juta, sedangkan harga Thule di Bukalapak mulai Rp4,4 juta – Rp5,3 juta.

4._Subheader_1_-_Roof_rack_dan_roof_boks_-_Shutterstock
Roof rack dan roof boks (Shutterstock)

Untuk pemasangan, model roof rack kedua merek ini mudah dipasang sendiri. Karena tidak perlu sampai merusak dan melobangi bodi. Cukup ditempel saja dan dijamin kerekatannya. Untuk boks, sebelum membeli sebaiknya sesuaikan dengan fungsi dan desainya. Misalnya, ketahui dulu seberapa banyak barang bawaan yang kerap kamu bawa. Sehingga bisa menyesuaikan dimensi dan kapasitasnya.

Soal desain, karena merupakan piranti tambahan dan terpasang di atas, ada baiknya memilik desain pipih alias aerodinamis. Hindari boks dengan bentuk bongsor hanya untuk mengejar kapasitas. Terakhir, pastikan boks memiliki sistem pengunci yang mumpuni agar lebih aman.

  1. Mempercantik tampilan kabin
5._Subheader_3_-_Ilustrasi_-_Shutterstock
Ilustrasi (Shutterstock)

Secara struktur, kabin Cortez sudah cukup lapang. Hanya perlu diberi beberapa sentuhan untuk membuatnya semakin cozy. Terutama saat traveling bersama keluarga. Tak perlu sampai melakukan banyak ubahan. Cukup ”hunting” apparel aftermarket di toko online. Misalnya, ”karpet mie” berbahan PVC di Bukalapak dengan kisaran harga mulai Rp250.000 sampai Rp950.000.

6._Subheader_2_-_Travel_Dining_Tray_-_Bukalapak
Ilustrasi (Shutterstock)

Kemudian, untuk menata perbekalan selama perjalanan, tidak ada salahnya memakai travel dining tray. Ditempatkan di belakang bangku baris pertama, alat yang harganya tak sampai Rp50 ribu itu bisa menampung botol minuman, snacks, ponsel, charger, hingga kabel-kabel. Sekali lagi, tak perlu repot menyambangi toko aksesori mobil untuk mendapatkannya.

7._Subheader_2_-_Chair_Side_Pocket_-_Bukalapak
Chair Side Pocket (Bukalapak)

Model yang ditawarkan pun bervariasi. Seperti chair side pocket yang penempatannya disamping jok. Atau model car organizer standar yang bisa menampung ragam barang bawaan dan menjaga kerapihan di dalam kabin.

  1. Perangkat anti lelah
8._Subheader_2_-_Ilustrasi_-__Shutterstock
Ilustrasi (Shutterstock)

Menempuh perjalanan jauh, pasti akan melelahkan karena kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk di dalam mobil. Namun tidak perlu khawatir, agar tetap rileks ada bantal pijet sebagai teman perjalanan. Bantal ini memiliki fungsi untuk memijat tubuh sehingga peredaran darah dan sirkulasi tubuh tetap lancar selama perjalanan. Harganya terjangkau, kok, mulai Rp267.100 sampai Rp 299.900.

9._Subheader_3_-_Mobile_Car_Air_Bed_-_Bukalapak
Mobile Car Air Bed (Bukalapak)

Untuk kenyamanan si kecil, tak ada salahnya menempatkan kasur angin di dalam kabin Cortez yang lapang. Berbeda dengan kasur regular, mobile car air bed memang dirancang untuk kebutuhan dalam kabin. Jadi, sangat mudah untuk dibongkar pasang. Harganya lagi-lagi cukup terjangkau. Dibawah Rp500 ribu, sudah mendapatkan kasur dan pompa elektriknya.

  1. Eksterior kian menawan
10._Subheader_4_-_Pelek_mobil_-_Shutterstok
Ilustrasi (Shutterstock)

Selain boks, referensi termudah untuk melakukan modifikasi ringan Wuling Cortez adalah mengganti pelek. Pelek ini akan membantu mendongkrak visual mobil standar. Tapi ingat, jangan asal pilih model yang disuka. Perhatikan juga estetika demi keamanan dan kenyamanan.

Untuk mobil harian alias daily use, gunakan pelek dengan dimensi sama dengan pelek standar. Selain tetap aman, pemilik juga lebih bisa berhemat karena tidak perlu sampai mengganti dimensi ban.

11._Subheader_4_-_Pelek_mobil_-_Shutterstock
Ilustrasi (Shutterstock)

Jika ngotot ingin pelek lebih besar, pastikan tak lebih dari dua inci dari standar. Contoh, maksimal ukuran ubahan pelek Wuling Cortez 1.8 L Lux adalah 18 inci. Sebab, pelek standarnya hanya 16 inci. Kenapa? Selain tidak banyak perubahan teknis, juga untuk menjaga fungsi poros ban (as roda) dan bearing roda tetap awet. Ketika dimensi pelek naik, kedua komponen tadi akan memiliki kerja putar dan beban lebih berat dari standar.

Tips terakhir saat memilih velg adalah soal Pitch Circle Diameter (PCD) atau diameter baut pada roda. Pastikan PCD pelek aftermarket yang dipinang sesuai dengan standarnya, karena umumnya jarak antar baut pada setiap mobil berbeda. Oke, selamat traveling!

Artikel ini juga bisa dibaca di: http://bit.ly/BukaReviewxCakDan

Iklan