media-20180222.jpg

Novel Fight Club karangan Chuck Palahniuk dirilis pada 1996, sementara filmnya yang disutradarai David Fincher dikenalkan di 1999. Highlight utama dari film itu adalah soal konsumerisme. Karakter utama film itu (diperankan Edward Norton) mendefinisikan hidupnya dari barang yang ia miliki, namun tetap merasa kosong dan tidak bahagia hingga muncul lah alter egonya Tyler Durden yang seorang anti-consumerist dan sisanya silahkan nonton film terbaik sepanjang masa ini,

Walau Fight Club sudah dirilis pada 19 tahun silam, tapi menurut saya film ini justru paling relevan sekarang ketika konsumerisme dan materialisme sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini.

Karena itu saya mau memulai eksperimen self project untuk tidak membeli benda/possession apapun sama sekali selama 30 hari ke depan. Kalau sukses, akan ditambah 30 hari lagi, dan seterusnya. Tujuannya untuk melepaskan diri dari keterikatan terhadap benda-benda materialistis dan kegiatan konsumerisme. Seperti katay Tyler Durden, “the things that you own, ending owning you!”. K bye, and wish me luck!

Iklan