4GAkhirnya operator Telkomsel menjadi yang pertama meluncurkan layanan komersial mobile 4G LTE di Indonesia, Senin (8/12). Diharapkan ekosistem internet cepat lekas terbentuk sehingga bisa berdampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Kehadiran layanan internet cepat memang sudah ditunggu-tunggu seiring meningkatnya adopsi mobile broadband di Indonesia. Di kota-kota besar, misalnya, konsumsi terhadap layanan data sudah begitu tingginya sehingga pengguna ponsel mendambakan koneksi internet yang cepat dan stabil seperti layanan 4G LTE.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga menilai, kehadiran internet cepat akan membawa kemajuan besar bagi masyarakat Indonesia. ”Selain memperkaya digital eksperiens, mempercepat akses informasi, dan meningkatkan produktivitas, 4G LTE juga membentuk gaya hidup digital dan mengakselerasi pertumbuhan di berbagai bidang,” ujar Alex.

Dalam peluncuran 4G LTE di Pasific Place, Senin (8/12) silam, Telkomsel juga menunjukkan aktivitas digital lifestyle dan rich content apa saja yang dapat dilakukan di smartphone atau tablet oleh 4G LTE.

Mulai dari akses video streaming dan musik, game online tanpa delay dengan kualitas gambar HD, download/upload file lebih cepat, video conference dengan gambar jernih, dan masih banyak lagi.

Untuk sementara, layanan 4G LTE milik Telkomsel memang baru bisa dinikmati secara terbatas di 200 titik di Jakarta dan Bali. Antara lain melalui jaringan outdoor dan indoor di prominent high data traffic area seperti bandara, pasar, pusat perbelanjaan, perkantoran, gedung pemerintahan, serta kampus/sekolah.

Namun, tahun depan layanan tersebut akan diperluas ke tujuh kota seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, hingga Manado, dan sudah mencapai 22 provinsi pada 2019 mendatang. ”Kami ingin lebih banyak lagi yang menggunakan,” kata Alex lagi.

Menkominfo Rudiantara menegaskan, ekosistem 4G LTE harus segera disiapkan. Selain Kominfo sebagai regulator, ekosistem tersebut juga menjadi tanggung jawab operator maupun vendor handset.

”Kami mendorong LTE supaya lebih cepat diluncurkan. Tapi, vendor handset harus secepatnya menyediakan perangkat 4G ke konsumen. Begitupun sosialisasi dan edukasi ke pelanggan harus terus dilakukan operator,” tegas Rudiantara, yang memprediksi bahwa hip 4G LTE baru akan terlihat pada pertengahan 2015 mendatang.

Vendor Siap dengan Ponsel 4G LTE

Diawali oleh Telkomsel, bulan ini juga operator seperti XL Axiata dan Indosat akan segera mengkomersialkan layanan 4G LTE mereka. Karena itu vendor smartphone harus cepat tanggap, sesegera mungkin membanjiri pasar dengan perangkat smartphone yang sudah mendukung 4G LTE dengan harga yang terjangkau.

Ketika dikonfirmasi, ternyata sejumlah vendor sudah sangat siap dalam mendukung layanan 4G LTE di Indonesia. Bahkan, saat ini pun smartphone yang sudah mendukung 4G LTE mudah sekali di dapatkan.

Marketing Manager Sony Mobile Communication Indonesia Ika Paramita mengatakan, pihaknya sudah mulai menyediakan smartphone 4G di Indonesia sejak 2011. ”Kami sudah jauh lebih siap menyambut 4G dibanding kompetitor,” ungkapnya. ”Jika dalam setahun kami merilis 7 produk, maka 5 diantaranya sudah mendukung 4G,” ia menambahkan.

Sony Xperia M2 Aqua, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3 compact, Sony Xperia Z3 tablet, serta Sony Xperia C3 (single SIM) adalah sejumlah model keluaran Sony yang sudah mendukung layanan 4G. ”Dulu manfaatnya hanya dirasakan ketika bepergian ke luar negeri. Sekarang, konsumen dapat memaksimalkan layanan 4G di handset mereka dalam kesehariannya,” papar Ika.

Kesiapan serupa juga diungkap oleh Head of Product Marketing LG Mobile Communications Indonesia Adinda Nesvia. Sepanjang 2014, LG Mobile telah memperkenalkan lima smartphone 4G LTE. Yakni LG G Pad, LG G2, LG G3 16 GB, LG G3 32 GB, dan Nexus 5.

Menurut Adinda, kelima model tersebut menanjikan pengalaman optimal untuk mengutilisasi layanan 4G LTE karena memiliki bentang layar lebar dan kapasitas baterai tinggi. Ke depannya, LG yang memiliki 84% paten LTE sejak 2013 itu mengaku akan terus menambah jajaran smartphone 4G LTE ke pasar Indonesia.

Yang justru disayangkan adalah PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Sebagai pemimpin pasar smartphone, produk mereka yang sudah mendukung layanan 4G LTE di Indonesia sangat terbatas dibandingkan kompetitor. Yakni hanya Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy Tab S saja. Keduanya bukan produk favorit.

Adapun model andalan seperti Galaxy S5 maupun Galaxy Note 4 yang dibanderol dengan harga tinggi ternyata belum mendukung 4G LTE. Hal ini membuat pemilik Galaxy Note 4 seperti Rendi, kecewa. ”Seharusnya ponsel premium seperti ini sudah dibekali teknologi terkini seperti 4G LTE,” ujarnya.

Layanan 4G LTE Telkomsel

  • Digelar di frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5 MHz. Kedepannya akan diperluas ke frekuensi 1.800 MHz pada kuartal pertama 2015 dan berikutnya frekuensi 2,1 GHz.
  • Frekuensi 900 MHz memiliki daya pancar besar, menjangkau dalam gedung/rumah dan area lebih jauh.
  • Ada 200 BTS 4G LTE Telkomsel di Jakarta dan Bali, meliputi 200-an titik dengan high data traffic.
  • Lewat kerjasama dengan Bridge Alliance partners, akses 4G LTE data roaming Telkomsel dapat dinikmati juga di SingTel (Singapura), Optus (Australia) dan Maxis (Malaysia). Menyusul Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, hingga Arab Saudi.

Lokasi 4G LTE di Jakarta

Jaringan outdoor

Bandara Sukarno Hatta, Area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M.

Tangkapan layar 2014-12-09 07.50.51Jaringan Indoor

Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, dan Kota Kasablanka.

Lokasi 4G LTE di Bali

Jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90% wilayah kota Denpasar.

Karakter Jaringan

  • Telkomsel bersinergi dengan Telkom lewat WiFi 802.11n (setara 4G) untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama di indoor.
  • Apabila keluar dari coverage 4G LTE, layanan tidak terputus dan otomatis dilayani dengan coverage Telkomsel 3G.
  • Kecepatan akses data 4G LTE mencapai 36 Mbps.
  • Pelanggan tidak dikenakan biaya tambahan untuk menikmati 4G LTE, tetap menggunakan paket data lama.

Cara Akes 4G LTE:

  • Pelanggan prabayar/pascabayar Telkomsel menukar nomor lama dengan simcard 4G LTE yang disebut USIM (simcard khusus untuk 4G LTE) di Grapari.
  • Membeli nomor baru yang sudah mendukung 4G LTE.
  • Menggunakan handset yang mendukung 4G LTE.

Ponsel 4G LTE

Berikut adalah smartphone yang saat ini pun sudah siap digunakan untuk 4G LTE:

LG      

LG G Pad, LG G2, LG G3, Nexus 5

Sony

Xperia Z3Sony Xperia M2 Aqua, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3 compact, Sony Xperia Z3 tablet, Sony Xperia C3 (single SIM)

Samsung

Galaxy Alpha dan Samsung Galaxy Tab S

Microsoft

Lumia 820, 920, 930, dan 1520

HTC

HTC One M8

Iklan