Langkah penyedia layanan Instant Messenger (IM) Line membuat mini drama Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2014 berbuah sukses. Kampanye tersebut menjadi viral dan mendapat sambutan positif dari netizen.

Tiga hari sejak diunggah di YouTube oleh akun resmi Line Indonesia pada Jumat (7/11) silam, video mini drama Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2014 telah ditonton sebanyak 2,6 juta kali. Bahkan, angka 1 juta penonton tercapai dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Bukan itu saja, selama akhir pekan kemarin tagar #AdaApaDenganCinta, #AADC, #Rangga serta #Cinta menjadi trending topic di Twitter. Kata kunci Ada Apa Dengan Cinta dan AADC disebut 150 ribu kali di Twitter dan 16 ribu kali di Instagram. Di jejaring sosial Path juga bermunculan berbagai meme lucu yang mencuil adegan percakapan antara Cinta dan Rangga menggunakan Line.

Disela-sela mempromosikan film terbarunya Pendekar Tongkat Emas, produser film Mira Lesmana pun ikut bercuit soal video serta meme lucu AADC yang beredar di internet. Mira adalah produser film layar lebar AADC pada 2002 yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo itu.

AADC 2014 sendiri merupakan drama berdurasi 10 menit yang dipersepsikan sebagai kelanjutan dari filmnya. Mengambil latar waktu 13 tahun setelah filmnya berakhir. Bintang-bintangnya pun masih sama. Yakni Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Ladya Cheryl, Sissy Priscillia, dan Adinia Wirasti.

Tidak disangka, video AADC 2014 menjadi viral dan memancing beragam reaksi dari para netizen. ”Hasil yang kami dapat ini jauh melebihi ekspektasi,” aku Galuh Chandrakirana, Team Leader of Marketing Line Indonesia.

Menurut Galuh, kampanye video AADC 2014 tersebut sedianya digunakan untuk mengkampanyekan fitur terbaru Line yang bernama Find Alumni. ”Kami memilih AADC sebagai tema utama karena kisah tersebut sangat relevan dengan fitur dan tema Find Alumni,” ungkapnya.

Find Alumni memungkinkan pengguna Line untuk terhubung kembali dengan teman lama mereka. Diklaim Find Alumni memiliki database sebanyak 180 ribu sekolah dan universitas di seluruh Indonesia yang diambil dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penambahan fitur memang jadi keharusan untuk memenangkan persaingan layanan IM yang sengit di Indonesia. Menurut data yang dihimpun oleh Nielsen, BBM saat ini masih memiliki pengguna terbanyak, diikuti WhatsApp dan Line.

Mengapa Bisa Viral?

Tapi, apa sebenarnya faktor yang membuat video AADC 2014 menjadi viral? Bila dicermati, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil.

Pertama, sukses AADC 2014 bisa dikaitkan dengan sukses film AADC sendiri yang menjadi bagian dari era kebangkitan film Indonesia serta menentukan standar tinggi terhadap film remaja yang bahkan sulit dilampaui hingga saat ini.

AADC meraih 4 Piala Citra pada Festival Film Indonesia 2004, termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik untuk Dian Sastro. Karakter dan cerita film tersebut menyimpan kesan mendalam bagi mereka yang sempat menonton.

Kedua, penggarapan dan kisah AADC 2014 sendiri memang di eksekusi sangat baik. Sehingga penonton bisa langsung terhubung dengan kisahnya. AADC 2014 disyut langsung oleh tim produksi yang berasal dari Seoul, Korea Selatan.

Faktor ketiga, AADC 2014 tersebut mengambil cerita yang tepat karena dipersepsikan sebagai kelanjutan dari film AADC. Seperti diketahui, AADC meninggalkan ending yang mengganjal ketika Rangga dan Cinta berpisah di bandara. Sedikit banyak penonton terpuaskan untuk melihat kelanjutan dari film aslinya pada 2002 silam.

Iklan