Honda_B-RV_astra bonardo 1Inilah senjata baru Honda untuk kembali mengukir sejarah di Indonesia: Bold Roundabout Vehicle atau BR-V. Mobil 7 penumpang tersebut memiliki tampilan dan fitur Honda HR-V, serta kelapangan dan kenyamanan kabin Honda Mobilio.

Honda Mobilio diterima dengan baik oleh segmen keluarga muda lewat konsep mobil keluarga yang nyaman dikendarai dan berkabin lega. Adapun Honda HR-V diminati oleh konsumen yang menginginkan mobil sporty, tangguh, dan modern.

Nah, bagaimana jika ada mobil yang dirancang sangat sporty, tapi juga sangat lapang? Bagaimana jika ada mobil yang mengombinasikan fitur-fitur sebuah SUV seperti ground clearance tinggi, namun juga memiliki kabin lega ala MPV yang mampu menampung 7 orang penumpang?

Hal itu yang coba dijawab oleh Honda BR-V Prototype, yang sketsa resminya dikenalkan di Jakarta, Senin (29/7) silam. Mengadopsi plaform Honda Jazz seperti halnya Brio, Mobilio, dan HR-V, Honda BR-V Prototype dilabeli sebagai New Generation Crosssover Utility Vehicle. Inilah mobil yang akan menyilangkan keunggulan LMPV dan LSUV.

”Masih ada ruang yang bisa diisi disela-sela pasar Honda Mobilio dan Honda HR-V. Potensinya sangat besar,” ujar Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy.

Saat ini kelas LMPV dan LSUV adalah penyumbang terbesar penjualan Honda dan tercepat pertumbuhannya. Selama Januari-Mei 2015, misalnya, Mobilio dan HR-V masing-masing membukukan penjualan 20.426 unit dan 17.447 unit. Dengan adanya satu model lagi di segmen ini, tentu saja akan sangat menguntungkan Honda karena berada di segmen yang masih tumbuh.

Rentang harga Honda BR-V Prototype akan berkisar di varian Mobilio tertinggi (Rp225 juta) dan Honda HR-V terendah (Rp260 juta). Ketika merancang BR-V, tim Honda R&D Asia Pacific di Thailand dan PT Honda R&D Indonesia belajar banyak dari data yang mereka himpun saat membuat Mobilio. Terutama dari ukuran ruang parkir, kondisi jalan, ukuran koper, serta penggunaan mobil orang Indonesia. Target pasar utamanya adalah ini: keluarga yang memiliki gaya hidup aktif, sporty, serta menggemari aktivitas luar ruangan.

Seperti halnya HR-V, Honda BR-V Prototype juga memiliki imej yang tough atau tangguh. Roof rail di bagian atap menegaskan bahwa mobil ini dapat digunakan untuk petualangan, atau bahkan memudahkan menambah barang saat mudik. Selain memiliki ground clearance tinggi serta alloy wheels besar, BR-V Prototype juga menggunakan desain eksterior tangguh dan stylish. Kabinnya nyaman dan lapang, dengan kapasitas 7 tempat duduk dalam konfigurasi 3 baris. Mesinnya memakai 1.5 liter, irit bahan bakar, serta dilengkapi transmisi canggih dan fitur keselamatan lengkap.

Nantinya, metode pemasaran BR-V Prototype yang dibangun di pabrik kedua Honda di Karawang, Jawa Barat, itu serupa dengan Mobilio maupun HR-V. Yakni dikenalkan perdana diseluruh dunia (worldwide premiere) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada 20-30 Agustus mendatang dan sudah menerima inden di pameran, untuk kemudian akan diserahterimakan ke konsumen pada Januari 2016.

Jonfis menilai, BR-V Prototype akan menjadi crossover dengan 7-seater yang sesuai dengan kondisi jalanan serta kebutuhan masyarakat Indonesia. ”Mobil ini menawarkan utilitas, kekuatan dan ketangguhan,” ungkapnya.

Honda BR-V Prototype akan menjadi model Honda ketiga yang akan mendapat worldwide premiere di Indonesia. Menurut Jonfis, Indonesia memang memegang peranan penting bagi pasar Honda di Asia, selain India dan Thailand. ”Di Asia Tenggara, Indonesia pasar tertinggi Honda,” katanya.

 

Tentang Honda BR-V Prototype

BR-V PrototypeTipe: New Generation Crosssover Utility Vehicle, 7-penumpang.

Target: keluarga aktif, penggemar aktivitas luar ruangan.

Harga: belum diketahui (diperkirakan antara Rp225 juta-Rp260 juta).

Fitur: Tampilan tangguh dan sporty, memiliki roof rail, ground clearance tinggi, alloy wheels besar, kabin 7 tempat duduk dengan konfigurasi 3 barus, mesin 1.5 liter, transmisi canggih, dan fitur keselamatan.

Iklan