FOTO HAELMemang ini baru dalam tahap uji coba: PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar layanan 4G-LTE (Long Term Evolution) di sejumlah lokasi di Jakarta. Pengguna XL—menggunakan kartu SIM khusus 4G LTE—bisa merasakan langsung secepat apa koneksi teknologi jaringan terbaru yang diklaim XX lebih cepat dibandingkan 3G itu.

Dalam uji kecepatan akses Internet yang disaksikan oleh Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara, Direktur Jendral Sumber Daya Perangkat Pos & Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Muhammad Budi Setiawan, serta Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi di Kota Kasablanka, Selasa (28/10) silam, hasilnya terbukti sangat baik. Yakni, mencapai kecepatan unduh 97.46 Mbps hingga 103. 98 Mbps menurut catatan aplikasi pita lebar Ookla Speedtest.net.

Untuk tahap awal layanan real mobile 4G-LTE ini baru bisa dinikmati di 5 (lima) lokasi di Jakarta, yakni seluruh area pusat perbelanjaan Kota Kasablanka, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, XL Xplor Central Park, serta Grha XL.

Namun, menurut Hasnul Suhaimi, secara bertahap XL akan memperluasnya ke beberapa kota lain di luar Jakarta. Pemilihan lokasi dan kota didasarkan pada beberapa pertimbangan seperti potensi permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, hingga besaran nilai investasi.

Untuk bisa menggunakan layanan 4G-LTE, pengguna sudah harus memiliki perangkat/handset yang mendukung 4G. Kemudian, mereka bisa mendapatkan simcard khusus 4G secara gratis di lokasi acara yakni Kota Kasablanca, XL Xplor Central Park, serta XL Xplor Senayan City.

Pihak XL juga mengaku akan terus membangun ekosistem pendukung layanan yang didukung oleh penyedia jaringan Huawei dan Ericsson, seperti menjalin kerja sama dengan penyedia ponsel 4G seperti Sony, LG, Huawei, serta produsen chip Intel Corporation dan Qualcomm.

Menurut Hasnul, penyediaan layanan mobile 4G-LTE sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL tahun ini yang nilainya mencapai Rp7 triliun. ”Secara teknis, pengalaman 4G LTE ini luar biasa. Tapi, banyak pelanggan yang belum tahu. Karena itu kami mengajak mereka merasakan dan menikmati berbagai manfaat nyata dari penerapan teknologi ini,” ungkapnya yang sembari mengatakan bahwa langkah tersebut bertepatan ulang tahun XL yang ke-18 dan pergantian logo.

Beragam Manfaat

Apa yang bisa dilakukan dengan internet kecepatan tinggi? Jawabnya, banyak sekali. Ketika mendemokan layanan 4G-LTE, misalnya, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi melakukan video conference dengan beberapa Direksi XL yang sedang berada di lokasi XL Xplor Central Park dan Euphoria Mega Kuningan. Hasilnya, konferensi video tidak hanya dilakukan dengan lancar (tanpa buffer), tapi visualnya pun sangat jernih.

Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan mengatakan, koneksi 4G LTE yang cepat tidak hanya memberi eksperiens lebih baik kepada konsumen, tapi juga membuka celah-celah bisnis baru. ”Misalnya saja streaming musik dan video high definition (HD), survailance menggunakan drone, hingga proses translasi bahasa secara real time,” ungkapnya.

Menkominfo Rudiantara sendiri menyambut baik langkah XL, bahkan menantang operator lain untuk melakukan hal yang sama. Bahkan, hasil dari uji coba XL ini akan digunakan oleh Kominfo dalam menentukan regulasi terkait 4G LTE.

Pria yang pernah menjabat posisi penting di Telkomsel dan XL Axiata itu mengatakan bahwa seperti halnya bank, industri telekomunikasi termasuk ”heavily regulated”. Sehingga perlu waktu bagi pemerintah untuk merumuskan regulasi terkait 4G LTE. ”Teknologi seperti ini harus ditata dengan baik lewat regulasi,” katanya.

Iklan