Action camera
Action camera

Semakin banyak penggiat kegiatan outdoor seperti traveling, diving, touring, bahkan pecinta drone atau aeromodeling memiliki action camera sebagai alat bantu mengabadikan momen. Tapi, tidak semua kamera tahan banting itu harus ditebus dengan harga mahal.

Ada banyak alasan mengapa action camera digemari. Mulai bentuknya yang ringkas, sudut pengambilan gambar lebar untuk merekam foto atau video, hingga ketahanannya terhadap air atau benturan.

Walau nama action camera identik dengan GoPro, namun pasarnya yang semakin melebar membuat distributor menghadirkan berbagai alternatif untuk konsumen yang kebutuhannya juga beragam. Terutama mereka yang bujetnya pas-pasan. Maklum, harga GoPro Hero 4 yang mencapai Rp7,9 jutaan relatif mahal untuk sebagian orang.

Nah, ternyata banyak sekali brand action camera yang ada dipasar dengan harga jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang sudah sangat baik. Misalnya saja Xiaomi Yi yang ditawarkan mulai Rp1,3 jutaan. Banyak yang memuji dan menyamakan kualitas Yi dengan GoPro Hero 3+ yang harganya 4x lebih mahal.

Pendiri komunitas SJCam Dian Otosoma mengatakan, penggemar kamera pesaing GoPro itu di Indonesia sangat banyak walaupun SJCam belum memiliki distributor resmi di Indonesia. Selain harganya terjangkau, menurut Dian kualitas yang dihasilkan SJCam tidak kalah dengan GoPro.

”Pecinta SJCam sebagian besar adalah mahasiswa dengan bujet terbatas yang hobi traveling, tapi ingin mengabadikan momen lewat action camera,” ungkap Dian. ”Soal hasil, toh nantinya juga akan di-edit juga jika memang diperlukan,” tambahnya.

Selain itu, SJCam juga banyak dipakai juga oleh penggemar drone atau quadcopter. ”Wahana terbang riskan jatuh atau crash yang tentu dapat merusak kamera yang dipasang. Nah, ada yang menggunakan SJCam karena harganya relatif murah. Jadi, mereka tidak takut jika sewaktu-waktu drone jatuh dan berakibat fatal pada kamera,” paparnya.

Selebihnya, pengguna SJCam adalah pecinta motor untuk touring yang memanfaatkan kamera tersebut dipasang di helm atau setir motor, hingga pehobi diving atau snorkeling untuk mengabadikan keindahan bawah laut.

Arief Rahman, alumni Institut Teknologi Bandung yang pecinta diving adalah salah satu contohnya. Ia sudah memakai SJCam sejak 2014. ”Walau warna yang dihasilkan tidak sebaik GoPro, tapi fungsi lainnya relatif sama. Misalnya tahan benturan dan bisa dibawa menyelam,” paparnya.

Kamera SJ4000 dibelinya hanya Rp1 jutaan. ”Sampai sekarang masih awet. Padahal setiap hari saya bawa pergi. Beberapa teman malah menyangka jika gambar yang saya posting di sosial media menggunakan GoPro. Padahal hanya SJCam,” ujar Arief sambil tertawa.

Action camera dengan harga terjangkau diminati karena fungsinya tidak terlalu berbeda jauh dengan model seperti GoPro yang banderol harganya bisa 5 kali-7 kali lebih mahal.


Varian Action Cam Terjangkau:

SJCam SJ5000
Rp2,5 jutaan

sjcam sj5000
sjcam sj5000

Cocok sebagai pendamping atau alternatif GoPro. Menggunakan sensor CMOS, kamera Panasonic 16 MP, serta mampu merekam video 1080p di 60 frame per detik, tahan hingga kedalaman 30 meter dibawah air. Hati-hati terhadap SJCam palsu. Yang asli memakai chip Novatek.

Xiaomi Yi
Rp1,3 juta-Rp1,6 juta

Action camera Xoami Yi
Action camera Xoami Yi

Xiaomi Yi bisa jadi pilihan lewat harga terjangkau, tapi fitur mumpuni. Menggunakan sensor gambar Exmor R CMOS milik Sony, serta kamera 16 MP yang mampu merekam video 1080p pada 60 frame per detik. Xi dibakali memori internal 64 GB, serta bisa dibawa menyelam hingga 40 meter.

HTC RE
Rp3 jutaan

HTC re
HTC re

Kamera dengan desain yang unik, seperti pipa berbentuk huruf L. Menggunakan kamera 16 MP, kemampuan rekam video 1080p, suduh pengambilan gambar 146 derajat, serta tahan air. Pilih HTC RE jika ingin kamera yang berbentuk unik dan menonjol.

Polaroid Cube
Rp1,4 jutaan

polaroid
polaroid

Bentuknya persegi, dengan sudut tumpul berlapis karet yang berfungsi meredam benturan. Tingginya 35 mm, sudut pandang 124 derajat, serta foto beresolusi 6 MP. Casing anti air bisa membuat Cube dibawa menyelam 10 meter. Dengan keunikan bentuknya, Cube jelas akan menonjol.

Iklan