gopro-licensingGoPro bisa besar seperti saat ini karena komunitas. Para pengguna GoPro sendiri lah yang secara tidak langsung mempromosikan keunggulan produk ini lewat platform seperti YouTube, Vimeo, serta jejaring sosial lainnya.

Nah, kini perusahaan action camera terbesar di dunia itu mulai menunjukkan atensi terhadap fans a.k.a konsumen mereka. Caranya, dengan membuat platform agar para pengguna GoPro bisa menjual karya mereka. Khususnya karya video. Seperti yang dilakukan oleh Flickr, Getty Images, 500px atau bahkan kantor berita Associated Press.

Intinya, dengan platform ini maka para content creators—terutama yang membuat video berkualitas—memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang dari hobi atau pekerjaan mereka.

Karya video yang dijual itu juga dijual ke pengiklan ataupun perusahaan lain yang memang membutuhkan karya video tertentu untuk produk mereka, yang tentu saja memiliki sisi legal dan hak cipta yang terjamin.

gopro-licensing02Harga video yang dijual bervariasi. Hingga mencapai USD1.000 (Rp13 juta) per klip. Tergantung seperti apa video tersebut akan digunakan dan didistribusikan. Tentu saja, perusahaan akan sangat diuntungkan. Mengingat high quality video sangat sulit diproduksi dan sangat mahal. Dengan membeli lisensinya, mereka dapat memakai video untuk kebutuhan iklan mereka dengan cepat dan mudah. Terutama yang berhubungan dengan olah raga ektrim.

”Setiap hari kami dihubungi creative agencies, TV networks, serta studio film untuk dapat menggunakan konten kami, tegas head of programming GoPro Adam Dornbusch. Sayangnya jubir GoPro Lara Sasken kepada Mashable tidak menyebut berapa besar prosentase yang diberikan ke pencipta video.

Tertarik? Caranya sangat mudah. Cukup dengan mendaftar ke situs resmi GoPro. Hingga sekarang sudah ada lebih dari 600 video yang sudah diunggah.

Sebelumnya, CEO GoPro Nick Woodman menyebut bahwa GoPro adalah sebuah gerakan. ”Gerakan yang didasari oleh konten yang mempengaruhi kita semua. Gerakan highest-quality user generating content yang pernah ada di dunia,” katanya.

The portal is unique in that it offers high production value content, all accessible from one source. It also eliminates the pain points creative professionals have when sourcing content by helping them clear copyrights and likeness rights, easy access to creators’ content and organized, efficient, time-saving tools to search, download and preview content to license for use in advertising, news and other media and entertainment.

Key features of GoPro Licensing include:

Discovery

  •        Content Merchandising – showcasing new and popular content
  •        Search & Filtering – enhanced discovery based on rich meta-data
  •        Video Previews – at-a-glance video previews

Download

  •        Lightbox – video preview sharing between creative team members
  •        Downloads – ability to download low and high resolution file formats with batch download functionality
  •        Watermarking – visual watermarks ensure that the use of pre-licensed content is secure

License

  •        Licensing – content licensing request workflow
  •        Access Control – only approved agencies will be permitted to access & license content
  •        Reporting – license request tracking and reporting
Iklan