dji-inspire-1-drone-bh1Pesawat tanpa awak atau drone memang sedang jadi tren. Komunitasnya bermunculan, karya-karya foto maupun videonya semakin banyak ditemukan di jejaring sosial seperti YouTube, Facebook, dan Instagram.

Memang ada banyak sekali varian drone yang bisa dibeli. Mulai dari keluaran DJI yang sangat populer dan paling banyak dipakai untuk para videografer, hingga vendor lain seperti Team Black Sheep (TBS) atau Parrot Bebop Drone. Nah, berikut ini adalah sejumlah drone yang paling cool, dan sudah bisa dibeli di Indonesia.

Sehingga Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran perangkat seperti apa drone yang dipakai oleh pehobi ataupun profesional di Indonesia. Ya, semua drone ini bisa dibeli di Indonesia baik melalui toko RC resmi ataupun toko online.

DJI Inspire One

DJI Inspire One adalah produk flagship DJI, pabrikan drone asal China itu. Dirancang untuk profesional, dengan tampilan futuristik. Bodinya bisa bermetamorfosis saat terbang. Kameranya mampu merekam video 4K dalam 30 fps, dengan field of view 94 derajat. Ada juga remote dual stick yang mengontrol drone dan gimbal di kameranya secara terpisah.

Rp36 juta-Rp50 jutaan

dji-phantom-vision-plus-v3.0-[5]-1389-pThe DJI Phantom Vision 2+ ver 3

Inilah versi Phantom terbaru yang siap terbang tanpa ribet. Di dalamnya sudah ada kamera 14 MP f2.8, dengan sensor CMOS 1/2.3 inci dan gimbal 3 axis. Video dapat direkam dalam 1080p di 30fpsdan 720p di 60 fps. Sedangkan pengguna dapat menjadikan smartphone mereka sebagai sistem first person view (FPV) melalui wi-fi extender.

Rp16 juta-Rp17 juta

TBS GEminiTBS Gemini FPV Racer

TBS Gemini adalah multirotor yang didesain khusus untuk balapan. Ukurannya kecil dengan kanopi yang aerodinamis, komponennya modular (dapat dibongkar pasang), sudah dilengkapi kamera untuk sistem FPV (opsional kamera Mobius).

Rp8.352.000-Rp12.000.000 (dengan sistem FPV)

Skycontroller_packshot_REDParrot Bebop Drone

Parrot asal Prancis sudah terjun ke pasar drone lewat A.R Drone sejak 2010. Bebop, adalah produk flagship mereka saat ini. Ukurannya mungil, bisa terbang cepat. Kamera 14 MP memiliki lensa fish eye 180 derajat, gimbal 3 axis, dan dapat merekam video HD. Skycontroller mempermudah pengguna mengontrol drone lewat handle dan joystick, serta menambah jarak kendali dari 300 meter jadi 2 kilometer.

Rp10 juta dan Rp19 juta (dengan Skycontroller)

Ghost DroneEHang Ghost Quadcopter Drone

Drone ini dipamerkan di CES 2015 silam. Fitur uniknya adalah auto-follow, yang bisa mengikuti gerak pemiliknya secara otomatis. Waktu terbangnya diklaim 23 menit lewat baterai Li-Polymer 5.400 mAh. Drone ini juga dapat mengangkat kamera GoPro Hero 4 dengan mudah.

Rp12 juta

3D iris +3dr IRIS+

Inilah drone cerdas. Karena bisa terbang otonom untuk merekam video atau mengambil foto sesuai perintah penggunanya melalui komputer. Tapi, bisa juga terbang manual lewat moda 3PV Follow Me yang membuat drone tersebut akan mengikuti Anda. Waktu terbangnya 16 menit, sudah termasuk gimbal 2 axis untuk kameranya.

Rp15.000.000

Zano With App_0Zano Drone

Zano diciptakan khusus untuk ini: selfie. Begitu dinyalakan dan terkoneksi dengan smartphone, ia akan terbang dan mengambil gambar selfie/wefie dari penggunanya. Dengan Zano, tongsis serasa jadul.

Rp4.600.000

Iklan