PT Petamina (Persero) terus mengkampanyekan kepedulian dan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia dalam memenuhi standar Euro 4. Salah satunya dengan menggandeng komunitas mobil premium Porsche Club Indonesia dan pengguna jetski Saedoo Indonesia untuk menjajal BBM seri Pertamax Turbo. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (14/4) kemarin tersebut juga menjadi bagian dari acara tahunan Turbo Ride Beyond Nature.

Para pengguna Porsche melakukan konvoi bersama yang setiap kendaraan sudah diisi Pertamax Turbo dari SPBU 31-12802 di Jalan MT Haryono menuju Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Setelah itu, menggunakan jetski yang juga sudah diisi Pertamax Turbo, anggota komunitas menuju Pulau Ayer di Kepulauan Seribu untuk melakukan aksi bersih-bersih pulau.

”Kami ingin mengenalkan produk BBM Pertamax Turbo yang merupakan seri Pertamax tertinggi dan sudah memenuhi standar Euro 4,” ujar Commercial Retail Fuel Marketing Manager Pertamina Deny Djukardi.

Pertamax Turbo, menurut Deny, merupakan jenis BBM yang memiliki oktan tertinggi RON 98 dengan kadar sulfur rendah (maksimal 50 ppm). ”Karenanya, cocok digunakan untuk kendaraan premium seperti Porsche dan sekelasnya,” ungkap Deny. Menurutnya, Pertamax Turbo merupakan hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) dalam negeri dengan kualitas lebih baik yang memenuhi standar Euro4.

Pertamax Turbo sendiri sudah memenuhi syarat Euro 4 karena memiliki minimum oktan di atas 92 dan tingkat sulfur di bawah 50 ppm (parts per million).

Hasil emisi menunjukkan bahwa Pertamax Turbo Euro 4 memiliki kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 part per million (ppm), sehingga dapat memperbaiki kualitas lingkungan dan kandungan sulfur yang semakin rendah, serta dampak negatif dari polusi yang dihasilkan juga semakin rendah.

Melalui uji emisi yang dilakukan oleh BMTP (Balai Thermodinamik Motor dan Propulsi), terbukti bahwa Pertamax Turbo Euro 4 mampu mengurangi kadar Carbon Monoxide (Co), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx).

Ketua Commitee PCI Ricky Widjaja mengatakan, Pertamax Turbo jadi pilihan pengguna Porsche karena mobil tersebut sudah menggunakan standar Euro 4. ”Hasilnya juga terasa di tarikan yang lebih maksimal, dan tentu saja gas buangnya lebih bersih,” ungkapnya.

IMG_0684
Anggota Porsche Club Indonesia berfoto sesaat sebelum start di SPBU Pertamina di MT Haryono, Jakarta.
Porsche Indonesia
Anggota PCI melakukan pengisian Pertamax Turbo dengan Euro 4 ke Porsche Panamera Turbo.
Pertamina voucher
Voucher Pertamina yang menjadi bagian layanan BUMN tersebut ke konsumen.

 

 

 

 

Iklan