Jkt_Honda NSX_Astrabonardo 4Honda NSX Concept II merupakan puncak pencapaian Honda di bidang teknologi dan performa. Siapa sangka mobil yang akan diboyong ke Indonesia pada 2016 mendatang itu punya sejarah panjang dan mengejutkan.

Legenda Honda NSX ternyata tidak bisa dilepaskan dari nama besar Ayrton Senna, pembalap mobil Formula 1 terbaik sepanjang masa itu. Ternyata berkat campur tangan Senna-lah NSX memiliki ”kegarangan” yang membuatnya dikenang hingga sekarang.

Kisahnya berawal pada Februari 1989 di sirkuit Suzuka, Jepang. Saat itu para engineer Honda sudah sangat percaya diri dengan mobil masterpiece yang disebut dengan New Sportscar eXperimental (NSX) itu.
Merkea hanya butuh pengesahan dari satu orang lagi: Senna, sang juara dunia yang meninggal dunia akibat kecelakaan hebat di Sirkuit Imola, Italia, pada 1994.

”Saya tidak yakin saya bisa memberi saran yang tepat untuk mobil yang diproduksi secara masal,” ujar Senna setelah mencoba langsung mobil tersebut. ”Tapi menurut saya mobil ini terasa sedikit rapuh,” tambahnya.

Komentar Senna membuat tim engineer Honda bak tersambar petir. Mereka hampir tidak percaya bahwa mobil yang mereka banggakan itu ternyata tidak cukup baik untuk Senna. Maka departemen R&D Honda kembali dikumpulkan di Nürburgring. Senna diundang untuk membantu menyetel suspensi.

Berkat masukan Senna, engineer Honda mampu meningkatkan kekakuan sasis NSX hingga 50%. Bahkan, pembalap asal Brasil yang sering dijuluki The Rain Man itu ikut membantu menciptakan mesin NSX yang lebih seimbang. Sentuhan sang master lah yang membuat NSX menjadi sebuah masterpiece.

Pilihan Mesin Hybrid

Jkt_Honda NSX_Astrabonardo 3Honda NSX memang penuh kejutan. Siapa sangka jika Presiden dan CEO Honda saat ini, Takanobu Ito, adalah salah satu engineer yang ikut membangun NSX (disebut pengalaman terbaik dalam hidupnya).

Ito-san juga mendukung keputusan CEO Honda sebelumnya, Takeo Fukui, ketika membantalkan model NSX bermesin V10 pada 2008 yang sebenarnya hampir memasuki tahap diproduksi. ”NSX seharusnya pintar dan cerdas,” katanya di Tokyo Motor Show 2013 lalu. ”Karena itu saya mengubah arah pengembangannya,” tambah Ito-san yang menyebut bahwa NSX baru dikembangkan khusus di Pusat R&D Honda America di Ohio, Amerika.

Honda NSX Concept II mengadopsi mesin yang disebut Sport Hybrid All Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD), sebuah mesin baru yang didukung tiga buah motor listrik berperforma tinggi.

Mesin hybrid tersebut menghasilkan torsi tinggi, tapi dengan efisiensi bahan bakar yang sangat baik, dimana satu motor bekerja integral dengan mesin V6, sementara dua motor bekerja independen menggerakan roda belakang.

Dengan mesin hybrid itu pula Ito-san mengaku berpikir jauh ke depan. ”Akan datang suatu masa ketika bahan bakar fosil membuat peraturan emisi jauh lebih ketat dari sekarang. Sehingga fitur hemat bahan bakar itu menjadi benar-benar penting,” katanya.

Tapi yang tidak boleh dilupakan adalah unsur ini: fun. Klaim Honda, pengendalian mobil dengan 7-Speed Dual Clutch Transmission (DCT) itu lebih baik dari sistem All-Wheel Drive yang ada sekarang. Terutama saat digunakan untuk menikung (cornering). Sehingga walau bermesin hybrid, namun NSX Concept II terlahir sebagai mobil dengan DNA balap.

2016, Masuk Indonesia
Jkt_Honda NSX_Astrabonardo 2Inilah kedua kalinya Honda NSX tampil di Indonesia International Motor Show. Dan itu bukan tanpa alasan. Pertama, kehadiran NSX sesuai dengan tema Honda di IIMS 2014. Yakni Welcome to the Next Excitement!.

”Kehadiran Honda NSX Concept II menunjukkan bagaimana Honda selalu jadi yang terdepan dalam menghadirkan inovasi bagi konsumen,” ujar Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida. ”Mobil ini merupakan puncak pencapaian Honda dalam hal teknologi dan performa,” tambahnya.

NSX senyatanya memang akan menjadi The Next Excitement bagi Honda. Itulah varian tertinggi yang akan bersaing di wilayah supercar dengan merek-merek seperti Ferrari, Porsche, Audi, hingga Lamborghini.

Tapi, alasan kedua adalah rencana PT HPM untuk menghadirkan Honda NSX di pasar Indonesia. Kapan? Mobil tersebut akan diproduksi di pabrik Honda di Ohio, Amerika, dan dipasarkan di negara tersebut pada pertengahan 2015 mendatang.

Pabrik itulah yang akan memegang kunci sukses kembalinya NSX di seluruh dunia. Untuk pasar Asia, termasuk Indonesia, Honda NSX akan dipasarkan pada 2016. Harganya, jika berkaca dari model NSX sebelumnya, sekitar USD250.000.

Iklan