• Qlue adalah media sosial untuk platform Smart City Pemerintah DKI Jakarta.
  • Pokemap diluncurkan QLue untuk mengajak masyarakat berkegiatan positif melalui cara yang fun.
  • Pokemap ini dapat diakses oleh masyarakat luas melalui http://www.qlue.id/pokemap.

Adakah cara mudah untuk mendapatkan monster langka di Pokemon Go tanpa perlu bersusah payah berkeliaran tidak menentu?

Jawabnya, ada. Qlue, pengembang aplikasi yang jadi rekanan program Jakarta Smart City Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Pokemap. Pokemap adalah berisi informasi mengenai keberadaan Pokemon di sekitar kita. Jadi, ini semacam “cheat” untuk memainkan game tersebut.

Tujuannya, tentu saja memudahkan para Pokemon Trainers untuk menangkap dan mengumpulkan koleksi Pokemon dengan memberikan informasi valid keberadaan Pokemon yang ada di sekitar kita.

Sehingga pencarian Pokemon katergori langka (rare) menjadi lebih mudah. Adapun Pokemap ini juga dapat diakses oleh masyarakat luas melalui http://www.qlue.id/pokemap.

Marketing Communication Manager Elita Yunanda mengatakan, mulanya pihaknya sudah meluncurkan event berhadiah lewat #pokemonqlue. ”Lalu, kami berpikir untuk membuat sebuah inovasi baru dengan memberikan informasi keberadaan letak Pokemon melalui sistem crowdsourcing dan pemetaan dengan objek laporannya adalah monster dari Pokemon sehingga kami beri nama Pokemap,” ungkap Elita.

Pokemap ini tidak terbatas hanya di Jakarta saja melainkan di seluruh Indonesia, sehingga kita bisa saling berbagi informasi letak keberadaan Pokemon langka kepada user maupun Pokehunter lainnya.

Mobile Web Pokemap 1

Lalu, bagaimana cara menandai Pokemon?

 

STEP 0

Unduh, buka, dan daftar ke aplikasi Qlue terlebih dulu.

 

STEP 1

Pilih tombol “+” dibawah pada aplikasi dan Lapor ke Pemerintah. Pastikan Anda berada di lokasi pokemon yang ingin Anda tandai pada Pokemap.

 

STEP 2

Foto permasalahan kota seperti sampah, jalan rusak, PKL liar, pelanggaran, dan lain-lain, kemudian pilih label kategori laporan sesuai dengan topik.

 

STEP 3

Tulis judul dan deskripsi sertakan juga tagar #pokemonqlue #nama Pokemon kemudian submit di Qlue. Setelah itu, laporan Qlue pengguna akan muncul pada peta sesuai dengan jenis Pokemon yang berhasil ditangkap.

Khusus untuk Pokemon langka berpotensi akan langsung muncul secara real time pada peta. Perlu diketahui bahwa untuk berpartisipasi menandai Pokemon ini, masyarakat perlu mengunduh (download) aplikasi Qlue terlebih dahulu baru setelah itu bisa langsung ikut berpartisipasi menandai keberadaan Pokemon di sekitar kita.

 

Adapun Pokemap ini terhubung dengan aplikasi Qlue sehingga segala bentu laporan dan penandaannya harus melalui aplikasi Qlue agar bisa langsung muncul di website peta Pokemap.

Lebih lanjut lagi Elita menjelaskan bahwa Pokemap ini menunjukkan kepada kita dimana lokasi Pokemon berada, dan ini murni merupakan inisiatif dari QLUE untuk membuat perubahan positif dengan cara yang fun dengan mengajak user melapor ke pemerintah.

“Pada saat yang sama kami mengajak user untuk menandai keberadaan Pokemon berdasarkan jenisnya mulai dari yang common hingga rare di dalam lingkup area tersebut,” ujar Elita.

Website Pokemap 1

Iklan