20_Xperia_Z3_Black_GroupPemilik Xperia Z1 atau dibawahnya yang ingin upgrade, disarankan untuk langsung loncat ke Xperia Z3. Karena inilah pencapaian terbaik dari Sony lewat pembaruan di bidang desain, teknologi, hingga kamera. Berikut ini adalah hasil eksplorasi saya terhadap handset yang dibanderol Rp8,5 jutaan tersebut.

Peranti Lunak

Z3 menggunakan Android KitKat terbaru 4.4.4. Tampilan user interface (UI) Xperia bisa disebut terbaik dibanding Samsung atau model lainnya. Lihat saja menu Album atau Walkman yang tidak hanya indah, tapi juga mudah dinavigasikan.

Aplikasi lainnya meliputi Lifelog untuk melacak kebugaran, kurasi aplikasi Sony Select, bonus film Hollywood di Xperia Privilege Movies, serta unduh dan streaming 500 ribu lagu di Sony Music Jive selama 6 bulan. Ponsel tepat untuk penggemar hiburan seperti musik dan film.

Form Factor

07_Xperia_Z3_Copper_Angle_ButtonsJangan bandingkan Z3 dengan Galaxy S5 atau Galaxy Note 4. Sebab, kesan premium Z3 hanya bisa disetarakan dengan iPhone 6 ataupun HTC One M8. Bingkai aluminium membalut ponsel bersudut tumpul dengan lebar hanya 7,3 mm tersebut. Tidak hanya nyaman digenggam, tapi juga menambah percaya diri.

Kamera

sony_xperia_z3_cameraKamera 20,7 MP dan sensor citra 1/2.3 inci (setara kamera digital) serupa milik Z1 dan Z2. Sensor tersebut dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan gambar lebih tajam. Perubahan di Z3 ada pada sensitivitas ISO 12800 yang memudahkan memotret di pencahayaan rendah, bergerak, bahkan dalam air.

Kecepatan fokus otomatis Z3 memang belum mampu mengalahkan iPhone 6, tapi cukup seimbang dengan LG G3 yang cepat itu. G Lens 25 mm menghasilkan gambar lebih lebar, sementara teknologi SteadyShot membantu proses merekam klip beresolusi 4K. Silahkan edit video di aplikasi Movie Creator dan share langsung ke sosial media.

PlaySation 4

11_Xperia_Z3_PS4jpgDengan aplikasi PS4 Remote Play, Xperia Z3 bisa jadi layar jarak jauh untuk memainkan game PS4. Tentu harus memiliki konsol PS4, Dualshock 4 wireless controller, serta Game Control Mount (GCM) terlebih dulu. Walau fungsinya tidak signifikan, tapi ini jadi nilai plus bagi pemilik PS4.

Tahan Air dan Debu

Silahkan bawa Z3 ke kolam renang hingga kedalaman 1,5 meter dan ambil gambar di bawah air lewat tombol shutter-nya. Ini selalu jadi fitur menyenangkan bagi pengguna keluarga Xperia Z.

Baterai

Klaim Sony daya tahan baterainya tembus 2 hari lewat mode Stamina. Walau penggunaan saya tidak sampai 1,5 hari, itu sudah luar biasa mengingat belum ada smartphone yang saya pakai tahan lebih dari sehari.

Audio

Xperia Z3 dapat memutar audio beresolusi tinggi 24 bit, punya teknologi peredam derau digital, serta teknologi audio DESS HX untuk meningkatkan kualitas audio standar mendekati hi-res.

Artinya, smartphone ini sangat cocok bagi para audiophile. Mereka bisa memadunya dengan headset audio premium seperti Bose, bang & olufsen, Audeze, Dita, hingga Jerry Harvey.

Layar

xperia-z3-dual-waterproof-intro-8d4e3aafe600b84720524df7abc78ef4Layar 5,2 inci Triluminos Xperia dengan LED Live Colour dan X-Reality termasuk cerah dan tajam, bahkan di bawah terik matahari sekalipun. Sayang, dengan alasan efektifitas, Z3 hanya dibekali layar Full HD (1920×1080 piksel). Padahal resolusi LG G3 dan Samsung Galaxy S5 sudah mencapai Quad HD (2,560-by-1,440 piksel). Ya, beda Full HD dan Quad HD di layar smartphone bisa dirasakan.

Prosesor

Prosesor Qualcomm Snapdragon 801 2.5 GHz terbaru, modem 4G LTE, RAM 3GB, serta memori internal 16 GB adalah modal untuk men-tacle fungsi-fungsi berat seperti multitasking ataupun game.

Kesimpulan

Sony Xperia Z3 cocok untuk orang seperti ini: berjiwa petualang, traveler yang sering bepergian, audiophile atau penikmat musik berkualitas tinggi lewat perangkat audio high end, mereka yang menyukai hiburan, serta eksekutif muda untuk menunjang kegiatan kesehariannya.

Menanti Kejutan Sony di 2015

02_Xperia_Z3_White_AngleMengapa harus merilis produk 6 bulan sekali? Bukankah dalam waktu yang terbilang singkat itu konsumen jadi kecewa, karena smartphone yang mungkin belum juga puas dipakai sudah ada pengganti yang lebih baik?

Pertanyaan itu sudah dua kali saya sampaikan ke Marketing Manager Sony Mobile Indonesia Ika Paramita. Dan dengan ramah Ika memberikan jawaban yang sama: strategi Sony ini sangat efektif untuk menjaring konsumen baru. Sedangkan konsumen lama tidak perlu khawatir, ”sebab walaupun keluarga Xperia Z cepat sekali diremajakan namun siklus penggunaan tetap tinggi. Karena itu harga Xperia rata-rata tidak terlalu banyak mengalami penurunan harga,” ujarnya.

Sony mungkin sedikit terlambat mengutilisasi tumbuhnya tren smartphone pasca Apple merilis iPhone. Mereka harus membeli 50 persen saham Ericsson terlebih dulu untuk mendapatkan kontrol penuh, sebelum menata ulang bisnis mobile lewat strategi “One Sony”.

Disinilah terjadi sinergi antara divisi smartphone dengan bisnis TV, kamera digital, musik, film, serta game yang mereka miliki.

Sekarang, Sony sudah berada di jalur yang tepat. Di Indonesia, misalnya, Xperia mengisi hampir semua lini pasar. Dari Xperia E di rentang Rp1 jutaan, Xperia L dan M di Rp2 jutaan, Xperia C dan SP di Rp3 jutaan, Xperia T di Rp4 jutaan, serta keluarga Xperia Z di harga Rp5 juta keatas.

Dan ketika menyebut smartphone Sony, yang terbayang dikepala adalah ini: desain yang elegan, layar dengan warna cerah dan tajam, kamera bagus, serta ketahanan terhadap anti air dan debu (pada beberapa tipe).

Inilah yang menjadi modal Sony untuk berjaya di pasar Indonesia. Ketika pertumbuhan smartphone seperti Samsung justru melambat, tahun ini Sony Mobile Indonesia justru tumbuh dua digit.

Menyambut layanan internet cepat 4G LTE pun Sony mengklaim bahwa mereka paling siap karena sejak 2011 sudah merilis handset 4G LTE di Indonesia. Karena itu, sangat menarik untuk mencermati apa lagi yang akan mereka lakukan pada 2015 mendatang.

Inovasi lebih lanjut yang bakal dilakukan oleh Sony Mobile dengan Sony Computer Entertainment (SCE) untuk mensinergikan smartphone Xperia Z dan PlayStation 4, misalnya akan jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Yang jelas, pada 2015 Sony bakal jadi kuda hitam yang harus diwaspadai oleh kompetitor mereka.