Honda Accord_astra bonardo 4Setidaknya ada tiga fitur Honda Sensing di New Honda Accord VTi-L ES yang dikenalkan di Jakarta, Rabu (3/6) silam. Fitur itu antara lain Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Lane Keeping Assist System (LKAS).

Honda Sensing merupakan upaya Honda untuk mengurangi risiko kecelakaan kecelakaan di produk mobil mereka. Targetnya, pada 2020 mendatang risiko kecelakaan bisa berkurang hingga 50%, menjadi nol pada 2030, dan benar-benar bisa dicegah pada 2040.

Teknologi Honda Sensing sendiri berupa sistem keamanan canggih yang menggunakan dua tipe sensor. Sensor pertama adalah Monocular Camera yang terpasang di bagian dalam kaca depan. Sedangkan sensor Millimeter Wave Radar dibenamkan di grill depan.

Fungsi kedua sesor tersebut adalah mendeteksi lingkungan eksternal serta membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Monucular Camera, misalnya, mampu mengidentifikasi atribut serta ukuran pejalan kaki berikut target objek lainnya dalam rentang jarak deteksi kurang lebih 60 meter di depan kendaraan.

Nah, setidaknya ada 3 fitur utama Honda Sensing yang dibenamkan pada New Honda Accord VTi-L ES.

ACC membantu mobil menjaga kecepatan dalam interval tertentu (misalnya di jalan kosong), sehingga pengemudi tidak ribet menaik-turunkan kecepatan. CMBS, dalam hal ini akan mengeluarkan suara jika akan terjadi benturan dengan kendaraan depan sambil mengerem otomatis jika dibutuhkan. LKAS sendiri akan memaksa tuas kemudi bergerak tetap di jalurnya jika mobil keluar jalur tanpa terlebih dulu tanpa mengaktifkan lampu sein.

”Honda Accord identik dengan kemewahan, prestise dan inovasi teknologi dari generasi ke generasi,” ungkap Presdir PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida. ”Kami kembali memberikan terobosan dalam desain dan teknologi di generasi kesembilan ini,” tambahnya.

New Honda Accord VTi-L ES dengan Honda Sensing ini hadir dalam empat pilihan warna, dan dibanderol mulai Rp650.000.000 (on the road Jabodetabek).

Di Indonesia, Accord telah terjual 79.336 unit sejak 1978 hingga April 2015 mendatang. Mobil tersebut terjual 1.724 unit pada 2013, 395 unit pada 2014, dan 270 unit sepanjang Januari-April 2015. Model tersebut bersaing dengan Nissan Teana, BMW Seri 3, Mazda6, serta Toyota Camry.

Tiga Fitur Honda Sensing:

Honda Accord_astra bonardo 3Adaptive Cruise Control (ACC)

Fungsi: membaca jarak kendaraan di depan, otomatis mengatur akselerasi atau deselerasi tanpa harus menginjak pedal untuk mempertahankan jarak aman.

Aktivasi: Tekan tombol MAIN, lalu tombol -/SET di setir. Fitur telah aktif jika ikon ACC muncul di Multi Information Display (MID). Transmisi di D atau S, kecepatan lebih dari 40 km/jam.

Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Fungsi: Memberi peringatan pengemudi bertahap ketika sistem mendeteksi potensi benturan di depan.

Aktivasi: berfungsi otomatis ketika  sensor radar memonitor ada kendaraan di depan dalam kecepatan diatas 15 km/jam.

Lane Keeping Assist System (LKAS)

Fungsi: Membantu kendaraan tetap berada di dalam jalur dengan mendeteksi marka jalan.

Aktivasi: Tekan tombol MAIN, lalu tombil LKAS di setir saat berada di dalam jalur.

Honda Accord_astra bonardo 6 Honda Accord_astra bonardo 2

Kompetitor:

Mazda6