DOKU

Karena satu dan lain hal, saya memang harus berbelanja online. Tepatnya ini: membeli aksesori untuk laptop. Tepatnya, aksesori USB type C untuk Macbook Pro. Yang paling mudah mencarinya tentu saja di toko online. Setelah melihat YouTube untuk referensi dan ngubek-ngubek sejumlah toko online, saya menemukan barang yang di cari di Lazada.co.id.

Lazada tidak selalu mahal. Ada sejumlah item yang tidak ditemukan di toko lain, ongkos kirimnya gratis (walau terkadang sudah dibebankan di harga), juga proses pembayaran dan transaksinya mudah. Tinggal klik-klik-klik barang sudah sampai di rumah.

Biasanya saya memang membayar dengan kartu kredit. Tapi yang jadi masalah, kartu kredit saya habis masa berlakunya, sementara kartu baru belum di aktivasi.

Lalu, bagaimana cara bayar alternatif yang praktis? Transfer bank jelas bukan pilihan karena menurut saya ribet.

Lantas saya melihat logo Doku di pilihan pembayaran Lazada. Doku merupakan platform pembayaran digital yang sudah lama ada. Tapi mungkin belum banyak yang tahu fungsi optimalnya. Soal ini akan saya bahas lain waktu.

Yang ingin saya bahas disini adalah kemudahan bertransaksi menggunakan Doku di Lazada. Bagaimana caranya? Nah, berikut saya paparkan 5 langkah transaksi yang saya lakukan menggunakan Doku saat berbelanja di Lazada:

  1. Buka Saldo Doku

Screenshot_2017-08-05-23-44-24

Silahkan unduh aplikasi Doku di Google Play, setelah itu log in dan lakukan pengisian data pribadi. Jangan lupa pula untuk top up saldo. Tenang saja, Doku memiliki banyak sekali fungsi pembayaran. Jadi, sisa saldo Anda pasti akan terpakai untuk berbagai kebutuhan lain seperti bayar listrik, air, atau telpon dan Anda saya jamin akan terus melakukan isi ulang.

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Di Lazada, Pilih Pembayaran Menggunakan Doku

Setelah melakukan konfirmasi pesanan (gambar kiri), pilih Doku e-Wallet di pambayaran (kanan). Lantas klik tombol konfirmasi pesanan.

 

 

3. Log In Ulang ke Akun Doku Anda

Lazada akan mengarahkan Anda ke situs aplikasi Doku e-Wallet. Demi keamanan, Anda diminta untuk log in ulang. Silahkan masukkan DOKU ID atau email dan kata sandinya.

 

 

4. Masukkan DOKU PIN!

Di Aplikasi Doku, Anda dapat mengecek lagi apakah nilai transaksi di Lazada sudah benar. Jika sudah,  biaya transaksi akan langsung di debet dari saldo e-wallet Doku Anda. Doku memberikan satu otentifikasi lagi untuk keamanan dengan memasukkan DOKU PIN. DOKU PIN ini Anda dapatkan secara otomatisketika pertama membuat akun Doku.

 

 

5. Transaksi Selesai!

Yup, Anda sudah selesai! Sistem di Lazada akan langsung memverikasi transaksi Anda dan memberikan notifikasi melalui email bahwa transaksi Anda sudah dibayar. Anda tinggal menunggu barang belanjaan sampai di rumah. Mudah kan?

Screenshot_2017-08-06-14-27-59

Iklan