Jasa-3D-Printing-IndonesiaAdditive Manufacturing (AM) memang berbeda dengan proses umum subtraktif seperti memotong atau mengebor untuk membuat sebuah produk. Proses aditif akan menambahkan lapisan material untuk membuat sebuah produk tertentu.

Proses ini dapat diadopsi untuk berbagai sektor industri. Mulai automotif, kesehatan, bahkan makanan. Meski, penetrasinya memang sedikit lambat karena beberapa hal. Misalnya mesin cetak 3D yang harganya mulai puluhan hingga ratusan juta, juga keterbatasan yang desainer yang dapat membuat obyek lewat Computer Aided Design (CAD). 3D printer butuh file berformat STL dari CAD sebelum bisa mencetak. Nah berikut adalah berbagai hal yang perlu diketahui tentang 3D Printer.

Teknik 3D Printing:

DOOB1Stereolithography (SLA)

Menambahkan layer pada bahan photopolymer menuju keatas. Material yang berupa cairan akan mengeras terkena sinar ultraviolet.

Digital Light Processing (DLP)

Sama dengan SLA. Bedanya, sebagian cairan yang disinari akan mengeras dan tenggelam kebawah dan menaikkan cairan selanjutnya.

Selective Laser Sintering (SLS)

Menggabungkan berbagai material, seperti plastik, gelas, keramik, dan metal menjadi bentuk 3D.

Electron Beam Melting (EBM)

Proses 3D Printing untuk bahan logam. Objek yang dibuat dengan teknik ini sangat kuat.

Multi Jet Modelling (MJM)

Cara kerjanya serupa inkjet printer. Efektif karena mendukung banyak warna.

Fused Deposition Modelling (FDM)

Menggunakan nozzle yang dipanaskan dan akan melelehkan bahan seperti plastik pada hasil outputnya.

Produk dari 3D Printing

  1. Peralatan Rumah Tangga

Misalnya membentuk gelas, mangkung, nampan, sesuai dengan imajinasi.

  1. Komponen penyusun Mobil

Suku cadang tertentu yang mungkin sudah tidak diproduksi lagi atau sulit di dapatkan bisa dicetak.

  1. Bagian Tubuh Manusia

Sedang diujicoba oleh bidang kedokteran untuk organ dalam. Beberapa yang sudah dipakai misalnya pengganti kaki atau tangan.

  1. Makanan

Sejumlah printer bisa mencetak makanan. Ini penting, misalnya untuk astronot diluar angkasa yang sulit membuat makanan.

  1. Kebutuhan Spesifik

Misalnya membuat produk kustom seperti cetak biro mobil untuk mengecek tampilan dan kesesuaian sebelum diproduksi.

Perusahaan 3D Printing Terpopuler

3d_systems3D Systems

Inilah salah satu pemain terbesar di printer 3D. Model tercanggih mereka, CubeX, mampu mencetak obyek yang sangat besar dalam tiga warna dan dua jenis plastik. Pada 2011, revenue mereka mencapai USD230 juta.

afiniaAfinia

Berbasis di Amerika, Afinia adalah licensee dari Delta Micro Factory asal China. Mulanya mereka hanya menjadi distributor dari printer UP! Di AS. Hingga akhirnya perusahaan tersebut membuat sendiri model H-Series yang bisa mencetak dengan resolusi 150 micron dengan harga USD1,499.

formlabsFormLabs

FormLabs populer lewat kampanye mereka di Kickstarter.com. Produk andalan mereka adalah Form1, yang ditujukan untuk UKM atau konsumen biasa. Dibandingkan model lain, tampilan Form1 termasuk yang paling cantik.

makerbotMakerBot

Salah satu produsen printer 3D paling populer di dunia. Model Replicator 2X termasuk yang terbaik diantara 3D printer di pasar.

stratasys_610x407Stratasys

Stratasys adalah perusahaan 3D printer yang benar-benar besar. Mereka telah mendesain 3D printer untuk kebutuhan pabrik, yang bisa mencetak keramik, emas, titanium, dan berbagai material lainnya.

Mencetak 3D Selfie

DOOB3DOOB 3D, perusahaan asal Dusseldorf, punya ide unik. Merekalah satu-satunya perusahaan yang memungkinkan konsumen untuk mencetak versi mini dari diri mereka sendiri. Namanya, 3-D selfie.

Tentu saja sangat sulit dan butuh waktu lama untuk membuat rancangan manusia lewat Computer Aided Design (CAD). Karena itu, DOOB 3D mengembangkan software yang untuk memindai tubuh konsumennya lewat gambar. Caranya, menggunakan 54 DSLR, 54 lensa, software 3D, serta 3D printer warna seharga USD80.000.

54 kamera itu ditembakkan sekaligus untuk melakukan pemindaian seluruh tubuh. Prosesnya tidak sampai semenit. Selanjutnya tinggal sabar menunggu. Sebab, printer tersebut hanya bisa mencetak 1.1 inci per jam. Sehingga butuh beberapa jam untuk ukuran 4 inci dan lebih dari setengah hari untuk yang lebih besar dari itu.

Harga untuk sebuah replika diri seukuran 4 inci adalah USD95. 4 inci memang kecil. Seukuran action figure Starw Wars yang biasa ditemukan di toko mainan. Tapi, kalau ingin lebih besar (seukuran boneka Berbie), bisa memilih paket 10 inci seharga USD395. Adapun untuk ukuran terbesar adalah 14 inci dengan banderol USD695.

Mereka memiliki booth untuk memindai di beberapa kota. Yakni Tokyo, Jepang, Santa Monica, LA, New York, dan beberapa lokasi lainnya. Inilah salah satu contok unik dan menarik pemanfaatan 3D printer.

Iklan