XL 4G LTE_3Sudah ada 260 operator dari 130 negara di dunia yang telah mengkomersialkan konektivitas jaringan telekomunikasi generasi keempat (4G) berbasis Long Term Evolution (LTE). Karena itu, LTE adalah keniscayaan. Nah, mulai Desember 2014, pelanggan operator seluler bisa mulai menyesap layanan 4G LTE dari operator yang sudah mengantongi ILO (ijin layan operasi) dan siap mengkomersialkan layanan tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Telkomsel

Operator seluler dengan 140 juta pelanggan, Telkomsel, berencana merilis layanan 4G LTE di dua kota sekaligus pada Desember 2014. Yakni Jakarta dan Bali. Telkomsel telah menyiapkan 110 BTS 4G LTE dan 76 BTS 4G LTE di Bali, dan akan terus bertambah di kota-kota seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, hingga Manado yang pengguna datanya dinilai tinggi.

XL Axiata

Akhir Oktober 2014 silam XL Axiata curi start dengan menggelar layanan trial 4G LTE di sejumlah kawasan seperti mal seperti Kota Kasablanka, Euphoria Lounge, Senayan City dan Central Park. Pengguna XL sudah bisa langsung merasakan kecepatan layanan 4G LTE yang saat diujicoba mampu menembus 100 Mbps.

Indosat

Dalam perayaan ulang tahun ke-47 pada Kamis (20/11) silam, Indosat mengumumkan uji coba layanan seluler 4G LTE secara terbatas di spektrum 900 MHz. Layanan 4G LTE mereka diklaim sudah siap digunakan di 23 kota. Kendati secara infrastruktur jaringan sudah siap, namun izin trial hanya digelar di lingkup internal gedung Indosat.

Tentang 4G/LTE di Indonesia

Kartu Baru

Pengguna harus mengganti kartu SIM lama mereka atau membeli kartu baru untuk bisa menggunakan layanan 4G LTE.

Kecepatan Realita

Walau operator mengklaim ujicoba 4G LTE bisa lebih dari 100 Mbps, tapi nanti kecepatan riil yang akan di dapat oleh konsumen berada di angka belasan Mbps (tergantung lokasi dan kepadatan pengguna). Tapi, ini jadi peningkatan besar dibanding 3G.

Bertahap

Layanan 4G LTE akan digelar oleh operator secara bertahap. Diawali dari kota-kota besar terlebih dulu yang dinilai memiliki pengguna data tinggi. Jakarta, jaringan 4G LTE dapat diakses di area-area penting seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, serta kantor-kantor pemerintahan.

Kesiapan Handset

Walau jaringan 4G LTE sudah tersedia, tapi hanya bisa digunakan oleh handset yang memang sudah mendukung 4G. Faktanya, saat ini masuh terbatas.

Beberapa model smartphone keluaran Sony sudah mendukung, sedangkan Samsung sama sekali tidak ada. Tapi, tahun depan diperkirakan smartphone 4G akan semakin banyak. Operator juga akan terus melakukan bundling dengan vendor untuk meningkatkan adopsi 4G LTE.

Karakter Pengguna

Dari 140 juta pelanggan Telkomsel, hanya 70 juta orang yang aktif menggunakan layanan data. Sementara pengguna smartphone baru 30 juta saja. Seandainya 5% tidak aktif, artinya ada 27 juta orang atau hampir 20% dari seluruh pelanggan Telkomsel siap menggunakan layanan 4G LTE.

Faktor Lokasi

BTS 4G LTE memiliki jangkauan terbatas. Jaringan 3G akan berganti otomatis ke 4G secara seamless. Sebaliknya, jika koneksi 4G tidak tersedia, otomatis akan langsung beralih ke 3G.

Apa Saja Fungsi 4G LTE?

Jaringan 4G LTE ini ditujukan untuk memberikan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat. Nah, berikut adalah manfaat 4G LTE yang bisa langsung dirasakan pengguna smartphone:

Video Streaming

Streaming video seperti YouTube atau Vimeo menggunakan aplikasi atau peramban web biasa dapat dilakukan lebih stabil dan cepat. Video dalam resolusi HD yang tajam dapat dilihat dengan lancar dan jernih, tanpa putus-putus.

Musik

Streaming musik langsung dari ponsel seperti aplikasi Langit Musik atau Guvera jadi lebih nyaman. Pengguna tidak perlu lagi menyimpan musik di ponselnya.

Navigasi

Navigasi lewat Google Maps dan Apple Maps dapat diakses lebih cepat dan akurat.

Email

Aplikasi Gmail, Outlook, Instagram, dan Facebook dapat diakses lebih cepat. Terutama mengirim file berukuran besar atau mengunggah gambar beresolusi tinggi.

Aplikasi

Mengunduh aplikasi lebih cepat, akses terhadap online game semakin stabil, dan developer pun bisa semakin memaksimalkan penggunaan aplikasi.

Video sharing

Mengirim foto bahkan video pendek ke teman atau rekan kerja dapat dilakukan 5x kali lebih cepat dibanding 3G.

Panggilan Suara dan Video

Aplikasi Skype, Viber, atau FaceTime akan semakin sering digunakan. Tidak perlu lagi tergantung pada Wi-fi untuk mendapat koneksi data yang stabil.

Thethering

Tethering atau membagi koneksi internet ke perangkat lain selain Wi-fi akan jadi favorit. Tidak perlu membawa-bawa modem, cukup gunakan smartphone untuk mentenagai koneksi di laptop. 4G begitu cepat hingga bisa men-tether hingga 4 perangkat bersamaan tanpa masalah.

Iklan