SOnyFitur Remote Play tidak hanya jadi representasi terhadap strategi global ”One Sony”, melainkan juga memberi nilai tambah terhadap konten serta meng-cater pasar gamer yang cukup potensial di Indonesia.

Teknologi Remote Play lahir dari keinginan Sony agar para gamer bisa tetap nge-game bahkan ketika mereka tidak sedang berada di depan layar televisi. Teknologi tersebut sudah ada sejak dikenalkannya PlayStation 3 pada 2006. Tujuan awalnya untuk melakukan streaming media (film, acara TV, dan video game) dari PS3 ke PlayStation Portable (PSP), perangkat game handheld Sony saat itu.

Tahun ini Remote Play dikenalkan lagi sebagai bagian dari strategi “One Sony”. Yakni, strategi untuk melebur kekuatan bisnis konglomerasi asal Jepang itu menjadi satu. Perangkat smartphone Sony sudah menggunakan teknologi kamera maupun layar TV BRAVIA dari unit bisnis mereka. Begitu pun akses ke film keluaran Sony Pictures dan lagu milik Sony Music di keluarga Xperia Z.

Selanjutnya Remote Play akan menjadi fitur untuk menghubungkan kekuatan mereka di industri game ke model smartphone flagship seperti Z3 (Z3, Z3 Compact, dan Z3 Tablet), menjadikannya sebagai nilai tambah dibandingkan kompetitor mereka.

Secara global, strategi ini tentu berdampak signifikan mengingat penjualan PS4 telah mencapai lebih dari 10 juta unit pada Agustus 2014 silam. Basis pengguna masif ini tentu sangat potensial.

Potensi serupa, oleh Marketing Manager Sony Mobile Communication Indonesia Ika Paramita, juga ditemukan Di Indonesia. ”Fitur ini bisa menjadi penyelamat perkawinan,” ujar Ika sambil bercanda. ”Saya yang suka ngegame, misalnya, tidak perlu berebut TV dengan anggota keluarga lainnya di ruang tengah. Karena bisa mengalah dengan memainkan game PS4 langsung di ponsel di ruangan lain,” tambahnya.

Aplikasi Remote Play di Android menggunakan jaringan Wi-fi di rumah untuk menghubungkan smartphone dengan PS4. Setelah terhubung, maka gamer bisa menggunakan layar Xperia Z3 untuk memainkan game-game PS4 (tidak semua, tapi variannya terus bertambah). Salah satu syaratnya, tentu saja koneksi internet yang stabil dengan kecepatan minimal 5 Mbps melalui jaringan fixed line yang tidak tergantung pada besarnya kuota data.

Tumbuh 2 Digit

PS4 Remote PlayMenurut Ika, kehadiran Remote Play ini semakin menegaskan nilai tambah unik yang berikan dalam hal hardware, customer experience, content, serta gaming yang tidak akan ditemukan di vendor lainnya. ”Kami memberikan multiple content kepada pengguna, sehingga mereka yang membei Xperia tidak akan merasa rugi,” ujarnya setengah berpromosi.

Hal inilah yang membuat penetrasi Sony di Indonesia pun menjadi sangat baik. Ketika tahun ini pemimpin pasar seperti Samsung pertumbuhan segmen smartphone-nya melambat, Sony Mobile justru membukukan pertumbuhan hingga 2 digit. ”Peningkatan penjualan kami di Indonesia cukup merata. Mulai model dengan banderol Rp1,5 jutaan hingga smartphone premium seperti Xperia Z3 semuanya meningkat,” papar Ika.

Penjualan PlayStation 4 sendiri di Indonesia cukup baik, diperkirakan mencapai 2.000an unit perbulan dengan game seperti FIFA 2014 dan Grand Theft Auto (GTA) 5 sebagai game terlaris.

Market share smartphone Sony sendiri secara global termasuk kecil dibandingkan vendor seperti Samsung, Apple, LG, Lenovo, bahkan Xiaomi. Pada semester pertama 2014, perusahaan hanya mengakomodir 3,1 persen pasar, turun dari 3,8 persen pada 2013 dan 4,2 persen pada 2012 (data IDC).

Salah satu kekurangan Sony di bisnis mobile adalah langkah mereka yang sedikit terlambat untuk berfokus ke bisnis mobile. Ketika iPhone melonjakkan pasar smartphone, Samsung Electronics bergerak cepat dan mampu memposisikan diri sebagai pemimpin pasar.

Namun, saat itu Sony justru sedang sibuk memperbaiki lini bisnis mereka. Mereka akhirnya membeli saham Ericsson senilai USD1,5 miliar pada 2011, serta baru mulai menata ulang bisnis mobile mereka.

Strategi One Sony adalah bentuk sinergi bagaimana vendor tersebut menyelaraskan semua keunggulan di setiap lini bisnis seperti film, musik,game, televisi, dan kamera ke dalam perangkat smartphone. Kedepannya, strategi inilah yang jadi modal utama untuk menakklukan pasar.

Fungsi Remote Play:

Sony-670x376Memainkan permainan PS4 secara jarak jauh tanpa menggunakan TV. Remote Play memakai layar Xperia Z3 untuk menjalankan game PS4 melalui koneksi internet.

Akses Fitur Remote Play

  • Sony PlayStation 4 (PS4)
  • Keluarga Xperia Z
  • Koneksi Wi-fi dengan kecepatan minimal 5 Mbps, stabil, dan fixed network.
  • Wireless Controller Dualshock 4
  • GCM10 Game Control Mount
  • Akun Sony Entertainment Network
  • BSC10 Bluetooth Speaker Dock (opsional).

Perangkat Pendukung:

Smartphone

Xperia Z3, Z3 Compact, Z3 Tablet, Xperia Z2 dan Xperia Z2 Tablet

Game Portable

PlayStationVita dan PlayStation TV

Penawaran Konten di Smartphone Sony:

  • Pembeli Sony Z3 mendapat diskon 10% tiket Garuda Indonesia .
  • Download dan streaming 500 ribu lagu Sony Music Jive selama 6 bulan.
  • Download film Hollywood lewat app Xperia Privilege Movies.
  • Exclusive XSCAPE album Michael Jackson.
  • Voucher dan dari Qoo10INDO, Bluebirdgroup, Blitzmegaplex, hingga Celebrity Fitness.
  • Game dari Gameloft dan 15.000 Mix Credit aplikasi PicMix.

Kegagalan PlayStation Mobile

Sony sudah berupaya mensinergikan PS4 ke smartphone lewat PlayStation Mobile untuk Android. Ponsel tersebut dapat memainkan game untuk PS Vita. Sayangnya, PS Mobile gagal karena tidak mampu menghadirkan versi mobile dari game populer seperti Resident Evil, Metal Gear Solid, atau Final Fantasy. Juga, perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang justru kurang baik.

Iklan