000_142610768.jpg

Jejaring sosial di adopsi begitu cepat di seluruh dunia. Begitu cepatnya hingga tidak terasa bahwa jumlah penggunanya sudah menembus miliaran orang.

Layanan pesan instan WhatsApp milik Facebook dan Gmail milik Google baru saja melintasi catatan 1 miliar pengguna per bulannya. Artinya, 1 dari 7 penduduk bumi menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Google memiliki layanan dengan pengguna di atas 1 miliar terbanyak. Google search, Chrome (baik versi mobile maupun desktop), Google Maps, YouTube, Android  dan Google Play memiliki monthly active users (MAU) lebih dari semiliar.

Tapi, ternyata masih ada lagi yang lebih besar. Tidak lain adalah Facebook buatan Mark Zuckerberg yang memiliki pengguna aktif bulanan 1,59 miliar. 1,44 miliar di antaranya mengakses lewat aplikasi.

Akuisisi WhatsApp oleh Facebook senilai USD19 miliar tidak lain bahwa karena Mark Zuckerberg sudah memprediksi bahwa layanan internet messenger tersebut sudah berada pada jalur yang tepat untuk meraih 1 miliar pengguna secara global. Sangat sedikit sekali aplikasi yang dapat mencapai hal ini.

”WhatsApp sudah berada di jalan yang tepat untuk menghubungkan 1 miliar orang. Layanan yang dapat mencapai hal ini sangat lah bernilai tinggi,” tegas Mark Zuckerberg, CEO Facebook.

WhatsApp digunakan di negara berkembang maupun negara maju, tersedia dalam setiap platform. Di negara seperti Indonesia, misalnya, layanan tersebut bahkan sudah dibenamkan di ponsel (pre-installed) sebelum di dipasarkan ke konsumen.

Aplikasi pertama yang menembus semiliar pengguna adalah Gmail untuk Android pada Mei 2014. Baru kemudian diikuti oleh Facebook. Menurut Google, saat ini ada 1,4 miliar pengguna aktif Android per bulan. Itu pun belum termasuk versi Android yang telah dimodifikasi buatan China yang memiliki 900 juta pengguna smartphone.

Sebagai perbandingan, Microsoft menyebut ada 1,5 miliar pengguna Windows pada 2014. Sementara pengguna layanan Microsoft Office mencapai 1,2 miliar orang. Nah, secara total diperkirakan ada 1,4 miliar rumah tangga yang memiliki 1 televisi di seluruh dunia (data International Telecommunication Union).

Kemudian, ada 3,2 miliar orang yang terhubung internet di seluruh dunia. Kurang dari separuh total penduduk dunia yang mencapai 7,4 miliar orang.

Terkait monetisasi, Gmail adalah sumber penghasilan yang sangat besar bagi Google lewat iklan-iklannya. Namun, untuk WhatsApp, bisnis modelnya hingga sekarang tidak jelas. Bahkan, aplikasi tersebut justru menghapus biaya tahunan USD0,99. Bisa jadi monetisasi bukan lah target utama Mark Zuckerberg. Ia hanya ingin pengguna aplikasi tersebut terus meroket.

Facebook sendiri memiliki layanan pesan instan Facebook Messenger yang memiliki 800 juta pengguna aktif pada 2015.

Facebook dan Instagram Terbesar di Indonesia

Lembaga riset JakPat menyebut bahwa 87.5% pengguna internet berusia 16 hingga 35 tahun menggunakan Facebook, menegaskan bahwa jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut paling banyak dipakai di Indonesia.

Yang menarik, Instagram, yang juga dimiliki Facebook, berada di urutan kedua dengan pilihan dari 69,2% responden. Jumlah itu jauh di atas twitter yang hanya dipakai oleh 41,3 persen.

Menurut data yang dirilis Facebook pada kuartal ketiga 2015, disebutkan bahwa pengguna yang mengakses Facebook setidaknya sekali dalam sehari adalah 41 juta orang, pengguna yang mengakses Facebook setidaknya sekali dalam sehari melalui mobile mencapai 38 juta orang.

Adapun pengguna yang mengakses Facebook setidaknya sekali dalam sebulan adalah 79 juta orang, dan pengguna yang mengakses Facebook setidaknya sekali dalam sebulan melalui mobile 74 juta orang.

Jejaring Sosial Terbesar di dunia

facebook-icon-logo-vectorFacebook: 1,550 miliar

WAWhatsApp : 1 miliar

QQQQ: 860 juta

FB MessengerFacebook Messenger: 800 juta

QzoneQzone : 653 juta

WechaWeChat:  650 juta

TumblrTumbr: 555 juta

InstagramInstagram : 400 juta

TwitterTwitter: 320 juta

Baidu TIebaBaidu Tieba: 300 juta

SkypeSkype : 300 juta

ViberViber: 249 juta

Sina weiboSina Weibo: 222 juta

LineLine : 212 juta

SnapchatSnapchat : 200 juta

YYYY: 122 juta

VeekontkanteVKontakte 100 juta

PinterestPinterest 100 juta

BBM logoBBM 100 juta

Linkedin logoLinkedIn 100 juta

Pengguna aktif bulanan dalam juta, sumber Statista, 11 Februari 2016

 

 

 

 

 

Iklan