Jkt_Jazz_astrabonardo 2Penghargaan 1st winner Favorite Booth kembali diraih oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Tahun lalu, mereka meraih penghargaan untuk kategori serupa. Apa rahasianya?

Istilah Omotenashi dalam masyarakat Jepang dikenal dengan arti keramahan, kehangatan, serta kekeluargaan. Jika dipraktekkan dalam dunia bisnis, maka konsep tersebut akan memperlakukan ”konsumen sebagai Tuhan (bukan sekadar raja)”. Artinya, konsumen adalah segala-galanya.

Jika Anda berbelanja di kawasan Akihabara, Tokyo, yang jadi surganya gadget, mainan, serta anime, istilah Omotenashi ini dapat dirasakan langsung. Tepatnya disaat toko-toko disana akan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan asing, walau tidak semua staf toko fasih berbahasa Inggris.

Nah, keramah-tamahan ala Omotenashi juga lah yang diusung oleh booth Honda di Hall D3, JIExpo, Jakarta. Di booth yang elegan dan modern seluas 2.010 m2 itu, pengunjung disambut oleh para staf yang ramah. ”Silahkan pak, kita mengobrol di Customer Lounge saja agar lebih nyaman,” sapa Riznaldi, Sales Executive Honda Arista, sambil tersenyum.

Bisa jadi, ini jadi salah satu alasan mengapa pengunjung IIMS 2014 memilih booth Honda sebagai booth terbaik untuk kategori diatas 1.300 m2. Penghargaan tersebut diberikan atas dasar survey yang dilakukan terhadap pengunjung IIMS 2014, yang selama sepuluh hari penyelenggaraan mencapai 311.405 orang.

Di IIMS tahun lalu, Honda meraih penghargaan booth favorit lewat tema Expanding Joy and Fun, dimana Presiden Direktur dan CEO Honda Motor Co Takanobu Ito, turut hadir.

Tahun ini, Honda memang mengusung tema Welcome to the Next Excitement! Daya tarik booth yang berisi 33 mobil itu tidak hanya datang dari display, tapi juga berbagai aktivitas selama IIMS 2014, misalnya penampilan grup idola JKT48.

Seperti tahun lalu, Honda memberikan sejumlah “kejutan” yang menjadi magnet bagi konsumen. Kejutan pertama tentu saja datang dari Honda HR-V, yang juga terpilih sebagai salah satu mobil favorit pilihan pengunjung IIMS 2014. HR-V menyasar kategori baru yang disebut Crossover Utility Vehicle (CUV). Kategori ini dinilai memberikan kesegaran di pasar automotif nasional. Yakni SUV dengan harga terjangkau, mesin lebih kecil, serta ukuran bodi kompak.

Antusiasme konsumen terhadap HR-V luar biasa. Hanya dalam tiga hari, target 500 unit pemesanan mobil seharga Rp240 juta-Rp350 juta itu sudah terlampaui. Presiden Direktur PT HPM Tomoki Uchida berharap HR-V mampu membentuk pasar seperti yang dilakukan saat Honda Jazz pertama masuk Indonesia pada 2004.

”Saya percaya kunci untuk sukses di Indonesia adalah dengan cara menciptakan model-model baru menarik dan relevan dengan pasar lokal,” paparnya.

Honda Jazz generasi terbaru, selain tetap mampu meneruskan legacy sebagai pemimpin pasar hatchback, juga kembali mengukir prestasi. Yakni, merebut gelar “Forwot Car of the Year (FCY) 2014”, ajang tahunan pemilihan mobil terbaik yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Otomotif (Forwot) Indonesia.

Jazz merebut gelar terbaik mengalahkan empat mobil lainnya, yakni Ford Ecosport, Honda Mobilio, Nissan X-Trail, dan Toyota Yaris.

Model menarik yang dihadirkan Honda adalah Honda NSX Concept II yang menjadi bagian dari tema besar Welcome to the Next Excitement! Inilah mobil hybrid yang menjadi puncak pencapaian Honda di bidang teknologi dan performa, bersaing di wilayah supercar dengan pabrikan seperti Ferrari, Porsche, Audi, hingga Lamborghini. Mobil tersebut rencananya akan mengaspal di jalanan Indonesia pada 2016 mendatang.

Selebihnya, Honda juga menyegarkan tampilan Honda Freed dan Honda Civic. Freed tampil lebih eksklusif. Sementara Honda Civic muncul dengan perubahan yang agresif dan sporty.

Marketing & Aftersales Service Director PT HPM menilai, dalam setiap penyelenggaraan IIMS 2014, pihak Honda selalu berupaya memberi yang terbaik bagi konsumen. Baik dari sisi desain booth, kenyamanan pengunjung, display yang atraktif, aktivitas yang menarik, hingga berbagai program penjualan.

Sejak Januari hingga Agustus 2014, total penjualan yang dicapai Honda sudah mencapai 110.459 unit atau 13,3% dari total pasar nasional. Target mereka dalam setahun adalah mencapai 175.000 unit mobil. Jumlah itu hampir dua kali lipat lebih besar dibanding total penjualan yang dicapai pada 2013 silam yang sebanyak 91.493 unit mobil.

Honda, menurut Uchida, punya harapan besar di Indonesia. Pada 2016 nanti, mereka menargetkan penjualan hingga 300.000 unit atau hampir dua kali lebih besar dari tahun ini.

Iklan