zucker-800x400Dalam sebuah sesi Q&A di sebubah konferensi pers belum lama ini, seorang wartawan menanyakan hal ini kepada CEO Facebook Mark Zuckerberg: “Mark, mengapa Anda selalu memakai pakaian yang sama?”

Tentu saja pertanyaan itu sudah hinggap di benak banyak orang, tapi tidak ada yang pernah menanyakannya. Ya, mengapa pria berusia 30 tahun dengan kekayaan bersih hampir USD36,5 miliar (terhitung sejak April 2015) itu selalu mengenakan kaus berwarna abu-abu yang sama setiap hari?

Zuckerberg melirik COO Facebook Sheryl Sandberg yang tahu benar bahwa bosnya memiliki lebih dari satu “signature shirts”, dan kemudian menjawab seperti ini:

”Saya tidak ingin membuang energi untuk memutuskan pakaian mana yang harus saya kenakan setiap harinya. Saya ingin membersihkan diri saya dari keputusan itu, sehingga saya harus membuat lebih sedikit keputusan terhadap apapun kecuali bagaimana melayani masyarakat dengan Facebook,” katanya.

Dan ternyata Zuckerberg tidak sendiri. Mediang Steve Jobs, CEO Apple itu, bahkan terlebih dulu melakukan hal yang sama.

Presiden AS Barrack Obama mengatakan alasannya untuk menggunakan setelan abu-abu dan biru setiap hari adalah untuk mengurangi keputusa yang harus ia ambil sehari-hari. “Saya tidak ingin membuat keputusan tentang apa yang saya makan atau saya kenakan. Karena saya sudah memiliki terlalu banyak keputusan penting yang harus dibuat,” kata Obama.

Simplisitas adalah sesuatu yang dikejar oleh para CEO luar biasa yang setiap harinya harus mengambil keputusan-keputusan penting dan sulit. Mereka tidak mau diribetkan dengan sesuatu yang kecil. Namun, terus berfokus pada “big picture”. Filosofi kesederhanaan ini juga diadopsi oleh banyak sekali orang-orang sukses.

Penulis asal Amerika Henry David Thoreau pernah menyebut:

Our life is frittered away by detail.

…Simply, simplify.

Selain kesederhanaan, menggunakan baju “tradermark “ itu juga ternyata memiliki dampak besar jika dilihat dalam kacamata marketing. Seperti yang diungkap pakar branding William Arruda kepada Forbes. “Hal itu membuat Anda mudah diingat dan unik,” katanya.

Berikut adalah beberapa ciri khas dandanan dari Jobs dan Obama, serta beberapa orang sukses lainnya:

Steve Jobs

steve-jobs-holding-iphoneBaju turtleneck hitam, celana jins biru, dan sepatu sneaker New Balance

Barack Obama

Barack-Obama_2633659bJas warna biru atau abu-abu

Dean Kamen (penemu Segway)

IMG_7429Kemeja dan celana jins, sepatu boot

Karl Lagerfeld (Direktur Kreatif Chanel)

karllJas hitam, kemeja putih, kacamata hitam, sarung tangan

Christopher Nolan

christopher_nolan_104502277Jaket warna gelap, dan kemeja

Iklan