cara-pembayaran-bbmmoney-headerDalam sepekan rasanya bisa dihitung jari berapa kali saya membuka aplikasi BlackBerry Messenger (BBM). Sejumlah teman memang masih berkomunikasi memakai BBM. Tapi, belakangan lebih banyak broadcast message (pesan berantai) yang saya terima dibanding pesan beneran.

Saat ini komunikasi chatting yang lebih intens banyak saya dan mungkin lingkungan sekitar lakukan berada di WhatsApp. Aplikasi yang dibeli Facebook senilai USD19 juta itu bisa menampung lebih banyak anggota di sebuah grup (100 orang), serta membuat orang dapat berkirim pesan langsung lewat nomor ponsel (tidak perlu meng-add terlebih dulu).

Memang tidak tepat jika menyebut WhatsApp telah menggantikan posisi BBM sebagai layanan chatting paling populer di Indonesia saat ini. Faktanya, menurut Nielsen Research, BBM masih menjadi aplikasi chatting terbesar dan paling aktif di Indonesia.

Sayangnya, pertanyaan apakah jumlah pengguna aktif BBM di Indonesia saat ini menurun jika dibanding beberapa tahun lalu tidak dijawab langsung oleh SVP Emerging Solutions BlackBerry Matthew Talbot.

maxresdefaultIa hanya menyebut bahwa pengguna BBM di Indonesia masih sangat besar. Terutama setelah aplikasi tersebut terbuka untuk pemakai Android, iOS, dan Windows Phone. Matthew yang juga merupakan leader dari tim BBM secara Global itu mengatakan bahwa ada banyak sekali hal yang akan membuat BBM masih akan tetap dipakai oleh konsumen di Indonesia. Salah satunya lewat penambahan banyak sekali fitur baru yang diklaim dapat meningkatkan kenyamanan pengguna.

Misalnya berbagai macam konten yang dijual melalui BBM Shop seperti stiker, PIN, BBM tanpa iklan, atau bahkan game. Juga BBM Channels untuk mengakomodir perusahaan berpromosi. ”Ada banyak sekali stiker rancangan desainer Indonesia. Begitupun BBM Connected Games seperti Daruma Fever, DeceaZed, Wayang Jump, serta Snake and Ladder yang dibuat langsung oleh developer Indonesia,” ungkap Matthew.

Tapi, layanan yang sedang didorong adopsinya oleh tim BBM Indonesia adalah BBM Money. BBM Money ini tidak berbeda dengan dompet digital keluaran operator telekomunikasi. Pengguna harus melakukan top up untuk mengisinya, serta bisa cash out atau menguangkan tanpa perlu memiliki rekening bank.

Aplikasi yang terpisah dari BBM tersebut dapat digunakan untuk membayar listrik, transfer uang antar pemilik akun BBM Money, mengisi pulsa, bahkan berbelanja. Di BBM Money Channel, pengguna bisa menemukan diskon dijam-jam tertentu pada 15 Juni hingga 15 Juli 2015 mendatang di sejumlah merchant rekanan seperti Elevenia, Luxola, Paraplou, hingga Bhinneka. ”Sejumlah barang seperti dompet atau kacamata bisa didiskon menjadi hanya Rp100 ribu dan langsung habis kurang dari 5 menit!,” ungkap Matthew.

Kolaborasi dengan merchant dan menyediakan berbagai pilihan cara berbelanja hanya salah satu cara untuk meningkatkan adopsi BBM Money. Dan hal ini tidak mudah. Bahkan operator telekomunikasi pun kesulitan dalam meningkatkan adopsi layanan e-wallet yang mereka miliki.

Dan BBM Money hanya satu dari pekerjaan rumah BlackBerry. Sebab, Matthew menyebut bahwa mereka juga akan mengembangkan berbagai layanan BBM untuk perusahaan. Salah satu yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah BBM Meetings.

”Keamanan adalah fitur yang membuat BBM unggul dibanding layanan chatting serupa,” ungkap Matthew. ”Karena itu BBM masih sangat relevan bagi pemerintahan, perbankan, serta perhotelan di Indonesia. Korporasi adalah segmen yang akan kami bidik selanjutnya.”

Matthew juga tidak khawatir terhadap banyaknya aplikasi chatting seperti Line, Kakao Talk, WhatsApp, WeChat, bahkan Anyways Messenger. ”Trennya memang seperti itu, menggunakan beberapa aplikasi sekaligus. Tapi, BBM akan tetap memiliki penggemarnya sendiri.”

Saat ini BBM yang berupa software cross platform itu seolah menjadi unit terpisah dari divisi perangkat hardware BlackBerry.”Kami memiliki rencana monetisasi BBM yang sangat solid,” ungkap bos BlackBerry John Chen, akhir tahun lalu.

Fakta Tentang BBM

maxresdefault (1)

  • Dirilis pada 2005.
  • Sejak November 2013, dirilis di Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone.
  • Ada 260 juta pendaftar baru sejak November 2013.
  • Pada 2014, BBM memiliki 85 juta pengguna aktif dan 113 juta pengguna terdaftar.
  • Setiap hari ada 700 juta permintaan iklan BBM.
  • Lebih dari 1 miliar stiker BBM dikiri dan diterima perbulan.
  • Lebih dari 250 juta kunjungan ke BBM Shop/Toko BBM
  • Ada 26 miliar pesan sehari.
  • Pengguna akan membaca pesan dalam 8 detik setelah menerimanya.

Layanan BBM

Untuk Pengguna Biasa

BBM Chat, 1-1, banyak orang, dan grup. BBM Voice, BBM Channels, BBM Commerce Services, BBM Shop & virtual Goods, BBM Games, BBM Mobile Ad Services.

Untuk Perusahaan

BBM Protected, BBM Meetings, BBM Protected Plus, BBM Secure Voice Solutions, BBM Virtual SIM.

BBM Money

  • Aplikasi dompet digital yang terhubung dengan ID BlackBerry, bekerja sama dengan Bank Pertama
  • Tersedia untuk iOS, Android, dan BlackBerry.
  • Pengguna bisa membuat akun tanpa harus memiliki rekening bank.
  • Fungis BBM: isi ulang pulsa, membayar listrik, transfer antar pemiliki akun BBM Money, tarik tunai.
Iklan