HRV OKERealisasi Dua Unsur Berlawanan

Sebagai atraksi utama di Hall D3, prototype Honda HR-V banyak menyita rasa penasaran pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Apa dan bagaimana filosofi Crossover Utility Vehicle (CUV) pertama Honda di Indonesia itu?

Honda HR-V dirilis di Jepang tak lama setelah Tokyo Motor Show (TMS) berakhir. Tepatnya pada 20 Desember 2013. Hanya dalam 6 bulan, HR-V terjual sebanyak 46,679 unit (data Japan Automobile Dealers Association), menyeruak ke posisi ke-8 mobil terlaris di Jepang.

Sukses serupa diharapkan bisa terulang di Indonesia. HR-V akan menempati segmen baru, yakni pasar Crossover yang berada diantara Low SUV dan SUV. Sekaligus memberikan pilihan upgrade bagi pengguna hatchback.

Dimata Large Project Leader (LPL) Honda HR-V Naohisa Morishita, HR-V seolah-olah terpisah dibanding kompetitor yang sudah ada karena mampu menyatukan dua unsur yang sangat berlawanan. Yakni desain sporty bergaya coupe, namun interior dan kabinnya lega dan nyaman.

”Ada mobil yang stylish, tapi tidak praktis. Ada model dengan kabin lapang, tapi tidak stylish. HR-V ibarat memiliki semuanya,” ujarnya dalam wawancara eksklusif kepada saya.

Tampilan HR-V memang stylish. Kesan sport coupe terlihat dari gagang pintu belakang yang terintegrasi jendela samping. Grill depan menyatu dengan headlight, terlihat seperti sayap yang menonjolkan kesan tangguh sekaligus cutting edge.

Pilar C dan bodi bagian belakang tegas, dengan bodi bagian bawah yang terlihat seperti SUV. Terutama lewat ground clearance setinggi 185 mm. Panjang 4.295 mm HR-V dianggap ideal untuk menciptakan kabin lapang. Ruang kaki dan kepalanya lega. Jarak kaki dibaris kedua setara CR-V. Tempat duduk baris kedua juga dapat dilipat jika butuh kargo lebih besar.

Naohisa mengatakan, wheel-base 2.610 mm dan tinggi optimal menghasilkan stabilitas dan tingkat manuver baik. “Pengemudi akan mendapat gaya berkendara dan visibilitas sebuah coupe,” katanya.

Faktor lain yang menarik dari HR-V, menurut Naohisa, adalah banyaknya fitur canggih yang biasa ditemukan di mobil kelas atas. ”Anda seperti mengendalikan sebuah smartphone karena banyaknya touch panel. Mengatur AC pun hanya dengan sentuhan,” katanya.

Dengan sentuhan pula dua fitur andalan, Electric Parking Brake dan Auto Break Hold, diaktifkan. Electric Parking Brake akan mengoperasikan rem parkir secara elektris. Sedangkan Auto Break Hold merupakan mode standby dari sistem pengereman sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem secara terus menerus ketika kendaraan berhenti. Bayangkan, betapa bergunanya fitur ini saat menghadapi kemacetan.

Selain menambahkan fitur kemewahan seperti sistem audio berlayar sentuh 7 inci, velg Alloy Wheel 17 inci dan panoramic roof, saat mendesain mobil ini Naohisa mengaku sangat memperhatikan hal-hal detail. Misalnya kesenyapan kabin. Lubang-lubang pada peredam dan jalur transmisi dilapis rapat. Materi kedap suara dan peredam getaran juga diterapkan di titik-titik yang tepat. “Sehingga suara dari luar bisa teredam dengan baik,” katanya.

Untuk pasar Indonesia, Honda HR-V ditawarkan dalam 4 varian yang terdiri dari tipe 1.5 liter A M/T, 1.5 liter S M/T dan CVT, 1.5 liter E CVT, serta 1.8 liter CVT Prestige. Harganya mulai Rp240 juta hingga Rp350 jutaan.

Semua model HR-V sudah menggunakan fitur keselamatan lengkap. Mulai Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), hingga Dual SRS Airbags.

Hal itu yang membuat Naohisa yakin bahwa Honda HR-V yang berjuluk Vezel di Jepang itu sangat kompetitif, mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia.

HRV OKE 2Kedinamisan SUV, Daya Tarik Coupe

– Makna HR-V
Hip-Roundabout Vehicle.

– Glamorous Crossover
HR-V memadu ketangguhan SUV, rasa personal coupe, serta fungsi mini van.

– Dynamic Cross Solid (Eksterior)
Aero-cabin seperti coupe, bodi bawah berotot, bagian depan dan samping berkarakter tegas.

– Expansible Cockpit (Interior)
Menggambarkan ruang lapang dengan kesan sporty dan mewah di kabin.

– Fitur Utama
Center-tank layout membuat kabin lebih besar.
Ruang lutut lega, jarak kaki baris kedua setara CR-V
Eye point tinggi, berkendara lebih aman dan nyaman.
Pengaturan hip point untuk kemudahan keluar masuk kabin.
Panoramic roof menambah fitur mewah.
Ultra seat, konfigurasi tempat duduk dan ruang kargo.
Fitur keamanan sangat lengkap bahkan di tipe paling bawah.

Kesamaan dengan Jazz
Komponen mesin (termasuk main frame), komponen depan dengan penyesuaian pada lantai karena wheelbase lebih panjang, komponen tengah (kecuali trailing arm), komponen belakang (diperpanjang karena beda ukuran overhang).

High-deck center console
Mengadopsi teknologi smart touch untuk rem tangan dan tuas transmisi.

Body
Menggunakan struktur inner frame dan super high tensile steel agar rangka kaku dan ringan. Bodi depan dan belakang diperkuat supaya pengendalian sporty dan linier.
Penyunting Suara
Penerapan materi kedap suara dan peredam getar milik model sedan kelas atas.

Aerodinamika
Penggunaan flat underfloor dan tailgate spoiler melengkung untuk mengurangi hambatan angin.
Smart Touch Interior
・ Electric Parking Brake
・ Touch Panel Control
・ Display Audio
– Electric Parking Brake dan Automatic Brake Hold
Dengan Electric Parking Brake, rem parkir dioperasikan lewat tombol. Sistem Automatic Brake Hold akan menahan kendaraan pada posisi diam tanpa harus menginjak rem saat pengemudi harus menahan kendaran pada kondisi berhenti. Cocok untuk jalanan macet.

Dua Tipe Mesin
Tipe 1.5 liter (88 kW/120 ps)/6.600 rpm.
Tipe 1.8 liter (102 kW/139 ps)/6.500 rpm.

Fitur dan Varian
Honda HR-V 1.8 Liter Prestige (Rp350 jutaan)
Honda HR-V 1.5 Liter E CVT (Rp280 jutaan)
Honda HR-V 1.5 Liter S M/T & CVT (TBA)
Honda HR-V 1.5 Liter A M/T (Rp240 jutaan)

Ketersediaan
Sudah bisa diinden di IIMS 2014. Diperkirakan sampai ke tangan konsumen awal 2015.

Iklan