Juara 1”Jika Anda hanya duduk dirumah, tidak akan terjadi apa-apa. Karena itu saya selalu membawa kamera kemana pun, memotret apapun yang menurut saya menarik saat itu,” demikian ungkapan fotografer legendaris Elliott Erwitt asal Prancis.

Erwitt yang dikenal sebagai master fotografi candid hitam putih itu menganggap dunia sebagai kanvas. Karena itu, seorang fotografer harus membawa kameranya kemanapun. Sehingga jika ada kejadian menarik, ia bisa langsung mengabadikannya.

Ketika kualitas kamera smartphone sudah demikian canggihnya hingga sudah setara dengan kamera digital, maka pengguna smartphone sudah membawa ”kamera” kemanapun ia pergi. Artinya, mereka lebih terbuka untuk menangkap momen dan menuangkan foto dalam sebuah ”kanvas”.

Itulah sebabnya, foto kategori “Mobile Phone” dari penghargaan Sony World Photography Awards 2015 justru paling diminati dibandingkan kategori lainnya, seperti kategori Youth (Anak Muda) dan Open (Umum).

Total ada 10,200 foto yang diikutsertakan di Sony World Photography Awards 2015. Pemenangnya \ dipilih langsung lewat online, dikerucutkan menjadi hanya 20 foto. Pemenang terbaik, menurut Sony, mendapat 6,718 suara.

Pada intinya, ajang seperti Sony World Photography Awards 2015 ini membuktikan bahwa dengan ponsel di tangan, Anda memiliki kans yang sama untuk menghasilkan karya foto menarik dan menjadi bagian dari ajang seperti Sony World Photography Awards 2015 ini. Ingin tahu siapa saja pemenangnya?

FOTO-FOTO DOK: Sony World Photography Awards 2015

OLGA Rusia NUNO Juara 3 Juara 2 HELEN WEATON Emmanuel EQUADOR HAMED NAZARI

Iklan