(ki-ka) Firdaus Ali, PhD., Founder and President Director of Indonesia Water Institute dan Antonius R. Soelistyo, President Director ARS-IndonesiaPresiden Direktur ARS-Indonesia Antonius R. Soelistyo mengambil segelas air dari aquarium. Air itu lantas dituang ke sebuah botol plastik, memompanya beberapa kali, dan lantas meminumnya tanpa ragu.

Lifesaver Bottle—nama botol plastik—itu memang punya fungsi unik. Yakni menyaring air kotor menjadi air bersih layak minum secara langsung. Tidak perlu listrik atau baterai, bahkan ukurannya hanya sedikit lebih besar dibandingkan botol air minum yang biasa dibawa-bawa.

Bagaimana Lifesaver Bottle melakukan hal itu? Kuncinya ada pada teknologi penyaringan nano. Teknologi penyaringan ultra Lifesaver System dengan ukuran saringan 15 nanometer/0.015 mikron diklaim mampu menyaring virus terkecil di dunia dengan ukuran 18 nanometer/0.018 mikron.

”Teknologi itu mampu menyaring bakteri terkecil dengan ukuran 400 Nm/0.4 mikron serta semua mikrobiologi yang ada di dalam air. Termasuk virus, bakteri, kista, parasit, hingga jamur,” ungkap Antonius.

Antonius R. Soelistyo, President Director ARS-Indonesia sedang membuktikan teknologi LIFESAVER BottleSelain teknologi penyaringan, Lifesaver Systems juga memiliki teknologi penyaringan karbon aktif yang mampu menyaring bahan kimia seperti residu, pestisida dan kandungan logam dalam air. Termasuk rasa tidak enak dan bau dari klorin serta belerang.

Tapi yang paling menarik adalah bagaimana sistem penyaringan di botol tersebut dapat dilakukan tanpa membutuhkan bahan  kimia, listrik, dan sinar UV. ”Teknologi milik Lifesaver Systems yang asal Inggris ini sudah terbukti dan mendapatkan sertifikasi dari London School of Hygiene and Tropical Medicine yang diakui oleh Amerika, Inggris, Australia, Eropa dan WHO,” tegas Antonius.

Menjawab Kebutuhan Air Bersih

Presiden Direktur ARS-Indonesia Antonius R. Soelistyo mengatakan bahwa kebutuhan air bersih di Indonesia sangat vital. Namun, menurut Antonius, akses untuk mendapatkan air bersih belum merata.

”Ada kalanya kita mengalami kesulitan mendapatkan air bersih ketika traveling, atau malah disaat ada bencana alam seperti banjir,” ungkapnya. Di momen seperti itulah, Lifesaver Bottle, seperti namanya, akan sangat berguna.

Pendiri dan Presiden Direktur Indonesia Water Institute Firdaus Ali bahkan menyebut bahwa krisis air tidak hanya terjadi di tingkat nasional, tapi juga jadi isu global. ”Ada tiga persolan besar yang dihadapi dunia, yakni water security, food security, dan energy security,” ungkapnya.

Dari ketiga persoalan tersebut, Firdaus menyebutkan, water security merupakan hal yang paling penting karena air tidak dapat digantikan dengan apapun

Karena krisis air bersih itu pula sebagian besar warga Indonesia terpaksa mengkonsumsi air yang tidak layak minum. Pada 2007, United States Agency for International Development (USAID) melaporkan bahwa hampir 100 persen sumber air minum di berbagai kota di Indonesia tercemar oleh bakteri E Coli dan Coliform.

”Dengan Lifesaver Bottle, pengguna cukup mengisi air ke dalam botol, pompa, kemudian air siap diminum,” ungkap Antonius. ”Botol ini diciptakan dan didesain khusus untuk penyediaan air sehat dan layak minum untuk kebutuhan sehari-hari, liburan, bahkan militer,” papar Antonius.

Produk botol Ultra filter portable Lifesaver Bottle didistribusikan secara eksklusif oleh PT Surya Prima Pharma melalui Advanced Regenerative System (ARS Indonesia). Termasuk produk lainnya seperti Lifesaver Cube, Lifesaver Jerrycan, serta Lifesaver C2. Botol yang memiliki kapasitas filtrasi hingga 6000 liter ini dijual seharga Rp3.850.000. Untuk sementara, pembelian dilakukan via online melalui situs ARS-Indonesia.

400641-LIFESAVER-Bottle


Fungsi Lifesaver Bottle

  • Menghasilkan 6000 liter air minum aman
  • Menampun dan menyaring air dari kali, genangan, dan selokan kotor
  • Tidak memerlukan listrik, tanpa bahan kimia.
  • Dilengkapi teknologi Failsafe
  • Ditemukan, didesain, dan dirancang di Inggris.
  • Menyaring bakteri, virus, kista, dan semua kuman yang ditularkan air.
  • Hanya tidak bisa digunakan pada air dengan alkohol dan air seni.

2012-11-23151509Cara Penggunaan:

  1. Mengisi air ke dalam botol
  2. Pompa
  3. Air siap diminum

lifesaver-bottle-technical-info2Keterangan Produk:

  • Tutup snap-fit kedap air.
  • Filter karbon aktif opsional
  • Tabung pompa
  • Kartrid UF yang dapat diganti
  • Kisi-kisi pelindung membran
  • Pegangan pompa dengan kunci putar
  • Corong minum tahan gigitan
  • Tali gantungan bisa dilepas
  • Membran ultra filtrasi 15 nm
  • Dasar anti selip

Harga: Rp3.850.000

Iklan