moto-e-front

Segmen pasar paling seksi saat ini rasanya bukan lagi kelas high end. Namun justru segmen entry level yang memiliki ukuran “kue” paling besar. Ini karena konsumen semakin dimanjakan dengan banyaknya pilihan smartphone di rentang harga Rp1 jutaan.

Dua pilihan terbaru yang menjanjikan itu adalah Motorola Moto E dan Xiaomi Redmi 1s. Harganya tidak terpaut terlalu jauh. Moto E dibanderol Rp1,3 juta. Adapun Redmi 1s harganya Rp1,5 juta. Nah, mana yang lebih “value for money”?

Redmi 1s punya ukuran layar dan resolusi lebih besar, serta material lebih baik. Yakni IPS LCD 4.7 inci (720×1280 piksel) dan kerapatan 312 ppi. Sementara layar Moto E 4.3 inci (540 x 960 piksel) dan kerapatan 256 ppi. Jika Anda terbiasa dengan layar besar dan tajam, maka bedanya akan terasa.

Bodi Redmi 1s tidak terlihat mewah, tapi juga tidak murahan. Garis desainnya lebih mengotak. Sementara Moto E tampil dengan konsep desain kurva atau sudut-sudutnya melengkung. Tidak ada yang lebih baik. Desain persegi lebih tegas. Sementara desain bulat menegaskan unsur fun.

Redmi 1sMoto E rasanya dikonsepkan sebagai ponsel yang fun. LIhat saja desain warna cover belakang yang catchy, bisa diganti-ganti dengan warna-warna terang. Ini tentu fitur penting bagi mereka yang biasa melakukan kustomisasi pada smartphone miliknya. Tentu saja, berat Moto E lebih ringan. Yakni 142 gram, dibandingkan Redmi 1s yang 158 gram.

Untuk performa, diatas kertas lagi-lagi Moto E harus tunduk kepada Redmi 1s. Moto E hanya menggunakan Qualcomm Snapdragon 200 dual core 1.2 GHz dengan RAM 1 GB dan memori internal 4 GB. Adapun Redmi 1s sudah memakai Qualcomm Snapdragon 400 quad core 1.6 GHz, dengan RAM 1 GB, dan memori internal 8 GB. Performa tinggi ini penting untuk menjalankan game berat, melakukan multitasking aplikasi, hingga merender grafis tinggi.

Nah, dari segi kamera, Redmi 1s menggunakan kamera utama 8 MP autofokus yang mampu merekam video HD (1080p) dan kamera sekunder 1.6 MP. Sayangnya, Moto E hanya memiliki kamera utama 5 MP tanpa fokus otomatis dan tanpa ada kamera depan (sekunder).

Sistem operasi Moto E menggunakan Android terbaru versi 4.4.2 (KitKat) dengan baterai sebesar 1.980 mAh. Adapun Redmi 1s walau masih menggunakan Android Jelly Bean, tapi sudah dimodifikasi menjadi tampilan khas MIUI 5.0. Tampilan MIUI ini lebih sederhana, dengan desain dan warna ikon yang sedap dimata. Bahkan sepintas mirip dengan iOS. Karena layarnya lebih besar, baterai Redmi 1s adalah 2.000 mAh.

Secara keseluruhan, dengan banderol sedikit mahal, Redmi 1s memang memiliki lebih banyak keunggulan dibanding Moto E. tapi, bukan berarti Moto E tidak menarik. Kedua ponsel ini sudah sama-sama mumpuni untuk melakukan berbagai fungsi yang ada di ponsel premium sekalipun.

Iklan