Nakama Mengajarkan Anak-Anak untuk Menggunakan LaptopTokopedia bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) menghadirkan ‘Mobil Belajar’ bagi anak-anak dengan keterbatasan akses terhadap teknologi guna tingkatkan literasi digital anak-anak Indonesia

Bersinergi dengan YCAB Foundation, perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, hari ini (27/9/2017) meluncurkan mobile learning center untuk mengedukasi pemanfaatan teknologi kepada anak-anak yang memiliki keterbatasan akses terhadap teknologi. Mobil Belajar yang membawa beberapa pengajar dan 10 unit laptop ini akan berkeliling ke beberapa wilayah setiap hari Senin sampai Jumat, membuka kelas kecil dan mengajarkan cara mengoperasikan laptop.

“Mobil Belajar merupakan bagian dari program Nakama (karyawan Tokopedia, ed.) Berbagi Kasih untuk Indonesia atau Nakama Beraksi, dimana setiap Nakama diajak untuk meluangkan satu persen jam kerjanya untuk melakukan aksi sosial sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Jadi nantinya, Nakama akan secara bergantian berkeliling bersama YCAB Foundation menggunakan Mobil Belajar tersebut untuk mengedukasi anak-anak cara menggunakan laptop dan aplikasi dasar seperti Microsoft Office,” jelas Communications Lead Tokopedia, Siti Fauziah (Puji).

Selain pengetahuan akan pemanfaatan teknologi, karyawan Tokopedia juga berbagi cerita dan pengalaman bekerja mereka di perusahaan teknologi. “Selain pengetahuan teknis, kami juga berharap melalui inisiatif ini, anak-anak yang kami jangkau akan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang nantinya bermanfaat di dunia kerja, serta memicu semangat belajar mereka agar siap menghadapi masa depan dan mencapai cita-cita besar,” tutur Puji.

“Konsep Mobil Belajar telah dikembangkan YCAB Foundation sejak 2011, dimana sudah terbukti efektif untuk memberikan akses pendidikan tentang teknologi di daerah sulit dijangkau. Para penerima manfaat juga akan diberikan sertifikat dari lembaga pendidikan ternama. Melalui Mobil Belajar, kami ingin menjangkau 210 anak muda selama 1 tahun. Tentunya ini juga merupakan kelanjutan kemitraan yang baik bersama Tokopedia, setelah program TopDonasiBebas dan TokopediaDonasi100,” tutup Head of Development and Communications YCAB Foundation, Firza Imam Putra.

Di era digital seperti sekarang ini, kemampuan pemanfaatan teknologi menjadi hal yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, terutama dalam bekerja. Namun di sisi lain, masih ada anak-anak Indonesia yang memiliki keterbatasan akses terhadap teknologi. Memberdayakan masyarakat Indonesia melalui teknologi merupakan salah satu misi Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia. Oleh karena itu, melalui inisiatif Nakama Beraksi ini, Tokopedia berkomitmen untuk menjangkau anak-anak yang punya keterbatasan tersebut dengan bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Kegiatan Mobil Belajar kolaborasi antara Tokopedia dan Yayasan Cinta Anak Bangsa Foundation ini akan berjalan selama satu tahun ke depan mulai dari hari ini.

Iklan