A Moto 360 smartwatch is seen in this Motorola Mobility LLC handout imageBagaimana seharusnya jam tangan pintar itu dirancang dan berfungsi? Para engineer dan desainer punya banyak intepretasi. Ada yang berhasil, banyak pula yang gagal.

Will.i.Am, personel Black Eye Peas, itu pernah merilis Puls. Puls adalah smartwatch berdesain futuristik, dikendalikan dengan asisten suara (bernama AneedA), serta berfungsi sebagai ponsel untuk melakukan panggilan telepon dan SMS. Tapi, Puls gagal karena punya banyak kekurangan. Antara lain desain besar dan terlalu aneh, layar terlalu sensitif, hingga daya tahan baterai hanya beberapa jam saja.

Simon Tian, 20, punya ide gila lewat smartwatch Neptune. Ia ingin merubah formula smartwatch sebagai pelengkap ponsel. Dalam bayangannya, smartwatch bisa berdiri sendiri. Bahkan, pengguna tidak perlu lagi memakai ponsel. Karena semua fitur ponsel ada pada Neptune, yakni prosesor quad-core, 4G, Bluetooth, wi-fi, GPS, dan NFC.

Sementara konsep Tian ini masih harus dibuktikan terlebih dulu, raksasa teknologi seperti Samsung, LG, Motorola, dan Sony sudah mematangkan masakan smartwatch mereka untuk dapat dikonsumsi di pasar.

LG G Watch R, Asus ZenWatch, Motorola Moto 360, Sony Smartwatch 3, serta Samsung Gear S adalah produk smartwatch paling update dan sudah dijual resmi di pasaran kendati tidak semuanya diluncurkan resmi di Indonesia. Apa saja jam tangan pintar yang bisa dibeli di Indonesia bisa dilihat di infografis.

Dan memang ada sejumlah alasan mengapa tahun ini hampir pasti segmen pasar yang paling seksi beralih dari smartphone ke smartwatch.

Alasan pertama adalah platform Android Wear yang semakin matang. Tahun ini Google akan terus memperbaiki sistem operasi khusus untuk smartwatch tersebut agar semakin mudah dipakai oleh konsumen dan semakin gampang digunakan developer. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana OS tersebut dapat mengoptimalisasi hardware yang ada.

Faktor kedua adalah banyaknya pendatang baru di segmen smartwatch. Mulanya mungkin hanya sebatas LG, Sony, Samsung, dan Motorola. Tapi, Huawei sudah masuk. Berikutnya, entah siapa lagi. Dan yang lebih penting kehadiran produk baru ini juga memperbaiki kekurangan model yang sebelumnya, misalnya baterai yang tidak tahan lama, menambah fitur baru, atau bahkan desain/form factor yagn semakin revolusioner.

Alasan ketiga adalah titik tolak dari ketertarikan konsumen terhadap smartwatch. Yakni, ditandai dengan dirilisnya Apple Watch. Inilah produk yang akan membawa kategori smartwatch ke pasar mainstream. Apple Watch akan membuat jam tangan pintar menjadi kaegori yang seksi, seperti yang dilakukan Apple lewat iPhone, iPad, serta iPod.

Alasan keempat adalah meningkatnya dukungan developer. Karena produsen siap mengapalkan jutaan smartwatch, konsumen siap membeli, maka developer akan rugi jika mengabaikan pasar baru ini. Karena itu sejak sekarang pun mereka sudah menyiapkan berbagai aplikasi yang dirancang di smartwatch.

Jadi, smartwatch nanti tidak akan memiliki fungsi ”basic” seperti melihat notifikasi. Melainkan dapat melakukan berbagai fungsi seperti bermain game, mengakses jejaring sosial, navigasi, hingga menjalakan berbagai aplikasi berguna. Bahkan, bukan tidak mungkin nantinya ada peralihan tren dimana pengguna akan lebih banyak menghabiskan waktunya melihat layar smartwatch dibandingkan layar ponsel.

Pada intinya, smartwatch akan menjadi kategori yang sudah seharusnya ditunggu-tunggu. Melalu smartwatch lah kategori wearable akan semakin banyak diadopsi oleh masyarakat umum. Bagaimana fungsi, desain, dan optimalisasi kegunaan smartwatch sendiri masih terbuka lebar. Jadi, jangan heran jika ada yang menyebut 2015 sebagai tahunnya smartwatch dan perangkat tersebut berubah fungsi dari aksesori fashion opsional menjadi sesuatu yang wajib.

Berikut ini berbagai smartwatch yang bisa dibeli di Indonesia:

cookoo-2-smartwatchCookoo 2 Urban Explorer

Rp1.878.000

SpeedUp SmartwatchSpeedUp Smartwatch

Rp1.299.000

Pebble SteelPeeble Steel Smartwatch

Rp3.250.000

Samsung Gear SSamsung R750 Gear S

Rp3.449.000

motorola-moto-360-slim-gold-1979-737228-1-zoomMotorola Moto 360 Slim Gold

Rp5.399.000

samsung-gear-2-neo-wild-orange-5241-619197-1-zoomSamsung Gear 2 Neo

Rp2.299.000

sony-smartwatch-2-rubber-bca-klikpay-promo-1868-325644-1-zoomSony Smartwatch 2

RP 1.650.000

Iklan