OKMemang ada alasan kuat mengapa Xiaomi—walaupun sudah ditinggal sosok Hugo Barra ke Facebook—tetap memiliki banyak penggemar setia. Begitu pun MiFans yang tetap tidak beranjak melihat banyak pesaing Xiaomi dari Tiongkok.

Alasan utamanya memang karena produk Xiaomi yang memberikan keseimbangan pas antara desain, fungsi, performa, serta harga. Jika saya diminta menyebutkan rekomendasi tiga ponsel terbaik di harga Rp2 jutaan, misalnya, jelas Xiaomi adalah salah satunya. Termasuk Xiaomi Redmi Note 4 yang dikenalkan bersamaan dengan Xiaomi Redmi 4X. Redmi Note 4 dibanderol Rp2,4 juta, sementara Redmi 4X Rp2,1 juta.

Dalam beberapa pekan terakhir banyak sekali linimasa Facebook saya yang membicarakan ponsel ini. Apa saja keunggulannya, bagaimana kualitas kameranya, dan masih banyak lagi.

Redmi Note 4 yang saya coba warnanya hitam. Saya suka sekali dengan hitamnya. Hitam doff elegan dan maskulin. Ukuran layar 5.5 inci terasa besar dan kokoh di genggam. Bodi logamnya membuat saya merasa percaya diri. Saya juga suka desainnya. Lengkungan di back cover sepintas mirip Mi 5.

OK 2            Seluruh bagian ponsel ini dirancang dengan baik. Mulai grill speaker di bagian bawah, sensor sidik jari yang bulatnya sama dengan kamera, letak flash di tengah, jack 3.5 mm di atas, hingga kaca lengkung 2.5D. Tampilan layar 5.5-inci Full HD juga tajam. Membuat ikon di OS MIUI 8 terlihat cantik dan memanjakan mata. Saya sendiri termasuk suka dengan tampilan MIUI. Simbel dan menarik. Tidak perlu mengubah apa-apa lagi.

Soal jeroan, Redmi Note 4 menggunakan Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz serupa Vivo V5 Plus dan Asus Zenfone 3. Prosesor ini cukup gegas dengan chipset yang sudah memiliki arsitektur 14 Nm, serta memiliki kombinasi pas antara power dan konsumsi energi yang rendah. RAM-nya 3 GB, memori internal 32 GB, dengan tambahan microSD hingga 128 GB. Sejumlah game berat yang saya mainkan dapat di-handle dengan baik.

OK 4            Untuk kamera 13 MP CMOS dengan PDAF, seorang teman mengatakan kurang bagus di indoor. Tapi setelah saya coba sendiri tidak ada masalah. Fokusnya cepat, berfungsi dengan baik, dan tidak terlalu banyak noise di pencahayan rendah. Untuk kamera depan 5 MP juga sudah lumayan.

Fitur lain yang saya suka adalah baterai 4.100 mAh. Walau tidak bisa dilepas, tapi ukurannya terbilang besar. Penting bagi saya yang konsumsi kontennya sangat tinggi. Selanjutnya Redmi Note 4 juga sudah di dukung jaringan 4G LTE dan dual SIM (hybrid).Dual SIM-nya memungkinkan kombinasi nano SIM dan micro SIM atau micro SIM dan microSD.

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi Note 4 adalah ponsel berspesifikasi tinggi dibalut bodi elegan dan harga yang terbilang kompetitif.

Tapi, bukan itu saja. Karena sudah dibekali versi terbaru MIUI 8 bersama Mi 5, Redmi Note 3, Moto Z, dan Mi Max, Redmi Note 4 juga punya sejumlah fitur rahasia.

Pertama, Dual Apps untuk memaksimalkan fungsi dual SIM. Fitur ini di aktifkan lewat Settings > App Settings > Dual apps. Setelah aktif, Redmi Note 4 bisa menggunakan WhatsApp untuk dua nomor sekaligus. Aplikasi lain yang bisa dipakai bersamaan adalah Facebook, Facebook Messenger, Instagram, Twitter dan Pokemon Go. Ketika salah satunya aktif, aplikasi lain akan terkunci.

Kedua, Second Space yang akan membagi “admin” sehingga saya bisa memisahkan penggunaan Redmi Note 4 untuk keperluan kerja atau pribadi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menciptakan profil ganda di ponsel, dengan themes dan home screen yang berbeda.

Ketiga, yang paling berguna adalah aplikasi editing foto yang mumpuni. Sehingga saya tidak terlalu banyak bergantung pada aplikasi pihak ketiga seperti Snapseed. MIUI 8 sudah memiliki aplikasi editing fungsional di Gallery, di mana saya bisa melakukan potong, memasang filter, dan berbagai editing lainnya.

Keempat adalah Scrolling Screenshot, yang sebenarnya sudah ada di ponsel Galaxy keluaran Samsung. Hanya perlu menekan dan menahan tombol volume bawah dan tombol power. Screenshot pertama akan muncul di ujung kanan ponsel. Setelah di tap, muncul menu Scroll yang secara otomatis akan mengambil beberapa screenshot sekaligus.

Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi Note 4 cocok untuk digunakan sebagai ponsel kedua jika Anda telah memiliki ponsel premium. Atau bahkan ponsel utama yang sangat mumpuni jika bujet Anda di rentang angka Rp2 jutaan.

 

OK 3

Fitur Utama:

  • Qualcomm Snapdragon 625 dengan teknologi 14nm FinFET (Octa-core 2.0GHz)
  • Baterai 4.100mAh
  • Kamera 13MP CMOS dengan PDAF, 5MP kamera depan
  • Bodi metal premium, dilapisi garis aluminium
  • 5.5-inch Full HD display
  • Dual SIM (3-choose-2 hybrid SIM tray)
  • Dukungan jaringan LTE
  • Penyimpanan microSD yang dapat di upgrade hingga 128GB
  • Sensor sidik jari
  • Tersedia dalam warna Gold dan Black
  • Harga: Rp2,4 jutaan

 

 

Iklan