Timelapse (2)Inilah teknik video pada smartphone yang tidak akan pernah membosankan: timelapse. Pembuatannya memang sedikit sulit dan butuh kesabaran. Namun, itu semua terbayar dengan hasil yang selalu unik dan tidak terduga.

Timelapse dapat didefinisikan sebagai video yang dibuat dari sekumpulan foto (still photos) yang diabadikan dalam periode waktu/interval tertentu dan beraturan, yang bertujuan untuk menggambarkan perubahan pada sebuah obyek.

Perubahan itu bisa matahari yang sedang terbit atau terbenam, pergerakan bintang di langit, proses pembangunan gedung, atau pergerakan dinamis sebuah kota. Kemungkinannya tidak berujung!

Teknik timelapse ini semakin banyak diadopsi sejak kehadiran DSLR yang memungkinkan mengambil foto diam dalam interval tertentu. Dengan semakin hebatnya kualitas kamera smartphone, maka timelapse pun bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dengan obyek apa saja.

Aplikasi di smartphone membuat mudah melakukan timelapse karena menyadiakan dua fungsi sekaligus: memotret dan mengedit/merender. Beda dengan DSLR yang harus merender hasil foto di aplikasi seperti Adobe Premiere.

Nah, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat timelapse? Pertama, smartphone. Bisa menggunakan model apa saja selama kualitas kameranya cukup baik. Pilih menu simpan hasil foto ke SD Card untuk menghindari memori internal kepenuhan. Ingat, sebuah video timelapse bisa terdiri dari 1.000 foto! Memori besar adalah wajib.

Kedua, Tripod. Perangkat wajib, karena proses pengambilan video bisa memakan waktu berjam-jam. Inilah penyangga smartphone agar tetap stabil. Ketiga, aplikasi. Ada beberapa yang bisa dipilih. Keempat, Power Bank yang berfungsi sebagai backup seandainya baterai di smartphone mulai menipis. Terakhir, adalah pengusir bosan. Karena bisa memakan waktu berjam-jam, bawa perangkat pengusir bosan seperti MP3, buku, atau snack.

Bagaimana Membuat Timelapse?

  1. Cari lokasi yang pas, dan posisikan tripod, smartphone, pada angle yang tepat. Terutama jika posisi obyeknya bisa berubah seperti matahari terbit.
  2. Buka aplikasi timelapse. Kemudian atur berapa interval frame per detiknya. Contoh: lama waktu 15 menit dengan interval 5 detik setiap foto untuk obyek yang memiliki pergerakan relatif cepat. Kuncinya, jika obyek bergerak cepat, maka percepat juga intervalnya.
  3. Pasang fokus “auto”, dan tentukan resolusi 720 atau 1080. Atur frame per detik-nya 30 fps atau 24 fps. Pilih menu layar “off” jika ada untuk menghemat baterai.
  4. Setelah selesai, tinggal potong, tambahkan efek (jika perlu), musik, atur kecepatan agar hasilnya smooth, dan mulai merender. Silahkan share hasilnya ke sosial media dan buat kagum teman atau saudara!

Aplikasi Timelapse:

HyperlapseInstagram Hyperlapse

Bagian dari fitur Instagram untuk iOS. Selain mudah sekali membuat timelapse, juga sudah memiliki kemampuan penstabil gambar untuk meminimalisir goncangan dan membuat video timelapse lebih sinematik.

Lapse_It_Pro_Android-660x366Lapse It Pro

Ada versi gratisnya. Tapi, konversi file-nya dibatasi resolusi kecil. Jika serius, beli versi “pro” dari Lapse It. Aplikasi ini memiliki banyak sekali pilihan untuk membuat kustomisasi timelapse.

FramelapseFramelapse

Aplikasi gratis dan sangat bisa diandalkan untuk membuat video timelapse. Tidak selengkap Lapse It Pro, tapi sudah mumpuni untuk membuat video timelapse berkualitas sangat baik dengan konversi hingga 1080p.

maxresdefaultiMotion

Aplikasi di App Store yang sangat solid dan mudah, dengan banyak sekali fitur kustomisasi untuk editing. Termasuk untuk mengunci bukaan dan white balance untuk menghindari hasil warna atau cahaya yang jomplang.

Iklan