16265529_10103456684228891_2797602321406032996_n            Tentu saja semua terkejut ketika Hugo Barra, Vice President International Xiaomi, meninggalkan perusahaan tersebut pada 22 Januari 2017 silam untuk bergabung dengan Facebook. Disana Hugo menjadi vice president of Oculus VR, memegang tampuk jabatan teratas bisnis VR Facebook, termasuk diantaranya adalah perangkat VR Oculus. Adapun pencipta sekaligus CEO Oculus Brendan Iribe sejak Desember 2016 lebih berfokus mengurusi pengembangan bisnis Oculus di platform PC.

Saya melihat sendiri bagaimana di India sosok Barra diidolakan layaknya seorang selebritis. Seusai acara launching, misalnya, Mi Fans—sebuatan fans Xiaomi—rela mengantre hanya untuk berselfie. Itu karena Barra sendiri merupakan sosok yang lengkap. Ia sangat cerdas, menguasai software maupun hardware, juga mampu melakukan presentasi dengan memukau.

Hanya dalam 3,5 tahun, Barra menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan yang dikenal sebagai peniru Apple menjadi salah satu perusahaan ponsel terbesar di dunia dengan ciri khas desain dan fitur mereka sendiri. Akhir tahun lalu, misalnya, Xiaomi mengenalkan ponsel Mi Mix yang tanpa bezel dan mendapat banyak pujian.

Mengapa Barra pergi? Ia tidak menjelaskan secara langsung. Yang jelas, di Facebook, Barra bersama Zuckerberg sendiri akan mengembangkan ekosistem VR dan AR yang dipercaya sebagai platform komputasi di masa depan. Facebook berencana menghabiskan USD3 miliar selama 10 tahun kedepan untuk menyebarkan VR.

”Menjadi mimpi saja bekerja di virtual reality bahkan ketika AR/VR masih sangat kecil. Sekarang kita bisa selfie di dunia virtual,” ungkapnya. Ia juga mengaku belajar banyak dari CEO Xiaomi Lei Jun terkait membuat terobosan di dunia teknologi dan membuatnya tersedia untuk orang banyak.

Posisi Barra akan digantikan oleh Xang Wang, senior vice president di Xiaomi. Dan tugas Wang terbilang berat. Ia harus terus mendorong ekspansi global Xiaomi karena di negara asalnya posisi mereka terus menurun. Posisi Xiaomi sudah tergeser dari lima besar smartphone di China pada 2016.

 

Data Diri

Xiaomi's International Vice President Hugo Barra speaks with the media during the launch of Mi phones in New Delhi

Nama: Hugo Barra

Tgl lahir/usia: 28 Oktober 1976 (40 tahun)

Kewarganegaraan: Brasil

Jabatan:

VP Android di Google

VP Xiaomi

VP Facebook Oculus VR

 

 

 

 

 

Iklan