Cheerson CX-10Quadcopter atau multirotor ada dimana saja. Di perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2015, di acara seperti Djakarta Warehouse Project (DWP), bahkan di Car Free Day bundaran HI Minggu pagi. Pesawat tanpa awak yang dikendalikan oleh remote control ini memang sedang tren.

Tapi, jika ingin mencobanya, Anda tidak harus membeli DJI Phantom yang harganya mencapai lebih dari Rp10 juta. Sebab, ada banyak sekali di pasaran berbagai model quadcopter dengan harga terjangkau, bahkan memiliki ukuran yang ekstra mungil.

Ya, quadcopter mini punya banyak sekali keuntungan. Mudah dibawa-bawa, lebih cepat di-charge ulang, bisa dimainkan di dalam rumah, dan rata-rata cukup awet ketika terjatuh atau terbentur. Cocok bagi mereka yang ingin mulai mengenal atau mencoba memainkan multirotor.

Jangkauan kendali quadcopter nano umumnya dibawah 40 meter. Ukurannya tidak lebih besar dari kepalan tangan. Tapi, motornya cukup kuat untuk diajak bermanuver dan menjelajahi udara. Untuk waktu tebang, rata-rata dibawah 10 menit.

Nah, berikut ini adalah beberapa model quadcopter yang bisa dibeli di marketplace seperti Bukalapak.com dan Tokopedia.com, atau bahkan gerai radio control yang ada di mal.

Cheerson CX-10 2Cheerson CX-10

Cheerson CX-10 populer karena dikenal bandel dan tidak mudah rusak. RC mungil ini sudah dilengkapi Gyro 6 axis, serta menggunakan 4 channel di frekuensi 2.4 GHz. Fungsinya bisa maju, mundur, belok kiri dan kanan, naik turun, berputar 360 derajat, serta berbalik.

Harga: Rp300 ribu-Rp400 ribu.

SymaSyma X12 Nano

Syma X12 Nano memiliki Gyro 6 Axis untuk membuatnya terbang stabil, dapat berputar 360 derajat terus menerus, desain mini, dan kecepatan terbang yang sangat baik. Sudah ada pula lampu LED, memberikan sensasi beda saat terbang dalam keadaan gelap.

Harga: Rp300 ribu-Rp400 ribu.

Hubsan Q4 Nano Quadcopter 6Hubsan Q4 Nano

Ada alasan mengapa Hubsan Q4 Nano lebih mahal. Quadcopter ini memiliki desain lebih stylish, sudah dilengkapi lampu LED, berat yang hanya 11.5 gram, baterai 100 mAh, motor bertenaga, serta kabel charger USB. Proses charge-nya hanya 10 menit, dibandingkan model lain yang 1 jam.

Harga: Rp500 ribu-Rp800 ribu

WL Toys 272WlToys V272 Velocity Nano

WlToys V272 Velocity Nano memiliki dimensi antar rotor hanya 4,5 cm, serta Gyro 6 Axis untuk melakukan gerakan seperti rolling atau double flipping. Transmitter-nya besar dan ergonomis, dilengkapi LCD, mudah sekali dipakai. Waktu terbangnya sekitar 4 menit-5 menit dengan jangkauan 40 meter.  

Harga: Rp450 ribu.

Iklan