US-IT-INTERNET-SOFTWARE-MICROSOFT-HOLOGRAMBeberapa tahun lalu kami bertanya, bisakah kami membuat teknologi lebih manusiawi? Bisakah Windows membuat kehidupan digital lebih bermanfaat, dengan meleburnya ke dalam kehidupan nyata?

Teknologi selalu berubah. Kita mengenal kibor, yang kini berubah jadi sentuhan. Di setiap perubahan dalam input maupun output itu tujuannya sama: membuat teknologi jadi lebih personal. Juga mempersempit jarak antara manusia dan teknologi.

Dan sekarang ada lompatan baru di bidang teknologi hadir lewat teknologi yang disebut holografi. Teknologi holografi tidak berupaya membuat Anda masuk ke dalam dunia virtual seperti yang dilakukan virtual reality. Sebaliknya, hologram berupaya membawa teknologi melebur ke dunia nyata lewat apa yang disebut dengan holografi.

Jika kita amati, manusia terus menerus memproses informasi berukuran terrabyte (TB) dari lingkungan sekitarnya. Nah, sekarang bayangkan jika ada teknologi yang dapat merasa, serta memproses berbagai input dari lingkungan sekitar kita, sehingga kita bisa melihat dunia dari sudut pandang kita.

Hal itu dapat dicapai lewat teknologi holografi. Inilah cara baru untuk berkomunikasi, mencipta, dan mengeksplorasi. Inilah mimpi kami.

Bayangkan seorang teknisi yang memperbaiki mesin dengan mengikuti instruksi yang ada didepan matanya. Bayangkan arsitek berjalan di proyek sambil membawa desainnya, sementara kliennya sedang melihatnya di tempat terpisah. Bayangkan dokter bedah mengoperasi tanpa perlu memegang pisau bedah. Atau, bayangkan jika ruang keluarga Anda berubah menjadi dunia game yang luar biasa.

Mungkin ide ini gila, bahkan sepintas tidak mungkin. Tapi, di dalam software, tidak ada yang tidak mungkin. Hologram, pada akhirnya bisa jadi bagian dari kehidupan kita saat ini.

Komputasi holografi yang ada di Windows 10 terbaru memiliki application programming interface (API) holografi di setiap perangkatnya. Karena itu kami mengundang para developer untuk beramai-ramai merancang aplikasi hologram.

Tentu kami juga sadar bahwa sofware saja tidak akan cukup. Karena itu, kami memperkenalkan hardware yang disebut Microsoft HoloLens. Yakni, komputer holografi pertama di dunia. Melalui perangkat inilah kita bisa melihat hologram di dunia dan kehidupan kita. Perangkat tersebut dapat memproses informasi yang jumlahnya terrabyte secara realtime (seketika) tanpa kabel, tanpa perlu koneksi ke PC. Inilah langkah awal untuk memasuki dunia holografi.

Tapi, hologram bukanlah teknologi yang hanya dikonsumsi oleh para developer kreatif yang membuat aplikasi holografi. Hologram juga dapat mengentas kreativitas dalam diri kita.

Ingat pertama kalinya kita menggunakan aplikasi Paint atau Solitaire di komputer, dan untuk pertama kalinya mulai membiasakan diri dengan mouse dan kibor? Dengan lansekap yang sama itulah kami lantas menciptakan aplikasi dengan nama HoloStudio. Inilah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat rancang bangun 3D dengan hologram, lantas mencetaknya melalui 3D Printer. Hologram adalah masa depan.

* Disarikan dari keynote dalam peluncuran Windows 10 belum lama ini.

Iklan