omron-ne-c803

Saya masih ingat ketika Langit (anak saya) masih berusia 2 tahun dan mengalami gangguan pernafasan atau Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Ketika itu saya dan istri sama-sama kerja dan masih tinggal di rumah mertua.

Karena kerjaan istri yang tidak bisa ditinggal, saya harus izin ke kantor untuk membawa Langit ke rumah sakit untuk di uap. Menggunakan sepeda motor, karena waktu itu taksi online belum ada sementara mencari taksi di Bogor sangatlah sulit (dan banyak yang menolak jarak dekat).

Ternyata saya baru tahu kalau ada alat bernama nebulizer untuk mereka yang sedang menjalani terapi gangguan pernapasan karena ISPA. Tahunya pun tidak sengaja. Sekitar 1,5 bulan lalu ketika saya berkunjung ke rumah teman istri saya di kawasan Cinere.

Ketika itu Kenny, anak teman saya yang sebaya Langit, ternyata sedang mengalami gangguan pernapasan. Dan dengan cekatan mama Kenny memakaikan perangkat nebulizer. Tepatnya ini: Omron Nebulizer.

om-ron-803-002
Omron Nebulizer NE-C803

Kenny terlihat nyaman sekali menggunakan alat tersebut. Setelah selesai, mama Kenny membersihkannya dan disimpan dengan rapih mengingat ukurannya yang sangat kecil dan kompak. Kepraktisan dan fungsi nebulizer portable itu begitu mengendap di ingatan saya. Itu juga yang membuat saya menulis blog ini.

Membersihkan Dahak, Mengatasi ISPA

block_2
infografik: cakdan/dari berbagai sumber

Apa sebenarnya manfaat nebulizer? Nebulizer adalah suatu alat yang mampu mengubah zat dalam bentuk cair ke uap.

Mengapa harus diubah ke uap? Karena dinilai lebih efektif dibanding obat oral. Selain tidak mengendap dalam darah, efek samping obat juga disebut sangat kecil karena bentuknya uap. Dari referensi yang saya baca, nebulizer juga diklaim ampuh, sama dengan obat oral tiga kali sehari.

Nah, untuk siapa nebulizer ini ditujukan? Macam-macam. Umumnya nebulizer diberikan pada orang yang mengalami gangguan sistem pernapasan seperti batuk, pilek, asma, bronkitis maupun obstruksi atau penyumbatan saluran pernapasan oleh mukus (dahak).

Bagi bayi dan anak-anak nebulizer paling cocok digunakan karena di usia tersebut mereka belum mampu mengeluarkan dahak secara optimal. ISPA ini ditandai dengan adanya radang, batuk, pilek dan dahak yang bisa mengganggu kebersihan jalan nafas. Akibatnya aliran oksigen ke paru-paru tidak lancar. Nah, dahak ini yang harus dibersihkan.

Dan jangan remehkan dahak. Karena jika terlalu lama menyumbat saluran napas dapat memunculkan gangguan oksigenasi (sesak dan kekurangan oksigen) pada jaringan tubuh.

Mengikuti Saran Dokter         

Terlepas dari kepraktisan dan efektivitas Omron Nebulizer ini, tetap saja dosis dan penggunaan campuran obatnya harus dikonsultasikan ke dokter, karena harus sesuai dengan berat badan dan usia si anak. Nah, jika orang tua sudah memiliki nebulizer sendiri di rumah, maka bisa berkonsultasi pada dokter anak untuk mendapatkan resep yang sesuai dengan kondisi anak.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Omron silahkan langsung ke situs mereka saja di www.omron-nebulizer.com

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari Omron Nebulizer, bisa di lihat dari video berikut. Selamat mencoba!

Iklan