DSC_0705
VP Global Xiaomi Hugo Barra saat menjelaskan fitur-fitur terbaru Mi 5 di Barcelona, Spanyol.

Dengan penjualan 70 juta ponsel pada 2015 dan valuasi senilai USD45 miliar, Xiaomi melangkah pasti lewat model terbaru Mi 5 yang dikenalkan di Barcelona pekan lalu. Selain memenamkan spesifikasi yang sangat kompetitif, perusahaan ponsel asal China itu kini sangat berfokus pada desain.

Seperti biasa, VP Xiaomi Global Hugo Barra selalu memukau dalam keynote-nya saat mengenalkan Mi 5 di Hotel Hesperia Tower, Gran Via, 144, Barcelona, Spanyol. ”Kami ingin tampil lebih elegan,” ujar Barra yang menyebut desain Mi 5 terinspirasi dari Mi Note yang banyak dipuji. ”Mi Note sangat sangat cantik, jadi kami berpikir kenapa tidak berangkat dari situ,” tambahnya.

Tentu ada sejumlah perbedaan. Misalnya tepian Mi Note yang flat dirubah lebih melengkung (full curve) di Mi 5 supaya lebih nyam digenggam. ”Yang sulit adalah menggabungkan material kaca dan logam di lengkungan itu agar dapat menyambung mulus,” katanya.

Keunikan lainnya adalah bodi yang terbuat dari 3D ceramic. ”Keramik ini keras sekali dan tahan benturan. Jika baja memiliki skala kekerasan 4-4,5 H, maka 3D ceramic mencapai 8H, terpaut sedikit dibawah intan/berlian yang kekerasannya mencapai 10 H,” katanya.

Mi 5 - 1

Keramik yang digunakan tentu berbeda dengan keramik di ubin. ”Kami menggunakan keramik Zirconia yang diproses lewat teknologi nano. Teksturnya seperti marmer, tapi tanpa berat,” katanya. Tapi, jika keramik bagus, mengapa tidak banyak vendor yang memakainya? Menurut Hugo, karena harganya 75% lebih mahal daripada kaca. Untuk membuatnya pun dari sisi manufaktur sangat sulit. ”Ada 16 langkah manufaktur yang sangat presisi. Salah satunya memanggang keramik dalam suhu 1.500 derajat celcius,” katanya.

Penempatan komponen juga dipikirkan sangat mendalam. Penempatan sensor sidik jari, misalnya, dijaga agar tidak merusak kombinasi rasio screen to body Mi 5 yang sangat tinggi. Begitupun soal kamera. ”Anda bisa lihat bahwa ponsel flagship yang ada saat ini memiliki dahi lebar, sehingga tidak terlihat clean,” katanya.

Butuh dua tahun bagi Mi 5, sebut Hugo, untuk mencapai kombinasi seimbang. ”Akhirnya kami dapat menempatkan kamera yang kokoh namun flat (tidak menonjol keluar). Anda juga bisa melihat bahwa speaker dan kamera posisinya sejajar. Hal-hal ini mungkin kecil, tapi sangat penting bagi kami,” ungkap Barar.

Mi 5 memiliki bentang layar 5,15 mm, berat hanya 129 gram, tebal 7.25mm, serta baterai 3.000 mAh yang disebut Hugo sebagai baterai yang sangat padat. Berkat tenaga prosesor Qualcomm Snapdragon 820, Mi 5 memiliki performa yang luar biasa cepat dengan mencatat skor Antutu yang mencapai 140,000.

CPU Snapdragon 820 memiliki dua kali kemampuan performa Snapdragon 810 hanya dengan separuh konsumsi daya. Adreno 530 GPU 40% lebih cepat dan 40% lebih efisien daya dibanding Adreno 510. Mi 5 juga merupakan perangkat Xiaomi pertama yang mengemas UFS 2.0 flash memory berkecepatan tinggi, yang didesain untuk melampauiperforma eMMC 5.0 hingga 87%.

Untuk konektivitas yang lebih baik, Mi 5 juga mendukung jaringan 4G+ (Cat 12) dan VoLTE.

Mi 5 - 2Kamera 16MP yang tertanam dalam Mi 5 menggunakan teknologi semacam gimbal yang disebut 4-axis Optical Image Stabilization (OIS). FItur tersebut diklaim efektif mengurangi getaran.

Layar Mi 5 mengusung kecerahan 600-nit berkat 16 lampu LED dibalik layar LCD-nya. Layar ini juga 17% lebih efisien dalam daya, yang berarti perangkat ini tetap menghemat daya walaupun sedang dalam tingkat kecerahan tinggi.

Selebihnya, Mi 5 mendukung fungsi NFC baik untuk membaca atau menulis, juga Quick Charge 3.0 yang memungkinkan pengisian daya hinggal 90% dalam satu jam. Mi 5 akan tersedia dalam tiga model dan tiga warna: hitam, putih, dan emas.

Mi 5 32GB (Snapdragon 820 1.8GHz, 3GB + 32GB, 3D ceramic glass) akan tersedia dengan harga USD305, Mi 5 64GB (Snapdragon 820 2.15GHz, 3GB + 64GB, 3D ceramic glass) dengan harga USD350 dan Mi 5 Pro (Snapdragon 820 2.15GHz, 4GB + 128GB, 3D ceramic body) dengan harga USD410.