VP Xiaomi Global Hugo Barra bersama pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun saat mengenalkan Xiaomi Mi 4i di Siri Fort Auditorium, New Delhi, India, Kamis (23/4) silam. Peluncuran tersebut disambut antusias oleh 1.500an Mi Fans di India.
VP Xiaomi Global Hugo Barra bersama pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun saat mengenalkan Xiaomi Mi 4i di Siri Fort Auditorium, New Delhi, India, Kamis (23/4) silam. Peluncuran tersebut disambut antusias oleh 1.500an Mi Fans di India.

Memang ada alasan khusus mengapa Xiaomi memilih India untuk meluncurkan model flagship terbaru mereka, Xiaomi Mi 4i. Bukan hanya negara berpenduduk 1,2 miliar itu menjadi pasar terbesar kedua Xiaomi setelah China. Tapi, India memang berkontribusi besar terhadap pengembangan Mi 4i.

New Delhi sedang terik. Cuaca di siang hari bisa mencapai 38 derajat-40 derajat. Tapi, hal itu tidak menyurutkan Mi Fans—sebutan penggemar Xiaomi—untuk datang memadati Siri Fort Auditorium. Berkostum oranye bak supporter sepak bola, mereka datang untuk satu tujuan: melihat langsung peluncuran perangkat terbaru Xiaomi Mi 4i.

Rasanya saya belum pernah melihat antusiasme sebesar ini terhadap sebuah ponsel. Di Indonesia ada ribuan penggemar BlackBerry atau Samsung yang rela mengantre di mal. Tapi, mereka datang untuk membeli perangkat tersebut yang harganya jauh lebih murah. Nah, Mi 4i sendiri baru dijual di India pada 30 April 2015 nanti. Jadi, ribuan Mi Fans India itu rela mengantre berpanas-panas hanya untuk melihat peluncuran Mi 4i. Luar biasa.

Suasana disaat peluncuran pun tak kalah enerjik. Para fans menyambut VP Xiaomi Global Hugo Barra layaknya selebritis. ”I ingin melakukan selfie denganmu!,” teriak salah satu Mi Fans kepada Barra. Barra yang mantan VP Android Product Google itu juga tidak henti-hentinya memuji Mi Fans. ”Terima kasih telah kompak mengenakan kaus oranye. Seperti mengatakan i love u kepada Xiaomi,” tutur Barra.

Kontribusi India

Xiaomi Indonesia
Suasana peluncuran Xiaomi di India yang heboh.

Mi Fans India memang layak bangga terhadap Mi 4i. Selain beberapa fitur ponsel tersebut dirancang untuk kebutuhan warga India, negara tersebut juga memiliki kontribusi besar terhadap pengembangan Mi 4i. Karena itu, huruf “i” dibelakang Mi 4i konon berarti ”India”.

Chip octa-core Snapdragon 615 yang mentenagai Mi 4i, misalnya, dirancang sepenuhnya oleh Qualcomm India. Chip tersebut memiliki 4 core/inti yang rendah konsumsi daya di 1.1 GHz, serta 4 inti berperforma tinggi di 1.7 GHz. Perpaduan itu diklaim Barra membuat Mi 4i mampu digunakan hingga 1,5 hari namun tetap tangkas performanya.

Selain itu, MIUI 6 Mi 4i yang kini berbasis Android 5.0 Lollipop sudah mendukung 6 bahasa India sekaligus. Yakni Hindi, Bengali, Kannada, Telugu, Malayalam dan Tamil. Fungsinya tentu supaya Mi 4i dapat diakses lebih banyak warga India yang bahasanya sangat majemuk itu. Tahun lalu, Xiaomi mampu menjual 1 juta unit ponsel di India dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Tapi, fitur yang dirancang untuk memecahkan problem warga India adalah interactive voice response (IVR) yang di Indonesia lebih akrab disebut Pusat Layanan Telepon (Call Center). Layanan suara interaktif ini biasa diakses pengguna di Indonesia saat menghungi operator untuk mengecek pulsa atau menyampaikan keluhan.

IMG_20150423_171408-01Teknologi terbaru di Mi 4i adalah apa yang disebut visual IVR (VIVR). Dengan VIVR, secara otomatis menu yang ada di IVR akan muncul di ponsel. Jadi, pengguna tidak perlu menunggu suara selesai dibacakan. Menurut Barra, cara ini akan memangkas waktu mengakses IVR. Dalam demonya, Barra mencari jadwal kereta dalam waktu hanya 22 detik dari normalnya 77 detik. Bukan tidak mungkin pula fitur ini dapat diterapkan di Indonesia.

Banyak Fitur Baru

Mi 4i yang dibanderol Rs 12,999 atau Rp4 jutaan itu mulai dipasarkan di Indonesia pada Mei 2015 mendatang. Model flagship ini akan menjadi pilihan menarik, bersaing dengan Asus Zenfone 2 serta Lenovo P90 di kelas mid-end.

Hugo Barra menyebut Mi 4i seperti membeli sebuah mobil dengan varian paling mewah beserta semua aksesorisnya. ”Semua fitur Mi 4i diciptakan untuk great experience,” paparnya.

Desain unibodi dari sekeping polikarbonat terlihat elegan, terutama kombinasi layar hitam pekat dan kover belakang matte warna pastel seperti kuning, putih, merah mudah, serta biru muda. Tebal Mi 4i hanya 7,8 mm dan berat 130 gram.

Mi 4i memiliki baterai 3.120 mAh yag dilengkapi teknologi quick charge.

Layar 5 inci full HD 1080p (1920×1080 piksel) dan kerapatan 441 ppi dipadu dengan kamera 13 MP bersensor CMOS dan bukaan lensa f/2.0, serta tambahan software baru seperti Beautify, Selfie Timer, serta Amazing HDR. Kemera depan wide angle 5 MP memiliki f/1.8.

Prosesor Snapdragon 615 1.7GHz dan RAM 2 GB menjamin Mi 4i lincah. Kapasitas penyimpanannya 16 GB, serta kartu SIM 4G LTE ganda (1.800 dan 2.300 MHz) yang aktif sekaligus. Mi 4i juga menjadi ponsel pertama dengan MIUI 6 yang berbasis pada Android Lolipop.

Xiaomi Mi 4i - 4

Iklan