Ruang Data Center TelkomsigmaAda sejumlah tren menarik yang terjadi di industri data center maupun cloud computing yang akan terus berkembang pada 2015. Berikut beberapa yang dapat dicermati:

Data center active-active

Teknologi ini dicetuskan oleh anak perusahaan PT Telkom Indonesia, yakni Telkomsigma. Dengan metode active-active, fungsi kedua data center dapat dimaksimalkan. Data dapat disalin dan di-backup secara real time, kapasitasnya juga bisa di-load balance, yang ujungnya akan meningkatkan total cost of ownership karena tidak menjadi infrastruktur pasif. Selain itu, kualitas data center ini setara dengan tier 4 walau yang digunakan hanya tier 3.

Adopsi Cloud Semakin Tinggi

Dalam 1-2 tahun terakhir ini banyak sekali edukasi terhadap keuntungan menggunakan cloud. Tapi, banyak perusahaan yang masih ragu. Akan ada dua metoda adopsi komputasi awan. Pertama, sebagai temporary capacity enhancement dimana cloud digunakan hanya pada momen tertentu, misalnya di akhir bulan ketika perusahaan butuh computing power besar.

Kedua, tidak semua perusahaan nyaman dengan public cloud. Karena itu akan ada kombinasi antara private cloud yang mereka miliki dengan public cloud, bahkan hybrid cloud. Misalnya aplikasi core banking tetap berada di private cloud sebuah bank, namun aplikasi seperti email dan lainnya diletakkan di public cloud.

Perubahan di EUC

Tren end user computing (EUC) berubah seiring bagaimana orang ingin beralih dari laptop ke tablet, hingga smartphone. Muncul kebutuhan akses aplikasi dimana saja yang membutuhkan manajemen berbeda dibanding desktop tradisional. Tantangannya adalah bagaimana membuat aplikasi desktop bisa diakses dengan mudah di smartphone atau tablet.

Tren Virtualisasi Desktop

Virtualisasi desktop kini jadi solusi yang digemari. Dengan teknologi ini, Desktop PC standar hanya berfungsi sebagai terminal, karena computing power dilakukan di pusat atau bahkan data center. Teknologi ini sangat cocok dengan letak geografis Indonesia yang sangat luas dan jaringan terbatas. Terutama perusahaan dengan banyak kantor perwakilan.

Iklan