Trip advisor indonesiaPenggunaan perangkat mobile oleh wisatawan meningkat drastis. Demikian data dari TripAdvisor TripBarometer Connected Traveler. Saat ini para pelancong online (disebut connected traveler) menggunakan smartphone dan aplikasi untuk merencanakan perjalanan, memesan hotel, tiket penerbangan, bahkan informasi terkait tempat wisata.

Smartphone adalah teman perjalanan penting bagi para traveler saat ini,” ungkap  Adam Medros, SVP of Product, TripAdvisor. ”Melalui aplikasi perjalanan menemukan jalan, mencari tempat makan atau aktivitas yang bisa dilakukan dan membaca review. Mereka juga lebih mungkin melihat sebagai alat pemesanan, baik sebelum perjalanan dan saat berada di tempat tujuan.”

Indonesia (serta Brazil) memiliki jumlah connected traveler terbanyak kedua dari negara-negara  yang disurvei TripBarometer.

Para connected traveler ini juga sedikit berbeda dengan wisatawan biasa. Mereka mengaku sangat terbantu jika hotel menawarkan adaptor, converter dan berbagai jenis charger supaya mereka tidak repot membawanya.

Perbedaan lainnya, terkait layanan berhubungan dengan smartphone. Hampir setengah (45%) dari Connected Traveler menikmati aplikasi untuk melakukan pemesanan saat dalam perjalanan (bandingkan dengan 38% wisatawan global) dan sepertiga (34%) mendapati check-in mobile berguna (bandingkan dengan 28% wisatawan global).

Lalu, bagaimana bisnis perhotelan di Indonesia menyambut pelancong online ini? Ternyata, sudah melebihi rata-rata global sebesar 10% dengan menawarkan aplikasi mobile untuk pemesanan, dengan 30% dari mereka menawarkan layanan ini untuk tamu mereka.

Penyedia layanan hotel di Indonesia juga melebihi rata-rata global pada layanan online lainnya untuk pelanggan, dengan 74% dari hotel menerima pemesanan online, 56% menerima pemesanan melalui perangkat mobile dan 52% menawarkan situs web yang mobile friendly.

“Saat sebagian besar wisatawan global kini menggunakan perangkat mobile, kecenderungan untuk melihat ponsel cerdas sebagai platform pemesanan adalah yang membuat Connected Traveller berbeda,” kata Marc Charron, president, TripAdvisor for Business. Marc menilai, hotel atau akomodasi harus menemukan cara untuk terhubung dengan connected traveler yang segmennya terus membesar ini. 

Para Pelancong Online

Trip advisor indonesia

  • 45% dari Connected Travelers biasanya menggunakan smartphone mereka untuk melakukan pemesanan perjalanan
  • 72% Connected Traveler menggunakan smartphone untuk mencari restoran saat berlibur.
  • 34% menginginkan akomodasi mereka menawarkan check-in mobile.
  • Pengguna aplikasi mobile untuk memesan akomodasi meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun.
  • Pada 2014, 4% responden TripAdvisor memesan akomodasi mereka menggunakan channel aplikasi mobile, naik 8% tahun ini.
  • Satu dari lima wisatawan melakukan pemesanan melalui aplikasi mobile karena lebih mudah atau cepat diakses. dan 29% merasa mereka dapat harga yang lebih baik.
  • Laptop dan PC masih jadi perangkat yang paling umum digunakan untuk memesan hotel. 50% memakai laptop, 32% PC.
  • Smartphone perangkat pemesanan paling populer kedua setelah laptop.
  • 45% menggunakan ponsel cerdas mereka untuk memesan kegiatan wisata.
Cara perangkat mobile digunakan selama liburan Connected Travelers Wisatawan Global
Mencari jalan/peta (maps) 81% 67%
Mencari restoran 72% 56%
Mencari aktivitas yang bisa dilakukan 67% 51%
Membaca review 64% 47%
Membaca hotel 50% 36%
Memesan restoran 46% 36%

Sumber: TripBarometer Connected Traveler, Google Analytics, comScore Media Metrix for TripAdvisor Sites

Trip advisor indonesia

Iklan