Durasi menonton video di Twitter meningkat 157% di bulan Ramadan
Sifat Twitter yang publik memungkinkan umat Islam di seluruh dunia mengakses informasi real-time dan terhubung satu sama lain selama #Ramadan. Dari religi dan kesehatan hingga makanan dan hiburan, percakapan live berlangsung di Twitter selama Bulan Suci dan mempermudah semua orang memperoleh informasi tentang apa yang sedang terjadi saat ini.

Untuk menyambut datangnya bulan #Ramadan, Twitter kembali meluncurkan tiga emoji berbeda dengan desain yang lebih lebih fresh tahun ini.


  1. Emoji bulan sabit akan muncul saat pengguna menggunakan tagar-tagar berikut: #Ramadan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa, #ngabuburit.



  1. Emoji bergambar piring dan gelas akan muncul saat tagar-tagar berikut digunakan: #Sahur, #BukaPuasa, #Takjil, #Kurma, #IftarRamadan, #Iftar



  1. Emoji berikutnya adalah sebuah lentera yang menggambarkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Gunakan tagar #Ramadan_lanterns, #Ramadan_lantern, #Ramadanlanterns, dan #Ramadanlantern untuk melihat emoji tersebut.



Twitter Indonesia juga bermitra dengan beberapa mitra untuk membantu pengguna mencari beragam informasi terkait Ramadan.

  • @liputan6dotcom akan mengaktifkan Direct Message otomatis -yang dikembangkan oleh GDI Lab (@gdilab)- untuk memudahkan pengguna Indonesia menemukan informasi terkait Ramadan di Twitter. Ini termasuk informasi tentang waktu shalat, resep makanan Ramadan, serta informasi terkait yang membantu pengguna selama perjalanan mudik nanti.

  • Stasiun TV @netmediatama akan mengintegrasikan Twitter dalam program sahur mereka, “Ini Sahur” agar penonton dapat berinteraksi secara live dengan bintang tamu yang hadir.

  • Bermitra dengan @sabistriming, sebuah hub bagi para kreator konten multi-vertikal, akan ada siaran regular dalam berbagai kategori selama Ramadan dari #BlueRoom Twitter Indonesia di Jakarta. Pengguna dapat berpartisipasi dalam percakapan langsung terkait olahraga dengan menyaksikan #BalbalanShow setiap Kamis pukul 17.00 WIB dan gaya hidup melalui @tipsom2 jam 20.00 WIB.


Penelitian terbaru tentang bagaimana orang merayakan Ramadan di Twitter (lihat infografik di bawah) menunjukkan 71% pengguna Twitter yang disurvei di Indonesia tertarik menonton acara yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan. Waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Twitter juga meningkat selama Ramadan – bahkan, durasi menonton video di Twitter meningkat 157% di bulan Ramadan.


Mencerminkan apa yang terjadi di dunia nyata, salah satu highlight dari riset ini adalah kebiasaan berbelanja selama Ramadan. Banyak yang berbagi keinginannya di Twitter untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan perhiasan, hingga tiket pesawat dan ponsel.


Riset ini juga menunjukkan, bahwa konten religi menjadi konten Ramadan yang paling banyak dinikmati di Twitter, diikuti oleh makanan / memasak. Berikut ini adalah 5 jenis konten yang paling dinikmati oleh pengguna Twitter di Indonesia selama Bulan #Ramadan:

  1. Religi

  2. Makanan / Memasak

  3. Komedi

  4. Kesehatan

  5. Destinasi Perjalanan


Iklan