DSC_5957 1Perubahan generasi kelima Honda CR-V yang menghadirkan desain dan mesin baru tidak hanya direspons positif, namun juga diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia.

Buktinya, selama pameran Indonesia International Motor Show 2017 yang berlangsung selama 27 April 2017-7 Mei 2017 silam mobil tersebut menjadi kontributor utama penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM). All New Honda CR-V secara mengejutkan terjual sebesar 1.060 unit atau 30% dari total penjualan Honda selama pameran. Angka itu hampir dua kali lipat dari target awal sebesar 600 unit CR-V selama IIMS 2017.
”Kami mencatat total penjualan sebesar 3.555 unit. Secara total penjualan Honda di ajang IIMS 2017 sangat memuaskan,” ungkap Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy. Menurut Jonfis, All New Honda CR-V membukukan penjualan 100 unit setiap harinya.
Tidak hanya itu, varian All New Honda CR-V 1.5L Turbo juga berhasil meraih penghargaan mobil terbaik pilihan pengunjung.
Generasi kelima dari Honda CR-V memang menghadirkan mesin yang lebih kecil. Yakni 1.5 liter VTEC. Penggunaan mesin yang lebih ringan ini memiliki sejumlah benefit. Dari sisi pajak, misalnya, lebih kecil. Untuk servis mesin turbo juga diklaim 50 persen lebih murah dibandingkan mesin biasa. Selanjutnya, konsumsi bahan bakar jelas lebih rendah. Terakhir, karena mesinnya ringan maka power to weight ratio juga tinggi. Bagaimana dengan tenaganya? Jonfis mengklaim bahwa mesin 1.5 liter VTEC turbo menghasilkan, “tenaga yang sama dengan 2.400 cc,”.
Adapun untuk kabin yang kini menjadi 7-seater untuk varian CR-V 1.5L Turbo dan CR-V 1.5L Turbo Prestige juga menjadi nilai plus bagi konsumen. Kabin lebih besar ini ternyata dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan orang Indonesia. Sebab, walau pengguna CR-V sendiri memang datang dari kaum profesional. Namun, saat weekend mereka tetap butuh kapasitas mobil yang lebih besar. ”7 tempat duduk akan memberikan opsi baru bagi konsumen,” beber Jonfis. Di produksi di pabrik Honda di Karawang, Indonesia menjadi negara pertama yang memasarkan CR-V Turbo di Asia Tenggara.
Setelah IIMS 2017, All New Honda CR-V Turbo langsung dibawa roadshow ke berbagai daerah di Indonesia. Tepatnya di GIIAS Makassar Auto Show 2017 pada 10-14 Mei 2017 di Four Points Hotel, Makassar. Ini untuk pertama kalinya PT Prospect Motor selaku Main Dealer Honda wilayah Luar Pulau Jawa memperkenalkan secara langsung All New Honda CR-V kepada masyarakat Indonesia Timur
Pada pameran tersebut Honda memboyong 11 mobil yang meliputi seluruh lini terbaru Honda, baik standar maupun yang versi aksesoris asli dari Modulo. Selain All New Honda CR-V, hadir pula seluruh lini terbaru Honda, mulai dari Honda Brio, Honda Jazz, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda City dan Honda Civic.

Penggantian Airbag

Honda CRV 2017
Baru-baru ini Honda mengkonfirmasi adanya inflator airbag Takata untuk sisi pengemudi yang mengembang dalam kecelakaan yang melibatkan Honda Accord lansiran 2002 pada 3 Maret 2017 di Amerika Serikat, yang mengakibatkan luka serius pada pengemudi.
Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap komponen SRS airbag terkait, ditemukan bahwa SRS airbag yang terpasang pada kendaraan saat kecelakaan pada 3 Maret 2017 tersebut bukan inflator airbag asli dari kendaraaan, dan juga bukan komponen pengganti dari program penggantian komponen yang dilakukan oleh Dealer resmi Honda pada 2012 dan 2015.
Berdasarkan penelusuran riwayat, kendaraan tersebut diketahui telah mengalami kecelakaan pada April 2015 dengan kondisi kerusakan parah, kemudian terjual kepada pemilik saat ini (Pemilik kedua) dengan kondisi yang sudah diperbaiki. SRS airbag yang mengembang pada kendaraan tersebut berasal dari Honda Accord 2001, yang diperoleh dari sumber lain selain Dealer resmi Honda, dan kemudian dipasang pada kendaraan setelah terlibat dalam kecelakaan pada April 2015, dimana asal dari SRS airbag yang mengembang tersebut belum dapat dikonfirmasi.
Karena itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghimbau seluruh pemilik kendaraan Honda di Indonesia bahwa seluruh perbaikan terkait SRS airbag harus dilakukan di Dealer Resmi Honda, sehingga Honda dapat memastikan penggunaan komponen yang baru dan asli, serta sesuai standard prosedur perbaikan Honda.
HPM saat ini sudah memiliki persediaan airbag inflator pengganti yang cukup untuk mengganti komponen airbag inflator Takata dalam program kampanye penggantian airbag inflator. Mereka juga terus menghimbau kepada semua pemilik kendaraan untuk segera memeriksakan kendaraan di Dealer Resmi Honda untuk menjadwalkan penggantian komponen inflator airbag secara gratis.

Iklan