OkSemakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone serta fasilitas internet cepat, membuat semakin maraknya layanan streaming musik di kalangan anak muda.

Hal itu diungkap oleh Jamie Robertson, VP Head MixRadio untuk Asia Pasifik. Menurutnya, semakin banyak yang merasakan kecanggihan teknologi dalam genggaman, maka semakin banyak orang menginginkan segalanya begitu mudah. Termasuk ketika ingin mendengarkan musik.

Menurut Jamie, streaming musik menjadi pilihan ketika smartphone terbatas oleh kapasitas memori. Dengan streaming, pengguna mengakses lagu langsung dari cloud, sehingga tidak perlu lagi menyimpan ribuan lagu di ponsel.

”Pengguna hanya memerlukan koneksi internet yang akan menghubungkan dengan layanan musik serta beragam jenis musik,” ungkap Jamie.

Menariknya, streaming musik juga ikut menghargai karya seorang musisi. Selama ini masyarakat hanya memiliki dua opsi untuk mendengarkan lagu: membeli lagu/album atau mengunduh lagu bajakan melalui perangkat mereka. Dari dua opsi tersebut, kecenderungannya adalah mengunduh lagu bajakan.

Demikian diungkap oleh penyanyi Marcell Siahaan yang merasa resah terhadap maraknya pembajakan. “Melalui streaming lagu, tentu masyarakat memperoleh lebih banyak opsi untuk mendengarkan karya dari seorang musisi,” ungkap mantan suami Dewi “Dee” Lestari ini.

Streaming lagu, menurut Marcell, bisa diartikan sebagai membeli lagu dengan data internet. Dengan demikian streaming merupakan langkah untuk menghargai karya yang dihasilkan oleh musisi tanpa harus mengunduh lagu bajakan.

MixRadio yang sudah berdiri sejak 1999 sebelumnya memang dikenal sebagai layanan yang eksklusif untuk perangkat Nokia/Microsoft. Tapi, pada Desember 2014 silam mereka diakuisisi oleh perusahaan internet messaging Line asal Jepang, membuat layanan mereka saat ini tersedia di platform Android dan iOS.

Aplikasi tersebut juga memiliki Line Official Account, MixRadio Indonesia, dan satu set stiker Line gratis.

Menurut Jamie, koleksi perpustakaan lagu MixRadio telah mencapai 36 juta lagu dari beragam genre dan tersedia di 31 negara. Di Indonesia pun pengguna bisa mendengarkan jenis musik Jazz hingga keroncong.

” Kami berharap nantinya semakin banyak orang yang bisa menikmati jenis musik favorit hanya dengan menekan satu tombol,” ungkap Jamie. Setiap harinya, ia melanjutkan, pengguna smartphone akan menemukan jenis-jenis musik baru.

Pengguna pun tidak perlu khawatir terhadap status lagu yang diperdengarkan. ”Kami telah memiliki perjanjian dengan pihak label rekaman. Setiap lagu yang diperdengarkan melalui aplikasi MixRadio atau diunduh, akan kami bayar sesuai kesepakatan,” ungkap Jamie.

Dengan begitu, musisi tidak khawatir lagunya dibajak. Sementara konsumen atau pengguna aplikasi dapat menikmati lagu secara gratis dengan legal, tanpa merasa bersalah.

Di Indonesia, layanan MixRadio cukup dikenal dalam 5 tahun terakhir. Jamie merasa pengalaman itu sangat berharga untuk mengetahui bagaimana tingkah laku konsumen di Indonesia. Termasuk untuk menciptakan produk yang tepat. Salah satunya adalah mendengarkan musik secara offline untuk menghemat layanan data.

Respon yang mereka dapat setelah “membuka diri” terbilang luar biasa. Dalam sepekan, akun MixRadio Indonesia di Line memiliki 280.000 anggota. Binti mufarida

Penyedia Layanan Streaming:

Langit Musik

Melon Indonesia

Mix Radio

Guvera

MeTunes

Ohdio

Deezer

Last.fm

Pandora

Grooveshark

Jango

Streaming Musik di Indonesia

Streaming 3

Seiring meningkatnya pengguna smartphone dan konsumsi data, layanan streaming musik pun ikut tumbuh di Indonesia. Melalui streaming, pengguna tidak repot menyimpan ribuan file lagu di ponsel. Sebaliknya, ribuan bahkan ratusan ribu koleksi lagu dapat diakses langsung melalui layanan cloud yang disediakan oleh penyedia aplikasi streaming musik yang semakin marak.

Infographics_INDONESIA_

Rata-rata Streamer Menghabiskan

02:18

Jam mendengarkan musik per hari

73% lebih lama dibanding non streamer.

53% Pengguna Smartphone Melakukan Streaming Musik

15% Berpikir untuk Melakukan Streaming di Kemudian Hari

Jenis Kelamin

Rata-rata

3,3 Perangkat Digunakan untuk Mendengarkan Musik

72% smartphone

57% laptop

58% iPod

Cara Menemukan Musik Baru

Konser

Forum musik

Halaman musik di koran

CD campuran/promo label

Halaman musik di majalah

Website musik

Artis/album dari layanan streaming

Artis/lagu hasil kurasi dari layanan streaming

Teman dan keluarga

Radio FM/AM

2 dari 3 orang menemukan musik baru dari radio

43% “Musik di radio terlalu sempit dan repetitif”

45% “sulit untuk mencari musik sesuai selera”

Hal Terpenting Memilih Layanan Streaming

71% genre musik yang tersedia

86% kualitas suara

74% musik yang dikurasi sesuai selera

85% mudah digunakan

76% dapat dipakai di semua perangkat

75% jumlah lagu yang tersedia

Konsumen Paham 2,7 layanan streaming dan memakai rata-rata 2,6 layanan streaming

Fitur dan layanan yang digunakan di smartphone:

93% SMS

92% Foto

91% Berselancar internet

89% mendengarkan musik

89% email

88% sosial media

84% internet messenger

76% navigasi/peta

73% game

72% merekam video

60% mengunduh aplikasi

59% membaca buku/majalah/berita

59% melihat TV/video

Sumber: survei 700 pengguna smartphone di Indonesia oleh MixRadio

Iklan