Perombakan utama New Honda Mobilio 2017 tidak hanya ada di eksterior dan interiornya. Justru sektor keamanan lah yang mendapat nilai paling plus lewat kehadiran fitur VSA dan HSA.

Waktu kurang dari 6 jam yang diberikan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk mencoba New Honda Mobilio di Pulau Dewata belum lama ini langsung kami manfaatkan untuk ini: mengeksplorasi fitur keamanan VSA dan HSA.

Berbegas jalanan padat di sepanjang Legian kami tinggalkan untuk menuju ke arah Selatan Bali. Tepatnya di taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Nusa Dua. Kebetulan tanah GWK yang berpasir dan jalanan yang menanjak sangat cocok untuk mencoba kedua fitur di MPV 7-seater termurah PT HPM tersebut.

VSA kependekan dari Vehicle Stability Assist. Ada juga yang menyebutnya ESC atau Electronic Stability Control. Fitur keselamatan ini penting untuk membantu pengemudi mengendalikan mobil saat terjadi gejala oversteer atau understeer akibat roda kehilangan daya cengkeram.

Ini terjadi ketika pengemudi melalui kondisi jalan yang licin. Atau, ketika terlalu cepat menikung. VSA bekerja berkesinambungan dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan TCS (Traction Control System) untuk menstabilkan manuver kendaraan ketika roda kemudi diputar secara mendadak, sehingga keempat traksi roda tetap terjaga dan tidak selip.

Ketika VSA tidak di aktifkan, New Mobilio yang dikendarai Fitra Eri dari OtoDriver langsung mengalami oversteer hingga bodinya berbelok 180 derajat. Fitra yang memang seorang pembalap nasional itu memang sedang memeragakan apa yang akan terjadi ketika menikung cepat di lintaran berpasir.

Selanjutnya, ketika VSA di aktifkan, New Mobilio tetap menikung dengan aman tanpa oversteer. Sebagai catatan, VSA ini sebelumnya hanya diterapkan di model premium Honda seperti New Honda Accrod dan New Honda CIvic 2.0. Bersama dengan fitur HSA, VSA akhirnya diterapkan juga di BR-V untuk selanjutnya dibawa ke New Mobilio.

Nah, HSA sendiri kependekan dari Hill Start Assist. Fungsinya sederhana, tapi sangat penting. HSA akan membantu mobil start dari tanjakan agar tidak menggelinding ke bawah ketika pengemudi melepas pedal rem dan pindah ke pedal gas.       Saya mencobanya sendiri di tanjakan dengan kemiringan sekitar 30 derajat dan fiturnya berjalan sempurna.

Tentu saja VSA dan HSA bukanlah fitur safety yang sangat canggih. Kendati demikian, kehadirannya di segmen low MPV memberikan nilai plus. Sebab, kedua fitur tersebut tidak dimiliki kompetitor seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga maupun Nissan Grand Livina.

Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana VSA dan HSA memberikan peace of mind pagi pemiliknya. Walau hanya berlabel facelift (bukan full model change), tapi konsumen mendapatkan ubahan yang terbilang menyeluruh. Eksteriornya yang terkesan lebih tegas dan maskulin, interior yang disempurnakan agar lebih nyaman, serta tambahan keamanan berkendara dengan VSA dan HSA.

Direspons Positif

Kehadiran New Mobilio facelift ini mendapat respons positif dari konsumen. Selama Januari 2017, penjualannya mencapai 3.365 unit penjualan Honda Mobilio meningkat 67% dari penjualan bulan sebelumnya yaitu sebesar 2.016 unit. Ubahan

eksterior seperti front grille, kap mesin, lampu, alloy wheels 15” serta di interior seperti Adjustable Headrest, Audio Steering Switch serta beragam fitur yang lebih lengkap pada tipe RS efektif menarik perhatian konsumen.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menilai konsep desain sporty serta fitur yang lengkap dan canggih membawa sensasi baru di segmen LMPV. ”Penjualan di awal tahun ini cukup baik dengan kehadiran New Mobilio,” beber Jonfis. Secara total Honda mencatat penjualan sebesar 16.896 unit pada Januari 2017, meningkat 21% dari Desember 2016 yaitu sebesar 13.926 unit .

 

Perjalanan Honda Mobilio

  • Sejak dikenalkan pada awal 2014, Honda Mobilio langsung menjadi produk terlaris Honda.
  • Facelift penting untuk membuat konsumen tertarik agar tetap membeli Honda Mobilio.
  • Dikenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.
  • Dikirim ke konsumen Januari 2014.
  • Total penjualan di Indonesia (2014-2016): 161.402 unit
  • Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang meluncurkan New Mobilio 2017
  • Penjualan Honda Mobilio 2016: 39.482 unit
  • Penjualan Honda Mobilio 2015: 48.927 unit
  • Penjualan Honda Mobilio 2014 : 79.288 unit

 

Harga New Honda Mobilio:

-Mobilio S – Rp189,5 juta

-Mobilio E MT – Rp210 juta

-Mobilio E CVT – Rp221 juta

-Mobilio RS MT – Rp233 juta

-Mobilio RS CVT -Rp243,5 juta

 

 

 

 

Iklan